APA ITU CUSTOM ROM LINEAGEOS SEBELUMNYA CYANOGEN

Salah satu dari sekian poly manfaat berdasarkan root ponsel Android merupakan kemampuan buat menginstal, atau "flash" custom ROM; Yaitu versi modifikasi menurut OS Android. Lantaran Android mempunyai platform open-source, terdapat banyak custom ROM yg tersedia. Pada akhir 2016, CyanogenMod yang paling terkenal, mengumumkan bahwa pihaknya menutup layanannya selesainya perusahaan yang mendukung komunitas open source mengalami beberapa gejolak di bagian atas dan staf PHK.
Itu bukan akhir menurut cerita, meskipun: CyanogenMod kini LineageOS. Komunitas LineageOS akan terus menciptakan sistem operasi dengan nama baru.
Keindahan custom ROM merupakan ponsel kamu idak terbebani dengan bloatware (pelaksanaan pra-instal yg nir dapat dihapus) serta kamu bahkan bisa membuatnya berjalan lebih cepat serta bertahan lebih usang. Sebelum memilih custom ROM, engkau harus memutuskan apakah engkau ingin—atau perlu—untuk root ponsel Android kamu.

Apa saja yang Cyanogen Tambahkan ke Android?

Cyanogen serta LineageOS merogoh yang terbaik berdasarkan kode Android modern dan, pada waktu bersamaan, menambahkan fitur dan pemugaran bug melebihi apa yg Google tawarkan. Custom ROM menunjukkan antarmuka yg sederhana serta bebas gangguan, alat interaktif untuk mempermudah penginstalan, serta tool Updater yang memberi engkau akses segera ke pembaruan, serta kontrol atas kapan memperbarui perangkat engkau . Kamu pula bisa menggunakannya buat membarui smartphone atau tablet menjadi hotspot seluler, tanpa biaya tambahan.

Kustomisasi

Salah satu manfaat root ponsel Android engkau adalah engkau benar-sahih mampu membuatnya sendiri. Flashing custom ROM  berarti engkau bisa mengakses tema custom atau merancang skema rona sesuai harapan kamu sendiri. Kamu juga bisa mengatur beberapa profil tergantung dalam lokasi kamu atau apa yang kamu lakukan. Misalnya, engkau bisa mengatur satu profil ketika engkau sedang bekerja serta yg lain waktu berada pada rumah atau di luar kota. Kamu bahkan dapat membarui profil secara otomatis dari lokasi atau memakai NFC (Near-Field Communication).
Kamu juga menerima lebih banyak opsi untuk menyesuaikan lock screen, termasuk mengakses aplikasi, menampilkan cuaca, status baterai, dan berita lainnya, serta melihat notifikasi, seluruh tanpa wajib membuka lock screen engkau .
Konfigurasikan kembali tombol ponsel Android sesuai menggunakan asa engkau —baik tombol hardware juga panel navigasi software.

Keamanan serta Privasi


Keuntungan lain berdasarkan root ponsel kamu adalah menerima akses ke aplikasi keamanan yg kuat. CyanogenMod (sekarang LineageOS) mempunyai dua fitur krusial pada kategori ini: Privacy Guard dan Global Blacklist. Privacy Guard memungkinkan engkau menyesuaikan perizinan buat aplikasi yang kamu gunakan sehingga kamu bisa membatasi akses ke hubungan engkau , contohnya. Apabila ponsel kamu nir di root, aplikasi tidak akan berjalan dengan baik kecuali jika engkau menyetujui izin mereka. Global Blacklist memungkinkan kamu menandai dan memblokir panggilan ponsel serta teks yang mengganggu, entah itu dari telemarketer, Robo-caller, atau siapapun yg ingin engkau hindari.
Dan pada akhirnya, kamu dapat menggunakan tool perdeo buat menemukan perangkat yg hilang dari jarak jauh atau menghapus isinya apabila engkau tidak bisa menemukannya.
Custom ROM lainnya
LineageOS hanyalah satu berdasarkan sekian poly custom ROM yang tersedia. ROM terkenal lainnya termasuk Paranoid Android dan AOKP (Android Open Kang Project). Kabar baiknya adalah engkau mampu mencoba lebih dari satu dan menetapkan mana yg terbaik buat kamu.

Rooting Ponsel Kamu

Saat ponsel engkau di-root, kamu benar-bernar mengendalikan perangkat kamu sepenuhnya, sama misalnya kamu bisa menyesuaikan PC atau Mac sinkron menggunakan asa kamu bila kamu mempunyai hak administratif. Untuk ponsel Android, ini berarti engkau sanggup menerima update OS serta patch keamanan tanpa menunggu operator kamu melepaskannya. Misalnya, kelemahan keamanan Stagefright yang dipublikasikan dengan baik, pada mana ponsel engkau bisa dikompromikan melalui pesan teks, mempunyai patch keamanan, tetapi engkau wajib menunggu sampai operator kamu menentukan untuk melepaskannya.
Artinya, kecuali kamu memiliki ponsel yg sudah di-root, dalam hal ini, engkau sanggup segera mendownload patch-nya. Ini juga berarti engkau bisa meng-update OS dalam perangkat Android lawas yang tidak lagi menerima update ini melalui operator. Ada keuntungan serta kekurangan buat melakukan root ponsel kamu, namun, secara umum, keuntungannya lebih akbar daripada risikonya.

Comments