ALAT BANTU PENANGKAPAN GILLNET

Alat Bantu Penangkapan Gill Net - Perangkat pada penangkapan ikan menggunakan Jaring Insang atau Giilnet sangat banyak. Penggunaan Mesin bantu adalah meringkan pekerjaan nelayan gillnet. Atau menggunakan Kata lain penggunaan pesawat bantu penangkapan mampu memberikan efisiensi serta efekti dalam pengoperasian indera tangkap jaring insang.

Adapun instumen - instrumen alat bantu penangkanan Gillnet antara Lain : Winch, Cone Roler, Kapstan dan Net hauler. Untuk penjelasan mengenai jenis indera bantu tadi sanggup di lihat pada bawah Ini.



Alat Bantu Penangkapan Gill Net

1. Winch

Pada Penangkapan Jaring Insang / Gillnet, mesin bantu winch digunakan untuk menarik jaring dengan menggulung langsung keseluruhan badan jaring ke pada drum penggulung bertenaga hidrolik. 
Penggunaan Hidrolik karena putaran yang pada hasilkan lebih stabil berdasarkan tenaga motor listrik atau diesel. Winch disebut jua menggunakan Net drum.

2.cone Roler

Cone roller adalah alat penarik jaring yg tersusun dari dua butir silinder karet yang berputar berlawanan arah, sehingga jaring berikut pelampung serta pemberatnya bisa digiling beserta buat menarik ke atas kapal. 

Cone roller digerakkan dengan tenaga hidrolis dengan kecepatan antara 20-60 m/mnt. Kecepatan tarik, daya kuda, serta putaran kerja Cone roller sangat tergantung dalam ukuran kapal, jumlah gillnet yg selalu dioperasikan pada setiap setting, serta kemampuan ekonomi nelayan yang bersangkutan buat mengadakan alat tersebut.


3. Kapstan

Berdasarkan fungsi kerja, kapstan adalah mesin bantu yg dipakai buat beragam keperluan penarikan, seperti menarik tali selambar dalam gillnet. Sedangkan tenaga penggerak yang digunakan buat memutar sistem kapstan, pada biasanya kapal nelayan pada Indonesia memakai tenaga mesin diesel. 

Sebagian akbar mesin bantu penangkapan ikan berupa kapstan langsung dihubungkan menggunakan mesin induk (motor induk/primer penggerak kapal), menggunakan sistem penyambungan/transmisi menggunakan gardan kendaraan beroda empat sebagai transmisi. 

Mesin bantu kapstan menggunakan sistem transmisi yang demikian seringkali disebut dengan “kapstan-gardan” oleh nelayan.

Net hauler adalah alat bantu penangkapan ikan dalam kapal gill net yg dipakai untuk penarikan jaring yg sudah ditabur pada laut, agar jaring lebih ringan ditarik serta mudah ditata balik pada atas geladak. Pada umumnya kecepatan tarik yang diharapkan antara 30 m/s – 90 m/s. 

Cara pengoperasian Net hauler merupakan hanya menggunakan menarik jaring Gill net melalui drum berbentuk konikal serta jaring insang nir digulung langsung pada pada drum penggulung, 

melainkan bagian jaring yang sudah ditarik di belakang Net hauler, lalu diatur buat persiapan penurunan jaring kembali (setting).

Net hauler yg dipakai pada kapal Gill net dapat dibedakan atas dua tipe. Pada kapal yg dilengkapi dengan cone roller umumnya dilengkapi jua menggunakan net hauler tipe memanjang,
ditempatkan pada tepi atas pagar kapal dengan tujuan memperingan kerja cone roller dan memudahkan nelayan dalam ketika melepaskan ikan yg terjerat mata jaring. Tipe ini lebih dikenal menggunakan side roller. 

Tipe lainnya yaitu net hauler berbentuk blok (power block), ditempatkan pada atas geladak kerja dalam sisi arah hauling, buat menarik jaring dalam waktu hauling, pemberat, pelampung bersama jaringnya disisipkan dalam blok (roller) yg berputar digerakan dengan tenaga hidrolik. 

Alat ini hanya buat menangkap ikan-ikan tuna kecil.


Alat Bantu Penangkapan Gill Net

Comments