ALAT LISTRIK OTOMATIS DENGAN SENSOR SUHU

Sensor panas suhu buat aneka macam peralatan listrik otomatis
Alat Otomatis sensor temperatur
Di pada kehidupan kita sehari-hari, pasti poly menjumpai yang namanya indera untuk mengukur suhu atau yg umumnya kita kenal menggunakan nama Thermometer.
Kegunaan Alat Thermometer ini biasa kita gunakan hanya untuk mengetahui nilai Suhu atauTemperatur berdasarkan suatu benda.
Kebutuhan kita terhadap pengukuran suhu atau temperatur beraneka ragam, mulai dari mengukur suhu untuk mengetahui suhu ruangan, mengukur suhu alat memasak, mengukur suhu pendingin kuliner (refrigerator), suhu panas menurut pemanggang, panas suhu dari setrika, berapa suhu pengering (dryer), berapa panas perebusan (sterilizer), pendidih (Boiler), serta lainnya.
Untuk beberapa kebutuhan pengukuran suhu benda, memang kita membutuhkan thermometer hanya buat sebatas mengetahui nilai suhu suatu benda tersebut.
Namun seiring kebutuhan kita yang semakin berkembang, Pengukuran nilai suhu menggunakan menggunakan termometer saja tidaklah cukup.
Kita pula membutuhkan suatu indera yang bisa mengukur suhu sekaligus buat mempertahankan nilai suhu tadi agar tetap kontinu atau sinkron menggunakan yg kita butuhkan.
Berbagai kebutuhan lainnya, yang kita harapkan bisa kita pakai dari suatu alat ukur suhu benda dan memakai nilai suhu tersebut buat penggunaan lainnya.

Berbagai peralatan sensor suhu


Sebagai model :
Sebuah indera Pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner).
Jika pada sebuah indera pendingin ruangan atau AC hanya memiliki alat pengukur suhu saja, tentunya kita tidak dapat mengatur besaran suhu yg kita inginkan dari indera pendingin ruangan tadi.
Oleh karenanya buat memberikan batasan nilai suhu yang kita inginkan , kita membutuhkan suatu indera yang dapat mengukur suhu dan sekaligus dapat menaruh perintah tertentu atas nilai suhu yg diukurnya.
Ketika kita menginginkan supaya suhu suatu ruangan sebagai sejuk atau dingin, Ruangan tadi harus memiliki suhu kurang lebih 26⁰C secara konstan.
Untuk mendinginkan suatu ruangan, umumnya kita memasang indera pendingin yang kita kenal menggunakan Air conditioner (AC).
Jika suatu pendingin ruangan tidak memiliki sistem otomatis buat mempertahankan suhu tertentu, mungkin suhu ruangan tadi akan melebihi batas yang kita inginkan.
Oleh karenanya didalam sistem pendingin dipasang alat elektro yg bisa mengukur suhu atau temperatur ruangan, sekaligus mempunyai sistem otomatis pendinginan sinkron nilai suhu yang kita inginkan.
Alat pengukur suhu yang sekaligus dapat mengatur besaran suhu pada pendingin ruangan tadi biasa disebut dengan Thermostat.
Selain Thermistat, Ada beberapa indera sensor temperatur lainnya yg bisa mengetahui atau mengukur nilai suhu, sekaligus menggunakan nilai suhu yang diukurnya sebagai suatu perintah terhadap sistem kerja alat tadi.
Alat Otomatis sensor temperatur
Beberapa contoh indera Otomatis sensor temperatur, antara lain:
  • Bimetal.
  • Thermostat.
  • Temperature transmitter.
  • Thermo couple (Termo kopel).
  • dan lainnya.

Lalu bagaimana prinsip kerja suatu indera yang dapat mengukur suhu sekaligus bisa dijadikan sebagai sistem Otomatis tersebut?
Berikut penerangan beberapa indera tadi diatas:
  • Bimetal
Bimetal adalah suatu indera yang terbuat berdasarkan dua jenis bahan logam yg memiliki sifat memuai bila dipanaskan menggunakan Koefisien Muai yg tidak sama satu menggunakan lainnya.
Peralatan listrik yang umumnya dilengkapi menggunakan Bimetal adalah Setrika Listrik.
Setrika listrik dalam batasan suhu eksklusif akan berhenti memanaskan sinkron menggunakan panas yg kita inginkan.
Sistem kerja bimetal merupakan apabila suhu yg diukurnya mencapai batas yg diinginkan, maka bimetal akan memuai atau melengkung.
Proses memuai serta melengkungnya Logam dalam Bimetal dihubungkan pada suatu rangkaian listrik menjadi platina penghubung serta pemutus rangkaian listrik.
Saat suhu setrika listrik sudah mencapai suhu yg telah diatur sesuai kebutuhan, Bimetal akan memuai atau melengkung serta tetapkan rangkaian listrik menurut asal listrik elemen pemanas yang terdapat di pada setrika listrik tadi.
Sehingga setrika sebagai padam, selesainya suhu mulai menurun bimetal kembali ke bentuk asalnya maka listrik terhubung balik .
Hal ini bertujuan supaya suhu suatu setrika listrik tidak melebihi panas yg diinginkan.
  • Thermostat
Alat ukur suhu otomatis Thermostat ini mempunyai sistem kerja dimana dalam nilai suhu pengukuran eksklusif, indera ini akan memutuskan atau menghubungkan suatu rangkaian listrik.
Di pada indera ini sudah dilengkapi dengan suatu kontact Poin (Contact Point) dengan bentuk NO/NC (Normally open/Normally Closed).
Penggunaan indera ini mampu kita pakai sesuai menggunakan kebutuhan kita, biasa digunakan pada electromotor listrik buat menghindari Elektro motor mengalami kelebihan panas (over heating).
  • Temperature transmitter & RTD
RTD adalah singkatan menurut Resistance Temperature Detector atau suatu alat yg bisa mendeteksi suhu serta diubah pada bentuk perubahan nilai resistan atau tahanan.
Alat ukur suhu otomatis RTD ini merupakan indera ukur nilai suhu menggunakan merubah nilai suhu yang diukurnya menjadi suatu nilai arus (Analog Output) yg bisa kita pakai buat kegunaan lainnya.
Penggunaan nilai yg dihasilkan indera ini beraneka ragam, kita sanggup mengatur buka atau tutup keran automatis (Control Valve) sinkron cita-cita kita menggunakan indera ini.
Kita pula mampu mengatur sistem sirene atau alarm suatu pemanas, dan poly kegunaan lainnya, sesuai menggunakan kebutuhan serta pengembangan pada lapangan.
  • Thermocouple
Thermo Couple atau Termo kopel adalah jenis sensor suhu yang digunakan untuk mendeteksi atau mengukur suhu melalui 2 jenis logam konduktor tidak selaras yg digabung dalam ujungnya sehingga menimbulkan impak “Thermo-electric”.
Alat otomatis pengukur suhu Termo kopel ini adalah indera ukur nilai suhu yg diukurnya dengan merubahnya menjadi nilai tegangan.
Dari perubahan suhu yang diterima indera ini, diubah sebagai perubahan nilai tegangan yg dikeluarkannya.
Perubahan tegangan yg dikeluarkan indera Termo kopel ini, lalu kita bisa mengubahnya menjadi suatu nilai besaran suhu secara Digital yang dapat ditampilkan dengan menggunakan indera Temperatur Kontrol.
Kita mampu menggunakan perubahan nilai tegangan tersebut menjadi suatu sistem yg bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan serta pengembangan di lapangan
Banyak hal baru dapat kita ciptakan melalui sistem yang dimiliki alat-alat sensor panas ini.
Dengan menyebarkan pemikiran sinkron kebutuhan kita, sesuatu yang menjadi hambatan kita sehari-hari adalah jalan kita buat menemukan hal baru yang lebih gampang, efisien serta berguna.
Di Artikel berikutnya aku akan coba membahas lebih dalam mengenai aplikasi sistem proses automatic (LOOPS) menggunakan Transmitter, Controller, Control Valve beserta nilai-nilai yang mensugesti sistem kerja automatic yang dikenal menggunakan nilai PID.
Semoga hal-hal yang saya sampaikan mengenai Alat Otomatis sensor temperatur ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi diri saya sendiri dan kita seluruh.
Semoga bermanfaat !
CARA FLEXI
(Dikutip dari aneka macam sumber)

Comments