ALAT TANGKAP TRAWL PUKAT HARIMAU

Alat tangkap trawl (pukat harimau) pernah mengalami kejayaan nya dimana Alat tangkap trawl bisa menaikkan pendapatan para nelayan menggunakan sasaran tangkapan berupa udang. 

Kini trawl sudah sebagai Alat tangkap Yang di larang sesuai dengan PERMEN KP no 71 tahun 2016. Dimana Trawl termasuk Alat tangkap yg nir ramah lingkungan. Tetapi tidak terdapat salahnya kita belajar mengenai sejarah dan definisi Alat tangkap trawl.


Definisi Alat Penangkap ikan  Trawl.

Kata “ trawl “ dari berdasarkan bahasa prancis “ troler “ asal istilah “ trailing “ artinya dalam bahasa inggris, memiliki arti yg bersamaan, dapat diterjemahkan pada bahasa indonesia dengan kata “tarik “ ataupun “mengelilingi seraya menarik “. 

Ada yg menterjemahkan “trawl” memakai “jaring tarik” , tapi karena hampir seluruh jaring pada operasinya mengalami perlakuan tarik ataupun ditarik , maka selama belum ada ketentuan resmi tentang peristilahan dari yg berwenang maka dipakai kata” trawl” saja.


Asal kata “ trawl” lahir istilah “trawling” yang berarti kerja melakukan operasi penangkapan ikan memakai trawl, serta kata “trawler” yang berarti kapal yang melakukan trawling. 


Jadi yg dimaksud memiliki pengertian bahwa memakai jaring trawl ( trawl net ) disini adalah suatu jaring kantong yang ditarik dalam belakang kapal ( baca : kapal pada keadaan berjalan ) menelusuri permukaan dasar perairan untuk menangkap ikan, udang serta jenis demersal lainnya. 


Jaring ini pula terdapat yang menyangkut sebagai “jaring tarik dasar”. Pengertian Trawl Inilah yang membuahkan alasan bahwa trawl bisa Mengganggu kondisi perairan, tempat asal perikanan dan mempunyai by catch yg tinggi.

Stern trawl adalah otter trawl yg cara operasionalnya ( penurunan serta pengangkatan ) jaring dilakukan dari bagian belakang ( buritan ) kapal atau sekitar demikian. Penangkapan menggunakan system stern trawl sanggup memakai baik satu jaring atau lebih.

B.sejarah indera Penangkapan Ikan Trawl

Jaring trawl yang selanjutnya disingkat menggunakan “trawl” sudah mengalami perkembangan pesat pada indonesia sejak awal pelita Pertama. Pengertian Trawl sebenarnya sudah lama dikenal pada indonesia sejak sebelum perang dunia II, walaupun masih dalam bentuk (tingkat) percobaan. 

Percobaan-percobaan tersebut sempat terhenti akibat pecah perang global II serta baru dilanjutkan selesainya tahun 50-an (periode setelah proklamasi kemerdekaan). 


Penggunaan jaring trawl pada taraf percobaan ini semula dipelopori sang yayasan perikanan bahari, suatu unit pelaksana kerja dibawah naungan jawatan perikanan sentra saat itu. Percobaan ini semula dilakukan sang ypl makassar (1952), lalu dilanjutkan sang ypl surabaya.

Menurut sejarahnya dari mula trawl merupakan berdasarkan bahari tengah dan  pada abad ke 16 dimasukkan ke inggris, belanda, prancis, jerman, dan negara eropa lainnya. 

Bentuk trawl ketika itu bukanlah misalnya bentuk trawl yang dipakai sekarang yang mana sinkron dengan perkembangannya sudah poly mengalami perubahan-perubahan, akan tetapi semacam trawl yang dalam bahasa belanda disebut schrol net. Serta pengertian Trawl tidak selaras dengan waktu ini.

Itulah sejarah Alat Penangkap Ikan Trawl. Di artikel selanjutnya akan di bahas mengenai 

pembuatan Alat tangkap trawl,


istilah dalam trawl 

cara pengoperasian trawl

Konstruksi Jaring Trawl

Comments