ALAT TANGKAP IKAN GILLNET

Alat Tangkap GillNet - Gill net sering diartikan dengan “jaring ingsang” penggunaaan nama gill net didasarkan pada pemikiran bahwa sasaran ikan-ikan yg tertangkap “gill net” terjerat di sekitar oper culumnya pada mata jaring. 

Klasifikasi Penamaan Di Indonesia berbeda beda, penamaan gill net ini beraneka ragam, terdapat yg menyebutnya berdasarkan jenis ikan yg tertangkap (jarring koro, jarring udang, serta sebagainya), ada juga yg disertai dengan nama tempat (jarring udang bayeman), serta sebagainya (Ayodya, 1981 : 51).

Gill net lebih terkenal dengan jaring insang lantaran yang sebagai target penangkapan ikan adalah pada jerat dalam insangnya. 

Sebab insang bisa terjerat (gilled) pada mata jaring ketika ikan menerobos jaring supaya ikan mau menerobos jaring, jaring yg dipakai dari nilon sehingga ikan nir dapat melihatnya. Walaupun secara perkembangannya buat penggunaan bahan kini telah lebih banyak variasi nya serta jenisnya.

Alat Tangkap GillNet 

Jaring insang dalam biasanya atau umumnya berbentuk empat persegi panjang. Ukuran mata jaring (mesh size) seluruh bagian jaring adalah sama satu berukuran. 

Ukuran mata jaring yg digunakan disesuaikan dengan jenis dan berukuran ikan yg sebagai target tangkapan. Jadi sebelum membuat jaring Gillnet , Target ikan harus di tentukan terlebih dahulu

Penggolongan dan Klasifikasi Gillnet.


Klasifikasi jaring insang berdasarkan Internasional Standart Clasification of Fishing Gear menggunakan singkatan serta berkode ISCFG 07.1.0. (FAO,1971).

 klasifikasi jaring insang dari metode pengoperasian yaitu dengan cara dibiarkan hanyut di perairan.

- Jaring insang yg dihanyutkan di bagian permukaan diklaim menggunakan jaring insang hanyut bagian atas (surface drift gillnet), 

- yg dihanyutkan pada kolam perairan diklaim jaring insang hanyut kolam perairan (mid water / Submerged drift gillnet) 

- dihanyutkan pada dasar perairan dianggap menggunakan jaring insang hanyut dasar (bottom drift gillnet).

mengelompokkan gillnet ke pada empat Pengoperasian di bedakan menggunakan 4 gerombolan besar , sebagai berikut :

1.  Berdasarkan letak indera pada perairan, gillnet dikelompokkan sebagai gillnet permukaan (surface gillnet), gill net pertengahan (midwater gillnet) dan gillnet dasar (bottom gillnet).

2. Berdasarkan kedudukan indera ketika dipasang, gillnet dikelompokkan menjadi gillnet hanyut dan gillnet tetap.

2. Berdasarkan bentuk alat waktu operasi, gillnet dikelompokkan menjadi gillnet melingkar (encircling gillnet) serta gillnet mendatar (drift gillnet).

3. Berdasarkan jumlah lembaran, gillnet dikelompokkan sebagai gillnet rangkap (trammelnet) serta gillnet tunggal.

Konstruksi jaring insang  ( Gillnet )terdiri dari:


- Badan jaring (webbing).

- Tali ris atas.

- Tali ris bawah.

- Pelampung.

- Pemberat.

- Tali slambar (tali penghubung antar pis.

Selektifitas Jaring Gillnet

Jaring insang termasuk grup alat penangkap yang selektif, ukuran dan target minimum ikan yang menjadi  tangkapan dapat diatur dengan cara mengatur berukuran mata jaring yang digunakan. 

Dalam penangkapan ikan, target ikan dari besaran mata jaring. Jadi Ikan yang lebih kecil dari mata jaring gillnet tidak akan tertangkap,

Ikan-ikan yang sesuai dengan mata jaring yang menabrak jaring. Ukurannya mata jaring dan bukaannya sangat ditentukan  pengaturan antara pelampung serta pemberat. 

Metode Pengoperasian Gillnet

Metode pengoperasian dari jaring insang dalam umumnya dilakukan dengan teknik atau secara pasif, tetapi ada pula yg dioperasikan secara semi aktif atau dioperasikan secara aktif. 

walaupun pada ketika ini metode penangkapan ikan terus berkembang. Seperti Hanya Jaring Ciker yang pada opersikan aktif buat menangkap Udang.

Untuk jenis jaring yang dioperasikan secara pasif umumnya dilakukan pada malam hari, baik itu dioperasikan dgn indera bantu cahaya atau nir menggunakan indera bantu cahaya dengan cara dipasang pada perairan / wilayah penangkapan yg diperkirakan akan dilewati sang ikan atau fauna air lainnya, lalu dibiarkan buat beberapa usang supaya ikan mau memasuki mata jaring. 

Alat bantu Gillnet yang lain yaitu adanya net hauler buat membantu menarik jaring. Dan Masih poly yang Lainnya.

Lamanya pemasangan jaring insang di daerah penangkapan diubahsuaikan dengan jenis ikan yang akan dijadikan target tangkapan atau menurut norma nelayan yg mengoperasikannya.

Untuk jaring insang yg dioperasikan secara semi aktif atau yang dioperasikan secara aktif, pemasangan jaring pada daerah penangkapan umumnya dilakukan dalam siang hari yaitu dengan mengaktifkan jaring agar ikan tertangkap atau menggunakan kata lain tidak menunggu agar ikan memasuki mata jaring.

Untuk Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net Bisa lebih lengkap ada di link tersebut

Cara Merakit Gill Net

Setelah Kita mengeetahui bagaimana memakai , Kini kita jua harus memahami bagaimana cara merakit Gillnet. Pengetahuan Cara merakit Gillnet bertujuan agar pada pengoperasina Gillnet tak terjadi trouble atau masalah.

Sekian dulu semoga citra umum mengenai alat tangkap gillnet bisa berguna



Comments