APA SEBENARNYA ARTI KATA HACKER

Apa sebenarnya penertian Hacker, dan benarkah Hacker merupakan orang yang berbuat kejahatan dan merugikan dengan membobol personal komputer orang lain?
Kita tentunya pernah mendengar istilah Hacker, atau bahkan mengucapkan istilah “Hacker”, tetapi apa sebenarnya arti atau makna dari istilah Hacker tadi?

Apa sebenarnya pengertian dari istilah Hacker?
Belakangan ini, istilah Hacker mulai seringkali terdengar lagi di telinga kita, baik menurut media Televisi, Radio, Surat keterangan, Internet, media umum, serta media informasi lainnya.
Hacker suatu istilah yang seringkali disamakan menggunakan Peretas, benarkah Hacker itu sama dengan Peretas?
Peretas: Orang yg membuka jalan.
Bagi sebagian orang mungkin istilah Hacker ini adalah suatu kata yang tergolong asing, atau mungkin belum mengetahui dengan kentara apa sebenarnya arti atau makna menurut istilah Hacker.
Berbagai berita tentang tindakan "Hacker" yg dilakukan aneka macam pihak, menggunakan aneka macam tujuan yang bahkan hingga menaruh kerugian dan pengaruh yg buruk dalam pihak lainnya.
Lalu benarkah Hacker merupakan suatu perbuatan yang merugikan orang lain?
Benarkah kata HACKER tersebut berarti orang yang melakukan kejahatan menggunakan membobol program komputer orang lain?

Arti kata Hacker

  • Dalam kamus bahasa inggris, Hacker diartikan menjadi Ahli Komputer, serta sistem pengamanan. (hack : kb. 1 orang yg diupah buat mengerjakan kerja-kerja kesusasteraan).
  • Menurut Wikipedia:Hacker atau pada bahasa indonesia merupakan Peretas, adalah orang yang mengusut, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik buat keuntungan atau dimotivasi sang tantangan.

Dari penerangan tentang makna kata HACKER diatas, baik menurut kamus bahasa inggris maupun berdasarkan sumber Wikipedia, nir masih ada istilah-istilah yang menjelaskan bahwa Hacker merupakan perbuatan kejahatan atau merugikan orang lain.
Lalu apa sebenarnya arti istilah Hacker?
Asal usul kata Hacker, dan makna sebenarnya:
Tahun 1960, kata Kata Hacker mulai digunakan.
Istilah kata Hacker (Peretas) sendiri mulai digunakan pada athun baru 1960, Oleh Mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT) yg tegabung pada Tech Model Railroad Club.
Pada awalnya, kata Hacker sebenarnya memiliki arti atau makna yang positif.
Arti kata Hacker awalnya merupakan:
Hacker adalah seorang anggota yg pakar di bidang personal komputer , dan mempunyai kemampuan untuk membuat acara baru yg lebih baik menurut acara yg sudah dibuat bersama.
Hacker adalah seorang anggota yang ahli pada bidang komputer, serta mempunyai kemampuan buat membuat program baru yg lebih baik berdasarkan acara yang telah dibuat beserta.
Kemudian pada tahun 1983, semenjak tertangkapnya grup kriminal personal komputer yang bernama “The-414s” sang pihak FBI ameriksa perkumpulan.
Kelompok Kriminal Komputer tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan personal komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering sampai komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.
Kelompok ini dianggap-sebut menjadi Hacker lantaran sudah melakukan pembobolan Komputer.
Semenjak ketika itu, hingga saat ini, Hacker dipercaya sebagai orang yg melakukan kejahatan yg merugikan pihak lain dengan melakukan pembobolan sistem komputer.
Meski sebenarnya anggapan masyarakat terhadap Hacker selama ini adalah kurang sempurna.
Istilah untuk orang-orang yg melakukan pembobolan personal komputer dan menyebabkan kerugian dalam pihak lain, seperti membarui tampilan situs, memasukkan virus, serta lainnya, sebenarnya diklaim dengan kata Cracker.
Makna istilah Hacker atau Peretas
"Menurut Eric S. Raymond (Seorang Programmer dan Software Developer menurut Amerika Serikat)"
Hacker (Peretas) menurut Eric Raymond didefinisikan sebagai programmer yang pandai . Sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik buat kasus pemrograman dan hacking merupakan proses pembuatannya.
Hacker adalah seorang Programmer yg pintar dan mampu memberikan solusi terbaik buat kasus pemrograman, (Eric S.raymond)
Menurut Raymond terdapat lima ciri yang mengindikasikan seseorang tersebut merupakan hacker, yaitu:
  1. Seseorang yang suka belajar lebih jelasnya berdasarkan bahasa pemrograman atau sistem.
  2. Seseorang yg melakukan pemrograman, nir cuma teori saja.
  3. Seseorang yg mampu menghargai, menikmati output hacking orang lain.
  4. Seseorang yang dapat secara cepat belajar pemrograman.
  5. Seseorang yang pakar pada bahasa pemrograman tertentu atau sistem eksklusif, misalnya UNIX hacker.
Sumber: Wikipedia
Dari penerangan diatas, semoga kita dapat menambah pengetahuan mengenai apa sebenarnya arti kata Hacker.
Semoga berguna!
CARA FLEXI
dikutip menurut banyak sekali sumber

Comments