ALAT BANTU PENANGKAPAN LONG LINE

Alat Bantu Penangkapan Long Line - Kapal Penangkap Ikan Long Line adalah Kapal Ikan yg termasuk dalam Kategori Kapal perikanan terbaru. Karena pada pengoperasiannya, Kapal Long line di di bantu dengan mesin mesin yg membantu aktifitas penangkapan. Long line adalah alat tangkap buat menangkap jenis Ikan Pelagis Besar seperti Tuna, Mekka, Dan Jenis Ikan Pelagis Besar lainnya. 

Keberadaan Mesin Bantu Penangkapan Sangat berperan penting buat mempermudah pekerjaan di atas kapal.

Alat Bantu Penangkapan Long Line

1. Line Thrower ( Line Caster)

Kapal-kapal long line berskala industri yg sudah dilengkapi menggunakan line arranger, pada umumnya dilengkapi line thrower. Line thrower diklaim juga line caster merupakan alat bantu penangkapan menjadi indera pelontar tali utama yang digerakkan dengan tenaga elektrik hidrolik, diletakkan di buritan kapal, dipakai pada waktu penebaran pancing (setting).


2. Line Hauler

Line hauler adalah alat bantu penarik tali primer pada waktu hauling berlangsung. Keberadaan alat ini absolut diperlukan, karena tali yang ditebar di perairan nir memungkinkan untuk ditarik memakai tangan biasa (manual), selain berat berdasarkan gaya beban dan gaya tarikan menurut seluruh rangkaian long line jua akan memerlukan saat yg usang sebagai akibatnya dianggap nir efisien. 

Line hauler pada umumnya digerakkan menggunakan tenaga elektronika hidrolik, dilengkapi menggunakan tuas pengatur kecepatan tarik supaya memudahkan penanganan penarikan tali utama, terutama pada ketika menaikkan ikan output tangkapan atau waktu terjadi kekusutan tali. 

Line hauler ditempatkan pada geladag kerja hauling (hauling working space). Kekuatan tarik dari line hauler disesuaikan dengan ukuran besar kecilnya kapal (Suwardiyono serta Nuryadi Sadono, 2004).

3. Line Arranger (Penyusun tali utama)

Pada kapal-kapal long line yg telah terkini alat-alat bantu penangkapannya dilengkapai alat-alat lain selain line hauler. Line arranger ditempatkan diatas main line tank (tangki penyimpanan tali utama) merupakan alat bantu penangkapan yg berfungsi sebagai penarik serta penyusun tali utama agar tertata rapi di pada main line tank ( BBPI Semarang, 2004).

4.branch Line Ace serta Buoy Line Ace

Branch line ace ditempatkan pada geladag kerja pada lambung kanan kapal dibelakang line hauler, merupakan alat bantu penangkapan sebagai penarik dan penggulung tali cabang (branch line) dengan memakai energi motor listrik. 

Sedangkan buoy line ace yg digunakan buat menarik tali pelampung (buoy line) pada ketika kegiatan hauling. Branch line dan buoy line yg telah diangkat dari air segera dilepas berdasarkan tali utama lalu digulung dengan branch line ace sesudah tergulung dan diikat kemudian ditempatkan dalam basket (keranjang) (Suwardiyono serta Nuryadi Sadono, 2004).

5.side Roller/ Line Guide Roller

Alat ini ditempatkan dalam dinding atau tepi lambung kapal serta berfungsi buat mengakibatkan main line terarah alurnya sebagai akibatnya dapat mengarah ke line hauler. Bahan side roller terbuat dari baja stainless serta kerjanya secara aktif (Nur Bambang et al, 1999).

6.slow Conveyor

Slow conveyor adalah alat bantu penangkapan berupa ban berjalan lamban, ditempatkan melintang kapal pada bawah line hauler. Fungsi line hauler merupakan menggeser tali utama yg sudah ditarik line hauler supaya tidak menumpuk dibawah line hauler tersebut. Sementara main line bergeser mengikuti conveyor tadi, main line ditarik oleh line arranger untuk disusun dan diatur dalam tangki penyimpanan tali primer (Suwardiyono dan Nuryadi Sadono, 2004).

7. Branch Line Conveyor

Branch line conveyor merupakan indera bantu penangkapan berupa ban berjalan. Alat ini ditempatkan pada sisi kiri kapal yang berfungsi memindahkan atau menghantar peralatan penangkapan seperti branch line, pelampung, tali pelampung berdasarkan geladag kerja didepan ke gudang penyimpanan indera tangkap pada buritan kapal. 

Pada kapal-kapal long line modern ukuran mini biasanya nir dilengkapi ini, karena jarak menurut geladag kerja didepan dengan gudang penyimpanan alat tangkap titik jauh (Suwardiyono dan Nuryadi Sadono, 2004).

Alat Bantu Penangkapan Long Line

Comments