APA ITU DEEP WEB DAN CARA MENGAKSESNYA

Kata deep web mungkin pernah Anda dengar sebelumnya, waktu orang mendengar kata ini umumnya mereka memikirkan tentang kejahatan, penjualan ilegal, peretas, liputan rahasia dan masih banyak lagi. Deep web memang mengandung banyak mengenai hal-hal tadi, namun masih poly hal-hal lainnya yang disimpan pada deep web.


Apa itu deep web

Deep web atau yg biasa disebut dengan hidden web merupakan bagian internet yang nir bisa diindeks sang search engine manapun, termasuk Google, serta nir bisa dibuka dengan mudah memakai browser biasa.
Deep web dapat ditinjau dan diakses sang publik, tetapi IP address servernya disembunyikan. Semua orang bisa mengakses deep web, tetapi sangat sulit buat mengetahui siapa admin web tadi.
Kebanyakan situs di deep web menyembunyikan identitasnya menggunakan Tor encryption tool. Tor biasa digunakan untuk menyembunyikan bukti diri dan memanipulasi lokasi yang sebenarnya. Jadi kebanyakan web pada deep web identitasnya sudah dienkripsi walaupun tidak seluruh deep web.
Seberapa akbar deep web?

Web yang tak jarang kita buka menggunakan browser biasa disebut surface web, termasuk Google, Facebook, Yahoo, dll. Sedangkan deep web adalah web yang nir sanggup dibuka menggunakan browser biasa. Deep web mempunyai ukuran yang sangat akbar beberapa kali lipat dari surface web. Ada yg mengatakan bahwa surface web hanya memenuhi 4% berdasarkan total internet. Perkiraan tersebut didasari dari sebuah penelitian yg dilakukan di University of California, Berkeley dalam tahun 2001, menyatakan bahwa deep web memiliki berukuran lebih kurang 7.500 terabyte.
Bagaimana cara mengakses deep web?
Deep web sebenarnya sangat mudah buat diakses sang publik. Yang wajib dilakukan hanyalah menginstall Tor browser dan membuka suatu alamat deep web. Tutorial berikut mungkin sanggup membantu Anda:
1. Download terlebih dahulu Tor Browser di website resminya yaitu //www.torproject.org/projects/torbrowser.html.en.
2. Install lalu buka Tor Browser.
3. Ketik galat satu alamat deep web pada address bar Tor Browser, kemudian tekan Enter. List alamat deep web mampu Anda lihat pada web misalnya //thehiddenwiki.org/.

Nah kini kita telah mampu mengakses deep web. Gambar di atas adalah screenshot dalam waktu personal komputer aku sedang mengakses hidden wiki yang terdapat pada deep web.
Tips pada mengakses deep web supaya aman
Deep web berisi banyak liputan yg nir terdapat di website biasa, di dalam deep web umumnya banyak peretas yg ingin memasukkan sebuah virus ke dalam komputer Anda. Untuk mencegah hal tadi, berikut merupakan tips supaya aman dalam mengakses deep web.
Jangan maximize window browser dalam waktu mengakses deep web
Mengapa jangan memaximize window?, ini dikarenakan website yg sedang kita akses umumnya menyimpan javascript yang memungkinkan mengetahui screen resolution kita. Apalagi di deep web, umumnya sangat poly web yang menyimpan javascript tadi, hanya dengan berita screen resolution kita bisa memahami tentang berapa besar layar dan perkiraan spesifikasi personal komputer tersebut.
Jangan download file
Seperti yang kita tahu, deep web menyimpan hal-hal yang tidak kita duga. Apalagi deep web merupakan sarangnya para peretas berkumpul, mampu saja mereka sudah memasukkan virus ke dalam file yg ingin kita download pada deep web. Virus tersebut bisa berupa spyware ataupun malware.
Jangan masukkan informasi pribadi
Saat mengakses web yang memerlukan pendaftaran atau warta pribadi pada deep web apalagi dark web saya sarankan buat nir memasukkan berita eksklusif. Informasi eksklusif tersebut seperti nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal , angka hp, lepas lahir, rek bank, dll. Sangat berbahaya bila kita memasukkan fakta tersebut, ditakutkan nantinya akan ada orang yang meneror atau lebih tidak baik lagi.
Gunakan VPN atau proxy
Saya anjurkan buat menggunakan VPN atau proxy pada saat mengakses deep web. Ini bertujuan agar IP orisinil kita tidak terdeteksi sang Tor Network ataupun deep web. Sebenarnya Tor network sendiri telah mengamankan kita berdasarkan pendeteksian IP oleh deep web menggunakan memasang relay yg poly, jadi tips yang kali ini opsional (boleh dilakukan, boleh nir).
Selalu hati-hati
Tips yg terakhir adalah hati-hati dan waspada ketika kita browsing di deep web. Ini dikarenakan deep web mengandung hal-hal yang seringkali berdampak negatif seperti penjualan narkoba, pembunuhan, perdagangan senjata, pedofil, kanibal, ilmu sesat dll, jadi Anda harus hati-hati supaya jangan hingga terjerumus ke hal-hal yang negatif tersebut.
Sekian artikel tentang apa itu deep web, semoga artikel sederhana ini sanggup menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Comments