APA ITU COMMAND PROMPT DAN BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA

Command Prompt merupakan sebuah aplikasi penerjemah command line (baris perintah) yg tersedia pada sebagian akbar sistem operasi Windows. Command Prompt dipakai buat menjalankan perintah yang dimasukkan. Sebagian besar perintah tersebut mengotomatiskan tugas melalui skrip dan file batch, menjalankan fungsi administratif tingkat lanjut, dan memecahkan perkara atau merampungkan beberapa jenis masalah Windows.
Command Prompt secara resmi diklaim Windows Command Processor, namun kadang-kadang juga dianggap sebagai command shell atau cmd prompt atau bahkan dengan nama arsip, cmd.exe.
Command Prompt kadang-kadang galat diklaim sebagai "DOS prompt" atau sebagai MS-DOS itu sendiri. Command Prompt merupakan program Windows yang mengemulasi banyak kemampuan command line yg tersedia di MS-DOS, tetapi itu bukan MS-DOS.

Cara Akses Command Prompt

Kamu sanggup membuka Command Prompt melalui shortcut Command Prompt yang terletak dimenu Start atau di layar Aplikasi, tergantung pada versi Windows engkau .
Cara lain buat mengakses Command Prompt merupakan melalui perintah cmd Run atau di lokasi aslinya di C:Windowssystem32cmd.exe, tetapi memakai shortcut jauh lebih cepat.
Catatan: Banyak perintah hanya dapat dijalankan apabila Command Prompt sedang dijalankan menjadi administrator.

Cara Menggunakan Command Prompt

Untuk menggunakan Command Prompt, engkau harus memasukkan perintah yg valid ke Command Prompt bersama dengan parameter opsional. Command Prompt lalu akan menjalankan perintah seperti yg dimasukkan dan melakukan tugas atau fungsi yang didesain buat tampil pada Windows.
Ada begitu banyak perintah yg ada pada Command Prompt, tetapi ketersediaannya tidak sinkron dari sistem operasi ke sistem operasi. Engkau bisa melihat perintah Command Prompt yg kompatibel dengan sistem operasi eksklusif di sini:
  • Windows 8 Command
  • Windows 7 Command
  • Windows Vista Command
  • Windows XP Command

Perintah (Command) wajib dimasukkan ke Command Prompt menggunakan tepat. Syntax yg galat atau galat ejaan bisa menyebabkan perintah gagal atau lebih jelek; itu mampu mengeksekusi perintah yang salah atau perintah yg sahih dengan cara yang galat.

Ketersediaan Command Prompt

Command Prompt tersedia pada setiap sistem operasi berbasis Windows NT yg meliputi Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000, dan Windows Server 2012, 2008, serta 2003.
Windows PowerShell, penerjemah command line lanjutan hanya tersedia pada versi Windows modern, melengkapi kemampuan eksekusi perintah yg tersedia pada Command Prompt. Windows PowerShell akhirnya dapat menggantikan Command Prompt pada versi Windows yang akan tiba.

Comments