ALAT LISTRIK OTOMATIS DENGAN SENSOR SUHU

Sensor panas suhu buat banyak sekali peralatan listrik otomatis
Alat Otomatis sensor temperatur
Di dalam kehidupan kita sehari-hari, niscaya banyak menjumpai yang namanya indera buat mengukur suhu atau yg umumnya kita kenal menggunakan nama Thermometer.
Kegunaan Alat Thermometer ini biasa kita pakai hanya buat mengetahui nilai Suhu atauTemperatur dari suatu benda.
Kebutuhan kita terhadap pengukuran suhu atau temperatur beraneka ragam, mulai berdasarkan mengukur suhu buat mengetahui suhu ruangan, mengukur suhu indera mengolah, mengukur suhu pendingin makanan (refrigerator), suhu panas berdasarkan pemanggang, panas suhu berdasarkan setrika, berapa suhu pengering (dryer), berapa panas perebusan (sterilizer), pendidih (Boiler), dan lainnya.
Untuk beberapa kebutuhan pengukuran suhu benda, memang kita membutuhkan thermometer hanya untuk sebatas mengetahui nilai suhu suatu benda tersebut.
Namun seiring kebutuhan kita yang semakin berkembang, Pengukuran nilai suhu menggunakan menggunakan termometer saja tidaklah cukup.
Kita pula membutuhkan suatu alat yang bisa mengukur suhu sekaligus untuk mempertahankan nilai suhu tersebut agar tetap konstan atau sesuai dengan yg kita butuhkan.
Berbagai kebutuhan lainnya, yg kita harapkan bisa kita gunakan berdasarkan suatu indera ukur suhu benda dan memakai nilai suhu tadi buat penggunaan lainnya.

Berbagai peralatan sensor suhu


Sebagai model :
Sebuah alat Pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner).
Jika pada sebuah indera pendingin ruangan atau AC hanya memiliki alat pengukur suhu saja, tentunya kita nir bisa mengatur besaran suhu yang kita inginkan berdasarkan indera pendingin ruangan tersebut.
Oleh karenanya buat memberikan batasan nilai suhu yg kita inginkan , kita membutuhkan suatu alat yg bisa mengukur suhu dan sekaligus bisa menaruh perintah tertentu atas nilai suhu yg diukurnya.
Ketika kita menginginkan agar suhu suatu ruangan menjadi sejuk atau dingin, Ruangan tadi harus memiliki suhu sekitar 26⁰C secara kontinu.
Untuk mendinginkan suatu ruangan, umumnya kita memasang alat pendingin yang kita kenal dengan Air conditioner (AC).
Jika suatu pendingin ruangan tidak mempunyai sistem otomatis buat mempertahankan suhu eksklusif, mungkin suhu ruangan tadi akan melebihi batas yang kita inginkan.
Oleh karenanya didalam sistem pendingin dipasang indera elektro yg bisa mengukur suhu atau temperatur ruangan, sekaligus mempunyai sistem otomatis pendinginan sesuai nilai suhu yg kita inginkan.
Alat pengukur suhu yang sekaligus bisa mengatur besaran suhu pada pendingin ruangan tersebut biasa diklaim menggunakan Thermostat.
Selain Thermistat, Ada beberapa alat sensor temperatur lainnya yang dapat mengetahui atau mengukur nilai suhu, sekaligus menggunakan nilai suhu yg diukurnya menjadi suatu perintah terhadap sistem kerja alat tadi.
Alat Otomatis sensor temperatur
Beberapa model alat Otomatis sensor temperatur, antara lain:
  • Bimetal.
  • Thermostat.
  • Temperature transmitter.
  • Thermo couple (Termo kopel).
  • dan lainnya.

