APA SEBENARNYA ARTI KATA MUDIK DAN LEBARAN

Apa sebenarnya arti istilah Mudik serta Lebaran?
Tradisi Mudik atau Pulang Kampung pada hari Lebaran, sudah menjadi Tradisi tahunan di setiap hari raya idul fitri bagi umat islam khususnya pada Indonesia, tetapi pernahkah kita bertanya apa sebenarnya arti kata Mudik serta Lebaran tersebut?
Pulang kampung atau Mudik di hari Lebaran adalah suatu hal yg melengkapi kemeriahan hari raya idul fitri, Lalu kenapa Hari raya Idul fitri sering dianggap dengan Lebaran?
dan apa sebenarnya arti berdasarkan kata Mudik?
Dari mana kata Lebaran dari?
Hari raya Idul fitri sebagai puncak moment yg paling ditunggu-tunggu sang semua Umat islam, sehabis menjalani ibadah puasa sebulan penuh dibulan Ramadhan.
Hari Raya Idul Fitri menjadi hari kemenangan sesudah menjalani ibadah puasa sebulan penuh, dan pada hari kemenangan ini menjadi momen berkumpul dan saling maaf memaafkan beserta famili.
Di Indonesia Tradisi mudik telah sebagai suatu kewajiban, serta tak lengkap cita rasanya jika dihari raya idul fitri nir bisa berkumpul bersama famili.
Kenapa Tradisi pulang kampung ini biasa dianggap menggunakan istilah Mudik?
Lalu apa sebenarnya arti istilah Mudik, dan darimana asal usul kata Mudik tersebut?
Bagi Umat islam khususnya di Indonesia, Tradisi Mudik sudah menjadi tradisi sejak dulu kala.

Arti istilah Mudik dan Lebaran

Arti istilah Mudik
Istilah kata Mudik asal menurut Bahasa Jawa, yg terdiri menurut dua kata, yaitu:
  • Mulih, yang berarti Pulang
  • Dilik, yg berarti sebentar
Mudik = Mulih & Dilik
Mudik dari menurut kata "Mulih Dilik" pada bahasa jawa yang berarti Pulang sebentar.
Mudik digunakan menjadi istilah bagi umat islam dalam melakukan aktivitas Pulang Kampung dalam saat yang sementara waktu sambil merayakan Hari raya idul fitri, berkumpul beserta famili buat bersilahturahmi dan saling maaf memaafkan.
Namun berdasarkan Wikipedia, Mudik sendiri berasal dari kata Udik yang berarti Hulu, atau biasa kita sebut pula dengan balik ke desa/kampung (Udik).
Mudik = Udik

Arti kata Lebaran
Lebaran adalah suatu istilah yang tak jarang digunakan buat menjelaskan hari raya idul fitri.
Belum terdapat yang bisa menyebutkan secara kentara tentang darimana sebenarnya kata Lebaran tadi berasal dan apa hubungannya menggunakan Hari raya idul fitri.
Namun terdapat beberapa versi mengenai berasal usul kata Lebaran serta apa pengertian menurut kata Lebaran tersebut.
Menurut MA.salmun melalui artikelnya dalam bahasa sunda pada tahun 1954, istilah Lebaran berasal dari bahasa Hindu yg berarti Selesai, Habis atau Usai.
Lebaran = Usai, Selesai
Pengertian Kata Lebaran ini dapat dikaitkan dengan hari raya Idul fitri yg ditandai menggunakan sudah terselesaikan atau usainya Bulan ramadhan.
Selain itu, Kata Lebaran pula tak jarang digunakan oleh warga Betawi yg diartikan menjadi suatu Kelapangan (Lebar-An), Kelegaan sesudah berpuasa sebulan penuh dibulan Ramadhan, dan kegembiraan menyambut hari raya idul fitri.
Lebaran = Lebar, Lega
Namun, apapun makna istilah Lebaran tadi, kita tentu dapat menggambarkan maksudnya sebagai suatu hari kemenangan serta hari berbahagia, selesainya berpuasa.
Lebaran serta Mudik seolah menjadi dua hal yg tidak bisa dipisahkan bagi umat islam pada Indonesia.
Karena Lebaran identik dengan tradisi Mudik atau pergi kampung, berkumpul serta saling bermaafan dengan famili.
Semoga berguna!
CARA FLEXI
Dari banyak sekali asal

Comments