ALAT TANGKAP BUBU PERANGKAP IKAN

 alat tangkap BUBU- Bubuadalah keliru satu jenis alat penangkap ikan yg dioperasikan secara pasif didasar perairan. Bentuk bubu sangat beranekaragam, ada yangberbentuk segi empat, trapesium,silinder, lonjong, bulat setengahlingkaran, persegi panjang serta bentuk lain. Bubudilengkapi dengan pintu masuk (injab). 

Pintu ini dikontruksi sedemikian rupa supaya Ikan, Udang, atau Rajungan dapat leluasamasuk ke dalam bubu, namun sulit meloloskan diri keluar berdasarkan pada Bubu(Martasuganda, 2008).

Bubupada umumnya berukuran tidak terlalu besar . Dibandingkan dengan indera yangsejenis indera bubu bisa lebih gampang dipindahkan berdasarkan satu loka penangkapan kedaerah penangkapan lain, sehingga bubu merupakan suatu jenis bangunanpenjebak/perangkap yg dapat dijadikan sebagai alat sampingan. Berguna untukmenambah/menaikkan output pendapatan nelayan bersangkutan (Mulyadi, 2000).

Alat Tangkap Bubu

Klasifikasi indera tangkap bubu

MenurutBrandt (1984), bubu diklasifikasikan ke pada traps. Perangkap (traps)serta penghadang tersebut artinya semua alat penangkap yg berupa jebakan. Alatpenangkap ini sifatnya pasif dibentuk menurut anyaman bamboo (bamboos netting), anyaman rotan (rottan netting), anyaman dawai (wirenetting, chicken wire), kere bamboo (bamboosscreen), misalnya bubu (fish pot ataufyke), sero (guiding barrier, stake traps), lain-lainnya (subani serta barus,1989).

MenurutDulgofar (2000), bubu yang digunakan sang para nelayan bisa diklasifikasikanberdasarkan bentuk atau sasaran indera tangkap ini, yaitu :
1.klasifikasi dari bentuk bubu
a.bubu berbentu kerucut terpotong
Bentuk bubu seperti ini lebih stabil didasar laut. Jenis bubu ini biasanya pada pakai buat mengkap kepiting atauudang. Bila dipergunakan untuk menangkap kepiting, pintu masuk (injab) bubu ini dipasang dalam bagianatas, sedangkan bila digunakan untuk menangkap udang, pintu masuknyadipasang pada bagian samping.

b.bubu berbentuk pyramid terpotong
Jenisbubu ini bisa digunakan buat menangkap ikan atau berbagai jenis lobster;
c. Bububerbentuk silinder
Bububerbentuk silinder umumnya digunakan untuk menangkap ikan demersal, sepertiKakap, Kurisi, Kerpu, dan lain-lainnya;
d.bubu berbentuk semi silinder
Bububerbentuk semi silinder umumnya digunakan buat menangkap udang karang ataulobster; dan
e.bubu berbentuk kotak
Bububerbentuk kotak umumnya digunakan untuk menangkap ikan atau kepiting.
2.klasifikasi bubu dari sasarantangkapan
a. Bubukepiting;
b. Bubu udang;
c. Bubu lobster;
d. Bubu ikan;
e. Bubucumi-cumi;
f. Bubu kerang;

Comments