APA DNS LEAK ITU BAGAIMANA CARA MENCEGAHNYA


Hari ini, saya akan membahas topik yang terkait dengan DNS, yaitu DNS Leak. Yap, topik hari ini merupakan DNS Leak pada mana Anda akan mengetahui apa DNS Leak itu, dan bagaimana cara mencegahnya memakai banyak sekali teknik.
Apa DNS Leak itu?
Ketika Anda memakai VPN, itu membuat koneksi antara komputer Anda dan servernya VPN, serta lalu server VPN menghubungkan Anda ke situs web yang Anda tuju . Di sisi lain, ketika Anda nir memakai VPN, dan Anda mengetik alamat situs web pada browser , kemudian tekan enter, server IP Anda eksklusif menghubungkan Anda ke situs web tersebut. Tetapi dengan VPN, koneksi Anda disaring melalui server mereka dan koneksi sangat terenkripsi.
Dengan cara ini, ISP atau Pemerintah kita hanya bisa melihat bahwa komputer Anda terhubung ke server VPN, namun mereka tidak bisa melihat di mana VPN yang menghubungkan Anda. Itu berarti nir terdapat yang bisa melacak situs web mana yg Anda telusuri. Tapi, ada situasi pada mana VPN mampu dilewati yang diklaim Kebocoran DNS. Dengan istilah sederhana, apabila penelusuran Anda bisa dilacak bahkan Anda memakai VPN; itu disebut Kebocoran DNS (DNS leak).
Ini semacam situasi berbahaya lantaran sebagai pengguna Anda bahkan nir memahami bahwa VPN Anda dilalui, serta sepanjang ketika Anda terus berpikir bahwa Anda secara anonim menjelajahi web tetapi kenyataannya merupakan bahwa log Anda sedang dilacak.
Anda masih akan bisa membuka blokir situs web yang diblokir lantaran Anda memakai VPN, namun anonimitas Anda dibiarkan tanpa proteksi yang secara pribadi berarti bahwa lokasi serta penjelajahan Anda sedang dicatat sang ISP Anda.
Jadi, pertanyaannya di sini merupakan bagaimana memastikan bahwa tidak ada kebocoran DNS pada VPN Anda? Untuk ini, Anda perlu mencari memahami cara menguji apakah VPN memiliki kebocoran DNS atau nir.
Lihat jua: TOR vs VPN-Apa Bedanya? Mana Yang Harus Anda Gunakan?
Cara Melakukan Tes Kebocoran DNS buat VPN Anda
Ada alat online sederhana, dnsleaktest.com yg mempunyai jawabannya. Anda wajib melakukan langkah-langkah di bawah ini:
Pertama-tama, tanpa terhubung ke VPN, akses dnsleaktest.com. Setelah dimuat, Anda akan bisa melihat alamat IP dan lokasi komputer Anda. Ini kentara lantaran Anda nir menggunakan server VPN.

Sekarang, hubungkan ke VPN. Sekali lagi, ketik browser Anda dnsleaktest.com , dan sesudah dimuat, lihat bahwa harus ada alamat IP dan lokasi lain. Anda dapat mengklik "Extended Test" buat melihat lebih jelasnya selengkapnya. Itu berarti VPN telah melindungi lokasi Anda serta menyembunyikan alamat IP.

Seperti yang Anda lihat pada screenshot di atas yg kini lokasinya baru. Dan, jua alamat IP yg berbeda ditampilkan. Itu artinya tidak terdapat kasus. Tetapi, bahkan Anda memakai VPN, serta waktu Anda membuka situs web dnsleaktest , serta masih menerangkan alamat IP serta lokasi Anda yang sebenarnya, ada Kebocoran DNS.
Bagaimana Mencegah Kebocoran DNS Saat Menggunakan VPN?
#1 Ubah Server DNS
Meskipun ini bukan perbaikan lengkap buat DNS Leak tetapi mengganti server DNS memastikan bahwa ISP Anda nir melacak penelusuran serta penggunaan internet Anda. Jika Anda memakai layanan VPN, Anda bisa menanyakan kepada mereka server DNS mereka, serta mereka menggunakan bahagia hati akan menaruh Anda apa yg bisa Anda perbarui di pengaturan internet Anda. Selain itu, jika Anda nir menerima server DNS apa pun berdasarkan layanan VPN Anda, Anda bisa memakai server DNS publik seperti Google Public DNS, OpenDNS, dll.

#2 Gunakan VPN yang nir mempunyai DNS Leak
Sampai Anda menggunakan server VPN, sulit buat mengetahui apakah dia mempunyai kebocoran DNS atau tidak. Oleh karenanya, sebelum membeli layanan VPN apa pun, pastikan untuk berbicara menggunakan mereka, dan diskusikan tentang kebocoran DNS. Anda juga dapat meminta demo 1-dua hari sehingga Anda dapat menyelidiki apakah layanan VPN indah. Setelah Anda yakin, Anda dapat melanjutkan membeli layanan.
#3 Kompatibilitas IPv6
IPv4 dipakai secara generik, serta setiap VPN mempunyai dukungan buat itu, tetapi secara bertahap digantikan oleh IPv6 yg adalah versi modern menurut alamat IP. Permintaan penjelajahan apa pun yang dikirim ke atau menurut PC Anda melalui IPv6 akan melewati VPN bila tidak mendukung IPv6. Dan, dalam hal ini, kebocoran DNS akan terjadi. Jika VPN Anda memiliki dukungan untuk IPv6, maka ini nir akan mengakibatkan perkara apa pun. Oleh karenanya, ketika memilih VPN menggunakan dukungan IPv6 adalah keputusan yang bijaksana. Namun, terdapat beberapa VPN yang memblokir lalu lintas IPv6 buat menyelamatkan Anda menurut DNS Leak, tetapi ada baiknya untuk menerima keliru satu yg memproses lalu lintas IPv6 tanpa kebocoran apa pun.
#4 ISP Menggunakan Proxy DNS Transparan
Beberapa ISP menggunakan proxy DNS transparan buat memaksa DNS mereka bahkan apabila Anda menggunakan VPN. Jika Anda mengubah server DNS, itu akan terdeteksi, dan mereka akan memakai proxy DNS transparan yg akan memaksa koneksi Anda buat memakai DNS ISP Anda saja. Itu berarti, akan ada kebocoran DNS bahkan apabila Anda memakai VPN atau membarui server DNS.
Lihat jua: 4 Situs Proxy Gratis Terbaik
Masalah ini terkadang sulit buat dilalui, akan tetapi bisa diatasi, tergantung layanan VPN anda. Jika Anda memakai OpenVPN, Anda bisa pulang ke C:Program FilesOpenVPNconfig, kemudian cari arsip .conf atau .ovpn. Edit dan masukkan baris ini pada sana: block-outside-dns
Demikianlah topik singkat tentang Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?, semoga berguna dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments