APA SEBENARNYA ARTI KATA HACKER

Apa sebenarnya penertian Hacker, serta benarkah Hacker merupakan orang yang berbuat kejahatan dan merugikan dengan membobol komputer orang lain?
Kita tentunya pernah mendengar istilah Hacker, atau bahkan mengucapkan kata “Hacker”, tetapi apa sebenarnya arti atau makna dari kata Hacker tadi?

Apa sebenarnya pengertian berdasarkan istilah Hacker?
Belakangan ini, istilah Hacker mulai tak jarang terdengar lagi di pendengaran kita, baik berdasarkan media Televisi, Radio, Surat liputan, Internet, media umum, serta media keterangan lainnya.
Hacker suatu kata yang sering disamakan menggunakan Peretas, benarkah Hacker itu sama menggunakan Peretas?
Peretas: Orang yang membuka jalan.
Bagi sebagian orang mungkin kata Hacker ini merupakan suatu istilah yg tergolong asing, atau mungkin belum mengetahui dengan kentara apa sebenarnya arti atau makna berdasarkan istilah Hacker.
Berbagai warta tentang tindakan "Hacker" yg dilakukan banyak sekali pihak, menggunakan aneka macam tujuan yg bahkan sampai menaruh kerugian serta dampak yang jelek dalam pihak lainnya.
Lalu benarkah Hacker adalah suatu perbuatan yg merugikan orang lain?
Benarkah istilah HACKER tersebut berarti orang yg melakukan kejahatan dengan membobol program komputer orang lain?

Arti kata Hacker

  • Dalam kamus bahasa inggris, Hacker diartikan sebagai Ahli Komputer, serta sistem pengamanan. (hack : kb. 1 orang yang diupah buat mengerjakan kerja-kerja kesusasteraan).
  • Menurut Wikipedia:Hacker atau dalam bahasa indonesia merupakan Peretas, adalah orang yg memeriksa, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke pada komputer serta jaringan personal komputer , baik buat keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Dari penjelasan tentang makna kata HACKER diatas, baik dari kamus bahasa inggris juga berdasarkan asal Wikipedia, nir terdapat kata-istilah yang menjelaskan bahwa Hacker merupakan perbuatan kejahatan atau merugikan orang lain.
Lalu apa sebenarnya arti istilah Hacker?
Asal usul istilah Hacker, dan makna sebenarnya:
Tahun 1960, istilah Kata Hacker mulai dipakai.
Istilah kata Hacker (Peretas) sendiri mulai dipakai pada awal tahun 1960, Oleh Mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT) yg tegabung dalam Tech Model Railroad Club.
Pada awalnya, kata Hacker sebenarnya memiliki arti atau makna yg positif.
Arti kata Hacker awalnya adalah:
Hacker merupakan seseorang anggota yg ahli pada bidang personal komputer , serta memiliki kemampuan untuk membuat acara baru yg lebih baik berdasarkan acara yang telah dibuat bersama.
Hacker adalah seseorang anggota yg ahli di bidang personal komputer , serta mempunyai kemampuan buat membuat acara baru yang lebih baik berdasarkan acara yang telah didesain bersama.
Kemudian pada tahun 1983, semenjak tertangkapnya grup kriminal personal komputer yang bernama “The-414s” sang pihak FBI ameriksa perkumpulan.
Kelompok Kriminal Komputer tadi dinyatakan bersalah atas pembobolan komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.
Kelompok ini disebut-sebut menjadi Hacker karena sudah melakukan pembobolan Komputer.
Semenjak saat itu, sampai ketika ini, Hacker dipercaya sebagai orang yg melakukan kejahatan yg merugikan pihak lain dengan melakukan pembobolan sistem komputer.
Meski sebenarnya anggapan rakyat terhadap Hacker selama ini adalah kurang tepat.
Istilah untuk orang-orang yang melakukan pembobolan komputer dan mengakibatkan kerugian dalam pihak lain, seperti membarui tampilan situs, memasukkan virus, serta lainnya, sebenarnya diklaim dengan istilah Cracker.
Makna istilah Hacker atau Peretas
"Menurut Eric S. Raymond (Seorang Programmer serta Software Developer menurut Amerika Serikat)"
Hacker (Peretas) dari Eric Raymond didefinisikan menjadi programmer yg pandai . Sebuah hack yang baik adalah solusi yang manis buat perkara pemrograman serta hacking adalah proses pembuatannya.
Hacker adalah seorang Programmer yang pintar dan mampu memberikan solusi terbaik buat kasus pemrograman, (Eric S.raymond)
Menurut Raymond ada lima ciri yg menandakan seorang tersebut adalah hacker, yaitu:
  1. Seseorang yg senang belajar detail dari bahasa pemrograman atau sistem.
  2. Seseorang yang melakukan pemrograman, tidak cuma teori saja.
  3. Seseorang yang sanggup menghargai, menikmati output hacking orang lain.
  4. Seseorang yang dapat secara cepat belajar pemrograman.
  5. Seseorang yg ahli dalam bahasa pemrograman eksklusif atau sistem tertentu, seperti UNIX hacker.
Sumber: Wikipedia
Dari penjelasan diatas, semoga kita dapat menambah pengetahuan tentang apa sebenarnya arti kata Hacker.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI
dikutip berdasarkan banyak sekali sumber

Comments