APA SEBENARNYA ARTI KATA MUDIK DAN LEBARAN

Apa sebenarnya arti kata Mudik dan Lebaran?
Tradisi Mudik atau Pulang Kampung di hari Lebaran, telah menjadi Tradisi tahunan di setiap hari raya idul fitri bagi umat islam khususnya pada Indonesia, namun pernahkah kita bertanya apa sebenarnya arti istilah Mudik serta Lebaran tadi?
Pulang kampung atau Mudik pada hari Lebaran merupakan suatu hal yg melengkapi kemeriahan hari raya idul fitri, Lalu kenapa Hari raya Idul fitri acapkali disebut menggunakan Lebaran?
dan apa sebenarnya arti dari istilah Mudik?
Dari mana istilah Lebaran berasal?
Hari raya Idul fitri sebagai puncak moment yg paling ditunggu-tunggu oleh semua Umat islam, setelah menjalani ibadah puasa sebulan penuh dibulan Ramadhan.
Hari Raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa sebulan penuh, dan di hari kemenangan ini sebagai momen berkumpul serta saling maaf memaafkan bersama famili.
Di Indonesia Tradisi mudik telah menjadi suatu kewajiban, dan tak lengkap cita rasanya jika dihari raya idul fitri nir bisa berkumpul beserta famili.
Kenapa Tradisi pulang kampung ini biasa diklaim dengan istilah Mudik?
Lalu apa sebenarnya arti istilah Mudik, dan darimana asal usul kata Mudik tadi?
Bagi Umat islam khususnya pada Indonesia, Tradisi Mudik telah sebagai tradisi sejak dulu kala.

Arti kata Mudik dan Lebaran

Arti istilah Mudik
Istilah kata Mudik dari menurut Bahasa Jawa, yang terdiri menurut 2 kata, yaitu:
  • Mulih, yg berarti Pulang
  • Dilik, yg berarti sebentar
Mudik = Mulih & Dilik
Mudik berasal berdasarkan kata "Mulih Dilik" dalam bahasa jawa yg berarti Pulang sebentar.
Mudik digunakan sebagai istilah bagi umat islam pada melakukan aktivitas Pulang Kampung pada saat yg sementara waktu sembari merayakan Hari raya idul fitri, berkumpul bersama keluarga buat bersilahturahmi serta saling maaf memaafkan.
Namun menurut Wikipedia, Mudik sendiri asal berdasarkan istilah Udik yg berarti Hulu, atau biasa kita sebut pula menggunakan balik ke desa/kampung (Udik).
Mudik = Udik

Arti kata Lebaran
Lebaran adalah suatu istilah yg tak jarang digunakan buat mengungkapkan hari raya idul fitri.
Belum ada yang dapat menyebutkan secara kentara mengenai darimana sebenarnya istilah Lebaran tersebut dari dan apa hubungannya menggunakan Hari raya idul fitri.
Namun terdapat beberapa versi tentang dari usul kata Lebaran serta apa pengertian menurut kata Lebaran tadi.
Menurut MA.salmun melalui artikelnya pada bahasa sunda dalam tahun 1954, istilah Lebaran asal berdasarkan bahasa Hindu yang berarti Selesai, Habis atau Usai.
Lebaran = Usai, Selesai
Pengertian Kata Lebaran ini bisa dikaitkan dengan hari raya Idul fitri yang ditandai menggunakan telah terselesaikan atau usainya Bulan ramadhan.
Selain itu, Kata Lebaran pula seringkali dipakai sang masyarakat Betawi yang diartikan sebagai suatu Kelapangan (Lebar-An), Kelegaan sehabis berpuasa sebulan penuh dibulan Ramadhan, serta kegembiraan menyambut hari raya idul fitri.
Lebaran = Lebar, Lega
Namun, apapun makna kata Lebaran tersebut, kita tentu dapat mendeskripsikan maksudnya sebagai suatu hari kemenangan dan hari berbahagia, sesudah berpuasa.
Lebaran dan Mudik seolah sebagai 2 hal yang tidak bisa dipisahkan bagi umat islam pada Indonesia.
Karena Lebaran identik dengan tradisi Mudik atau pergi kampung, berkumpul serta saling bermaafan menggunakan famili.
Semoga berguna!
CARA FLEXI
Dari aneka macam sumber

Comments