APA ITU FILE M4A BEGINI CARA MEMBUKANYA

Kamu pernah melihat arsip dengan perluasan arsip M4A? Kamu bingung itu file apa? Dalam artikel ini, tim cara fleXI akan membahas, apa sebenarnya file menggunakan ekstensi M4A. Selamat menyimak!

Jadi, apa itu M4A?

Sebuah arsip menggunakan ekstensi M4A adalah file MPEG-4 Audio. Ya, arsip ini paling seringkali ditemukan pada Apple iTunes Store menjadi format download lagu.
Banyak file M4A dikodekan dengan codec Advanced Audio Coding (AAC) untuk mengurangi ukuran arsip. Beberapa arsip M4A mungkin menggunakan Apple Lossless Audio Codec (ALAC).
Meski begitu, jika kamu sering mendownload lagu via iTunes Store yang dilindungi salinannya, itu malah disimpan dengan ekstensi file M4P.
Catatan: File M4A mirip dengan file MPEG-4 video (MP4) karena keduanya menggunakan format wadah MPEG-4. Namun, file M4A hanya sanggup menampung data audio.

Cara Membuka File M4A

Lantas, bagaimana cara membuka file M4A? Banyak program mendukung pemutaran file M4A, termasuk iTunes, QuickTime, Windows Media Player (v11 memerlukan K-Lite Codec Pack), VLC, Media Player Classic, Winamp, serta sangat mungkin beberapa pelaksanaan media player terkenal lainnya pula.
Tablet dan ponsel Android, plus Apple iPhone, iPad, dan iPod touch, berfungsi menjadi M4A player, juga, dan dapat membuka file audio langsung dari email atau situs web tanpa perlu aplikasi khusus, terlepas menurut apakah arsip tadi memakai AAC atau nir. ALAC. Perangkat mobile lain mungkin memiliki dukungan asli buat M4A player pula.
Rhythmbox merupakan M4A player lainnya buat Linux, ad interim pengguna Mac dapat membuka arsip M4A menggunakan Elmedia Player.
Catatan: Karena format MPEG-4 digunakan untuk file M4A dan MP4, pemutar video mana pun yg mendukung pemutaran satu arsip juga dapat memutar yg lainnnya lantaran keduanya merupakan format arsip yg sama persis.

Cara Convert File M4A

Meskipun arsip M4A mungkin merupakan jenis file yang umum, mereka tentu nir mengalahkan format MP3, itulah mengapa engkau mungkin ingin convert M4A ke MP3.
Kamu bisa membuat MP3 menurut file M4A memakai iTunes, yg sangat membantu bila lagu tadi telah ada di perpustakaan iTunes engkau . Pilihan lainnya merupakan convert arsip M4A dengan arsip converter gratis.
Beberapa konverter file M4A gratis yg dapat membarui format sebagai tidak hanya MP3 tapi yg lainnya seperti WAV, M4R, WMA, AIFF, serta AC3, termasuk Switch Sound File Converter, Freemake Audio Converter, dan MediaHuman Audio Converter.
Untuk convert M4A ke MP3 dengan iTunes, engkau wajib mengubah pengaturan impor iTunes dan lalu menggunakan opsi menu Convert buat membuat salinan MP3.

  1. Selanjutnya klik Edit > Preferences... > General.
  2. Klik Import Settings.
  3. Pilih MP3 Encoder menurut menu drop-down.
  4. Klik OK dan kemudian OK lagi pada ventilasi General Preferences.
  5. Pilih file M4A menurut pustaka kamu yang ingin engkau convert.
  6. Pergi ke File > Convert > Create MP3 Version
    • Catatan: iTunes nir menghapus M4A waktu kamu convert ke MP3. Keduanya akan tetap terdapat pada perpustakaan iTunes kamu.

Beberapa file converter M4A perdeo yang bisa convert format menjadi nir hanya MP3 tetapi yang lain seperti WAV, M4R, WMA, AIFF, serta AC3, termasuk Switch Sound File Converter, Freemake Audio Converter, dan MediaHuman Audio Converter.
Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah convert arsip M4A sebagai MP3 secara online menggunakan converter seperti FileZigZag atau Zamzar. Caranya, upload arsip M4A ke salah satu situs web tersebut serta engkau akan diberi banyak pilihan format hasil selain MP3, termasuk FLAC, M4R, WAV, OPUS, dan OGG, diantaranya.
Kamu jua mampu "convert" file M4A menjadi teks menggunakan memakai software pengenalan suara seperti Dragon. Program misalnya ini sanggup mentranskripsikan istilah-kata yg diucapkan eksklusif ke dalam teks, serta Dragon adalah keliru satu model yg bahkan bisa melakukannya menggunakan file audio. Tetapi, engkau wajib terlebih dahulu mengubah file M4A sebagai MP3 memakai galat satu converter yg baru saja disebutkan pada atas.

Informasi Lebih Lanjut mengenai File M4A

Beberapa file audiobook dan podcast menggunakan ekstensi arsip M4A, akan namun karena format ini tidak mendukung bookmark buat menyimpan loka terakhir kamu yang diakses dalam arsip, biasanya disimpan pada format M4B, yang bisa menyimpan informasi ini.
Format Audio MPEG-4 dipakai sang Apple iPhone dalam bentuk ringtone, namun mereka disimpan dengan ekstensi file M4R bukan M4A.
Dibandingkan dengan MP3, file M4A umumnya lebih mini serta mempunyai kualitas yg lebih baik. Hal ini lantaran penyempurnaan dalam format M4A yang dimaksudkan buat menggantikan MP3, seperti kompresi perception-based, berukuran blok yg lebih besar dalam frekuwensi stasioner, dan berukuran blok sampel yg lebih kecil.
Nah, selesainya membaca artikel ini kamu jadi makin tau kan cara membuka, edit, dan convert file M4A?

Comments