AMIR AHMAD FALSAFI


Master Nasta'liq, Amir Ahmad Falsafi

Ia merupakan kaligrafer Iran kelahiran tahun 1959. Sejak usia tujuh tahun, beliau telah mengamat amati kaligrafi pada jalanan, pada bangunan, di halaman buku, majalah dan surat liputan. Hanya saja, permulaan sebenarnya ia belajar kaligrafi, dilakukan pada gurunya yang pertama, Ibn Baba'i. 

Hingga usia 17 tahun atau 18 tahun, ia terus menerus berlatih kaligrafi dan hayati bersamanya. Ia berlatih sendiri, dengan arahan arahan yang diberikan oleh pengajar pertamanya. Bersamaan menggunakan itu, beliau juga mengumpulkan karya karya kaligrafer ternama yang poly tersiar. Antara lain karya karya kaligrafi hebat Mir Imad Al-Hussein (1554-1615). Ia fokus memeriksa karya karya ini secara otodidak.

Kemudian anjung kehidupannya semakin kaya selesainya dia mengenal kaligrafer populer Hassan Mirkhani (1907-1982). Dia menerima banyak pelajaran serta manfaat menurut tekhnik penulisan serta alatnya. Dia mulai menerangkan kematangannya ketika beliau bergabung dengan 2 kaligrafer akbar: Kikhsru Kharoush serta Gulam Hussein Amir Khani. Kedua kaligrafer ini menempatkannya dalam titik awal dalam perjalanannya menuju pekerjaan serta proyek proyek hebat. 

Amir Ahmad dalam usia 22 tahun telah sebagai anggota Asosiasi Kaligrafi Iran, sebuah posisi kunci dalam kehidupan para kaligrafi Iran.
--
Dari tangannya telah lahir lebih dari 300 kaligrafi. Meskipun demikian dia nir berhenti mencoba, berlatih serta mencari teks yg layak disain.  Dia menentukan teks-teksnya dari Alquran dan Hadis, dan puisi puisi Hafez al-Shirazi. Jenis kaligrafi yang sangat dikuasainya adalah Nasta'liq

Selain berkarya dia pula menulis beberapa kitab belajar kaligrafi serta sejarahnya. Selain itu, ia juga pernah mengadakan pameran spesifik serta beserta sam, yg terakhir merupakan Pameran Kaligrafi Internasional Dubai.

Berikut ini karya karyanya : 



Bismillah
Yaa ayyuhal muddatstsir qum faandzir (al muddatstsir : 1-2)




Surah Al Fatihah




Nuun wal qalami wama yasthurun (al qalam 1-2)




Laa taqnathu min rahmatillah (Az-Zumar : 53)




Ghamm (murung )







Inna rabbaka huwal khallaqul aliim (ِAl Hijr ayat 86)




Wallahul aliimul haliim (ِAn-Nisa 12)








Fabassyir Ibaad. Alladzina yastamiunal qaula fayattabiuna ahsanah ( az-Zumar : 18) 




Tawakkaltu alallah (As Sura ayat 56 menggunakan redaksi inni tawakkaltu alallah)




Nuun 




Basmalah




Basmalah




Surah Al Falaq




















Rabbis-syrahli Shadri wayassirli amri (Toha : 25)


Comments