APA ITU SAFE MODE DAN BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA

Safe Mode merupakan mode startup diagnostik pada sistem operasi Windows yg dipakai sebagai cara buat mendapatkan akses terbatas ke Windows ketika sistem operasi nir berjalan normal.
Sedangkan, Normal Mode, adalah kebalikan dari Safe Mode lantaran beliau menjalankan Windows menggunakan cara yang seperti dalam umumnya.
Catatan: Safe Mode disebut Safe Boot dalam macOS. Istilah Safe Mode juga mengacu dalam mode startup terbatas buat perangkat lunak program misalnya klien email, web browser, serta lainnya.
Dan terdapat lagi yang terdapat di bagian bawah artikel ini.

Ketersediaan Safe Mode

Safe Mode tersedia pada Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, serta sebagian besar versi Windows yg lebih lama pula.

Cara Mengenalinya jika Anda Berada pada Safe Mode

Saat berada pada Safe Mode, latar belakang Desktop diganti dengan warna hitam solid dengan istilah Safe Mode pada keempat penjurunya. Bagian atas layar pula memberitahuakn tingkat build serta service pack Windows waktu ini.
Gambar pada permukaan artikel ini memberitahuakn seperti apa Safe Mode di Windows 10.

Cara Akses Safe Mode

Safe Mode bisa diakses menurut Startup Settings di Windows 10 serta Windows 8, serta dari Advanced Boot Options di versi Windows sebelumnya.
Lihat Tutorial Cara Memulai Windows di Safe Mode buat versi Windows anda.
Jika anda bisa memulai Windows secara normal, akan tetapi ingin memulai menggunakan Safe Mode lantaran alasan tertentu, cara yang sahih-benar mudah artinya menciptakan perubahan dalam Konfigurasi Sistem.
Lihat Cara Memulai Windows pada Safe Mode Menggunakan Konfigurasi Sistem untuk mendapatkan petunjuk lengkap tentang melakukan hal itu.
Jika tidak satu pun berdasarkan metode akses Safe Mode yang disebutkan pada atas berfungsi, lihat Cara Force Restart Windows dalam Normal Mode buat instruksi melakukan hal itu, bahkan apabila anda tidak memiliki akses ke Windows sekarang.

Cara Menggunakan Safe Mode

Untuk sebagian besar , Safe Mode digunakan seperti anda menggunakan Windows secara normal. Satu-satunya pengecualian buat memakai Windows pada Safe Mode merupakan bila bagian Windows tertentu nir berfungsi atau telah berjalan lambat.
Misalnya, jika anda menjalankan Windows dalam Safe Mode serta ingin memutar ulang driver atau mengupdate driver, anda akan melakukannya seperti yang akan anda lakukan saat menggunakan Windows secara normal. Ini juga memungkinkan untuk memindai malware, menghapus program, menggunakan System Restore, dll.

Opsi Safe Mode

Sebenarnya ada 3 opsi Safe Mode tidak sama yang tersedia. Memutuskan pilihan Safe Mode yang akan dipakai bergantung pada masalah yg anda hadapi.
Berikut adalah deskripsi dari ketiganya serta kapan menggunakannya:
Safe Mode
Safe Mode memulai Windows dengan driver serta layanan minimum absolut yang memungkinkan untuk memulai sistem operasi.
Pilih Safe Mode jika anda tidak dapat mengakses Windows secara normal serta anda tidak perlu mengakses internet.
Safe Mode with Networking
Safe Mode with Networking memulai Windows dengan seperangkat driver serta layanan yang sama seperti Safe Mode.
Pilih Safe Mode with Networking bila anda membutuhkan akses ke jaringan internet.
Pilihan Safe Mode ini sering digunakan saat Windows tidak mau memulai serta anda memerlukan akses ke internet untuk download driver, mengikuti panduan pemecahan masalah, dll.
Safe Mode with Command Prompt
Safe Mode with Command Prompt sama menggunakan Safe Mode biasa kecuali Command Prompt dimuat sebagai user interface default, bukan Explorer.
Pilih Safe Mode with Command Prompt bila anda telah mencoba Safe Mode akan tetapi taskbar, Start screen, atau Desktop nir terisi dengan sahih.

Jenis lain berdasarkan Safe Mode

Seperti disebutkan pada atas, Safe Mode adalah istilah buat memulai acara apapun dalam mode yg menggunakan pengaturan default, buat tujuan mendiagnosis penyebab perkara. Ini berfungsi seperti Safe Mode di Windows.
Intinya adalah ketika program dimulai dengan pengaturan default saja, ini lebih mungkin untuk memulai tanpa masalah serta membiarkan anda memecahkan masalah lebih lanjut.
Apa yang biasanya terjadi adalah setelah program dimulai tanpa memasukkan pengaturan kustom, modifikasi, add-on, ekstensi, dll, anda dapat mengaktifkan hal-hal satu-per-satu serta kemudian tetap memulai aplikasi seperti itu sehingga anda dapat menemukan pelakunya.
Beberapa smartphone bisa dimulai di Safe Mode juga. Anda harus memeriksa secara manual spesifikasi ponsel anda karena biasanya tidak jelas bagaimana melakukannya. Beberapa mungkin meminta anda menekan serta menahan tombol menu saat ponsel dimulai, atau mungkin tombol volume atas serta volume turun. Beberapa tponsel mengharuskan anda menekan tombol power off buat membuka tombol Safe Mode.
macos memakai Safe Boot untuk tujuan yang sama seperti Safe Mode pada sistem operasi Windows, Android, serta Linux. Ini diaktifkan dengan menahan tombol Shift ketika menyalakan personal komputer .

Comments