Lalu bagaimana prinsip kerja suatu indera yang bisa mengukur suhu sekaligus bisa dijadikan sebagai sistem Otomatis tadi?
Berikut penerangan beberapa alat tersebut diatas:
  • Bimetal
Bimetal adalah suatu alat yang terbuat berdasarkan dua jenis bahan logam yang mempunyai sifat memuai apabila dipanaskan dengan Koefisien Muai yg berbeda satu menggunakan lainnya.
Peralatan listrik yg umumnya dilengkapi dengan Bimetal adalah Setrika Listrik.
Setrika listrik dalam batasan suhu eksklusif akan berhenti memanaskan sinkron menggunakan panas yg kita inginkan.
Sistem kerja bimetal merupakan apabila suhu yang diukurnya mencapai batas yang diinginkan, maka bimetal akan memuai atau melengkung.
Proses memuai serta melengkungnya Logam pada Bimetal dihubungkan pada suatu rangkaian listrik sebagai platina penghubung serta pemutus rangkaian listrik.
Saat suhu setrika listrik telah mencapai suhu yg telah diatur sesuai kebutuhan, Bimetal akan memuai atau melengkung serta memutuskan rangkaian listrik menurut sumber listrik elemen pemanas yg ada pada pada setrika listrik tadi.
Sehingga setrika sebagai padam, selesainya suhu mulai menurun bimetal pulang ke bentuk asalnya maka listrik terhubung kembali.
Hal ini bertujuan agar suhu suatu setrika listrik tidak melebihi panas yg diinginkan.
  • Thermostat
Alat ukur suhu otomatis Thermostat ini mempunyai sistem kerja dimana dalam nilai suhu pengukuran tertentu, indera ini akan menetapkan atau menghubungkan suatu rangkaian listrik.
Di pada alat ini sudah dilengkapi dengan suatu kontact Poin (Contact Point) menggunakan bentuk NO/NC (Normally open/Normally Closed).
Penggunaan indera ini mampu kita pakai sesuai dengan kebutuhan kita, biasa dipakai dalam electromotor listrik buat menghindari Elektro motor mengalami kelebihan panas (over heating).
  • Temperature transmitter & RTD
RTD adalah singkatan dari Resistance Temperature Detector atau suatu indera yang dapat mendeteksi suhu serta diubah dalam bentuk perubahan nilai resistan atau tahanan.
Alat ukur suhu otomatis RTD ini adalah indera ukur nilai suhu menggunakan merubah nilai suhu yang diukurnya menjadi suatu nilai arus (Analog Output) yg dapat kita gunakan buat kegunaan lainnya.
Penggunaan nilai yang dihasilkan alat ini beraneka ragam, kita bisa mengatur buka atau tutup keran automatis (Control Valve) sinkron keinginan kita dengan indera ini.
Kita jua sanggup mengatur sistem sirene atau alarm suatu pemanas, serta banyak kegunaan lainnya, sesuai dengan kebutuhan serta pengembangan di lapangan.
  • Thermocouple
Thermo Couple atau Termo kopel merupakan jenis sensor suhu yg dipakai buat mendeteksi atau mengukur suhu melalui dua jenis logam konduktor tidak sinkron yg digabung pada ujungnya sebagai akibatnya menimbulkan impak “Thermo-electric”.
Alat otomatis pengukur suhu Termo kopel ini adalah indera ukur nilai suhu yang diukurnya dengan menggantinya sebagai nilai tegangan.
Dari perubahan suhu yang diterima alat ini, diubah sebagai perubahan nilai tegangan yg dikeluarkannya.
Perubahan tegangan yang dimuntahkan indera Termo kopel ini, lalu kita dapat mengubahnya menjadi suatu nilai besaran suhu secara Digital yg bisa ditampilkan dengan memakai indera Temperatur Kontrol.
Kita bisa memakai perubahan nilai tegangan tadi sebagai suatu sistem yg bermacam-macam sinkron menggunakan kebutuhan serta pengembangan pada lapangan
Banyak hal baru bisa kita ciptakan melalui sistem yg dimiliki alat-alat sensor panas ini.
Dengan menyebarkan pemikiran sesuai kebutuhan kita, sesuatu yang sebagai kendala kita sehari-hari adalah jalan kita buat menemukan hal baru yang lebih mudah, efisien serta berguna.
Di Artikel berikutnya aku akan coba membahas lebih pada mengenai pelaksanaan sistem proses automatic (LOOPS) memakai Transmitter, Controller, Control Valve beserta nilai-nilai yg mensugesti sistem kerja automatic yang dikenal dengan nilai PID.
Semoga hal-hal yg aku sampaikan mengenai Alat Otomatis sensor temperatur ini bisa sebagai tambahan pengetahuan bagi diri saya sendiri dan kita seluruh.
Semoga bermanfaat !
CARA FLEXI
(Dikutip menurut berbagai asal)

Comments