APA ITU FILE SHARING AIRDROP DI MAC OS X DAN IOS

AirDrop merupakan teknologi nirkabel milik Apple yg bisa Anda gunakan buat berbagi jenis file eksklusif menggunakan perangkat Apple yang kompatibel yang berada pada dekatnya.
AirDrop tersedia di perangkat mobile iOS yg menjalankan iOS 7 dan yg lebih tinggi dan pada personal komputer Mac yang menjalankan Yosemite dan yg lebih tinggi. Anda bahkan dapat menyebarkan arsip antara Mac dan perangkat seluler Apple, jadi apabila Anda ingin mentransfer foto berdasarkan iPhone ke Mac Anda, contohnya, jalankan saja AirDrop serta lakukanlah.
Gunakan teknologi AirDrop buat mengirim foto, situs web, video, lokasi, dokumen, dan poly lagi ke iPhone, iPod touch, iPad atau Mac terdekat.

Bagaimana Sih Cara Kerja AirDrop?

Alih-alih memakai koneksi internet untuk memindahkan arsip, pengguna lokal serta perangkat berbagi data memakai dua teknologi nirkabel—Bluetooth dan Wi-Fi. Salah satu laba primer penggunaan AirDrop merupakan meniadakan kebutuhan buat menggunakan koneksi internet atau layanan penyimpanan awan jeda jauh buat mentransfer arsip.
AirDrop memasang jaringan lokal nirkabel buat mendistribusikan arsip menggunakan kondusif di antara perangkat keras yang kompatibel. Ini fleksibel dalam hal mengembangkan file. Anda bisa mengatur jaringan AirDrop buat mengembangkan secara publik dengan seluruh orang di sekitar atau hanya menggunakan hubungan Anda.

Perangkat Apple Dengan Kemampuan AirDrop

Semua perangkat mobile iOS serta Mac saat ini mempunyai kemampuan AirDrop. Sedangkan buat perangkat keras yg lebih tua, AirDrop tersedia pada Mac 2012 yang menjalankan OS X Yosemite atau yg lebih baru dan perangkat seluler berikut yg menjalankan iOS 7 atau lebih tinggi:
  • iPhone lima atau yg lebih baru
  • iPod touch 5
  • iPad 4 atau yg lebih baru
  • iPad Mini

Jika Anda tidak yakin apakah perangkat Anda memiliki AirDrop:
  • Di Mac Anda, klik Go pada bilah menu pada Finder. Apabila AirDrop ada pada menu Go, Mac dapat memakai AirDrop.
  • Di perangkat seluler iOS—iPhone, iPad, atau iPod touch—buka Control Center. Jika AirDrop terdapat pada Control Center, perangkat bisa memakai AirDrop. Pada perangkat yang menjalankan iOS 10 serta versi sebelumnya, akses Control Center menggunakan menggesek layar menurut bagian bawah layar. Pada perangkat yang menjalankan iOS 11, gesek ke bawah menurut sudut kanan atas buat mengakses Control Center, kemudian tekan ikon Cellular buat menampilkan pilihan menu yg berisi AirDrop. Klik AirDrop dan pilih satu dari tiga pilihan: Receiving Off, Contacts Only, dan Everyone.

Agar AirDrop bekerja dengan benar, perangkat harus berada pada jeda 9 meter satu sama lain, serta Personal Hotspot harus dimatikan pada pengaturan Seluler perangkat iOS manapun.

Cara Mengatur dan Menggunakan AirDrop pada Mac

Untuk mengatur AirDrop dalam personal komputer Mac, klik Go > AirDrop menurut bilah pilihan menu Finder buat membuka jendela AirDrop. AirDrop menyala secara otomatis ketika Wi-Fi dan Bluetooth diaktifkan. Jika dimatikan, klik tombol pada ventilasi buat menyalakannya.
Di bagian bawah ventilasi AirDrop, Anda dapat beralih pada antara 3 opsi AirDrop. Pengaturannya wajib berupa Contacts Only atau Everyone to receive files.
Jendela AirDrop menampilkan gambar buat pengguna AirDrop pada dekatnya. Seret file yg ingin Anda kirim ke ventilasi AirDrop serta letakkan pada gambar orang yang ingin Anda kirimi. Penerima diminta untuk menerima item sebelum disimpan kecuali perangkat penerima telah masuk ke akun iCloud Anda.
File yg ditransfer berada pada folder Downloads di Mac.

Cara Mengatur dan Menggunakan AirDrop pada Perangkat iOS

Untuk mengatur AirDrop pada iPhone, iPad, atau iPod touch, buka Control Center. Tekan paksa ikon Seluler, tekan AirDrop serta pilih apakah akan mendapat file hanya berdasarkan orang-orang di aplikasi Contacts Anda atau berdasarkan semua orang.
Buka dokumen, foto, video, atau jenis arsip lainnya di perangkat mobile iOS Anda. Gunakan ikon Share yang timbul di banyak aplikasi iOS buat melakukan transfer. Ini merupakan ikon yg sama menggunakan yg Anda pakai buat mencetak—persegi menggunakan panah yg menunjuk ke atas. Setelah Anda menghidupkan AirDrop, ikon Share akan membuka layar yang meliputi bagian AirDrop. Ketuk gambar orang yg ingin Anda kirimi arsip tadi. Aplikasi yg menyertakan ikon Share adalah Notes, Photos, Safari, Pages, Numbers, Keynote, serta lainnya, termasuk pelaksanaan pihak ketiga.
File yg ditransfer berada pada aplikasi yang sesuai. Misalnya, situs web ada di Safari, serta sebuah catatan timbul di pelaksanaan Notes.
Catatan: Jika perangkat penerima disiapkan buat menggunakan Contacts Only, kedua perangkat wajib masuk ke iCloud supaya berfungsi dengan baik.

Comments