APLIKASI PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2018 TERBARU

Salah satu aspek krusial pada proses kegiatan belajar mengajar pada sekolah merupakan evaluasi. Secara sederhana evaluasi adalah proses pengumpulan serta pengolahan warta buat mengukur pencapaian output belajar peserta didik. Penilaian pula berfungsi sebagai feedback bagi guru buat mengukur sejauh mana taktik, metode dan pendekatan yg dipakai efektif dan bisa membantu siswa tahu bahan ajar.

Dalam Kurikulum 2013 dipakai beberapa tehnik evaluasi antara lain evaluasi perilaku, penilaian pengetahuan serta evaluasi keterampilan. Penilaian sikap terbagi menjadi 2 yaitu evaluasi sikap sosial dan penilain sikap spiritual. Penilaian pengetahuan dapat dilakukan melalui tes tulis, tes mulut dan tes penugasan. Sedangkan evaluasi keterampilan  bisa dilakukan dengan cara penilaian kinerja (praktek), evaluasi proyek serta evaluasi fortofolio. Berdasarkan ketika pelaksanaannya, evaluasi terbagi menjadi tiga bagian yaitu Penilain Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester(PAS)/Penilaian Akhir Tahun (PAT). 

Berdasarkan pengalaman pada lapangan, pelaksanaan evaluasi kurikulum 2013 terasa lebih kompleks  dan banyak menyita waktu   bila dibandingkan menggunakan penilaian dalam kurikulum KTSP atau KBK. Apalagi pengajar belum begitu menguasai langkah - langkah penilaian kurikum 2013 sehingga proses evaluasi menjadi kurang optimal. Hal ini sebenarnya mampu dimaklumi lantaran pelaksanaan kurikulum 2013 masih pada proses pada sekolah-sekolah.

Menimbang serta mengingat pada hal tadi di atas, penulis mencoba membuatkan aplikasi evaluasi harian buat memudahkan guru dalam pelaksanaan evaluasi. Penyusunan pelaksanaan berpedoman kepada Buku Panduan Penilaian SD/Madrasah Ibtidaiyah yang dimuntahkan sang Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI. Tetapi lantaran keterbatasan ketika, baru pelaksanaan penilaian kelas lima yg sanggup pada bagikan. Untuk kelas yang lain akan menyusul lain ketika.

Aplikasi ini dapat dipakai secara pribadi di personal komputer / laptop namun alangkah lebih baiknya bila format penilaiannya pada print out sebagai akibatnya guru sanggup mengisi nilai secara manual  serta jua menjaga hal-hal yang nir diinginkan misalnya personal komputer atau laptop eror atau terserang virus. 

Jika anda berminat menggunakan pelaksanaan ini silahkan download melalui link di bawah ini :
Aplikasi Daftar Nilai Kelas lima Kurtilas



Comments