A ANAXIMANDER ATAU ANAXIMANDROS DARI MILETUS

Anaximander,(lahir 610 SM di Miletus [sekarang di Turki] meninggal 546 SM), filsuf Yunaniyang pertama menyebarkan kosmologi, atau pandangan filosofis sistematistentang dunia.
Anaximanderdari Miletus adalah seseorang filsuf Pra-Socrates yang tergabung pada sekolahMilesian. Seperti yang ditunjukkan namanya, genre pemikiran ini berpusat dikota Miletus di pesisir barat Anatolia, Turki terbaru. Anaximander merupakan satudari tiga tokoh terkemuka pada sekolah filosofis ini, dua lainnya merupakan Thalesdan Anaximenes, yang sebelumnya tak jarang dipercaya menjadi pengajar Anaximander.
Anaximanderjuga dikenal sebagai murid menurut Thales. Setelah berguru ke Thales ia kemudianmenjadi seorang guru dan mengajar banyak siswa. Beberapa diantaranya adalahAnaximenes dan Pythagoras. Ia dianggap menjadi seseorang filsuf yang menjembatanipemikiran Thales ke Pythagoras. Diduga Pythagoras memahami pemikiran-pemikiranThales melalui Anaximander.
Telahditunjukkan bahwa ketiga filsuf awal ini memiliki pandangan yang relatif berbedamengenai kebanyakan subjek, dan pengelompokan mereka didasarkan pada kenyamanangeografis dan bukan pada pendapat beserta. Meskipun demikian, mungkin jugadikatakan bahwa para filsuf ini berfokus dalam pertanyaan tentang alam(misalnya, apa substansi esensial alam semesta?) Yang memungkinkan merekadikelompokkan bersama.
Anaximanderadalah orang pertama yang memakai gnomon, yaitu tongkat penunjuk ketika yangditancapkan ke tanah dengan memanfaatkan bayangan mentari kipas teknik inijadi dasar terciptanya piringan matahari (sundial) yang tahan menentukan saat.
Pandangan Filosofis Anaximander

Meskibanyak perdebatan apakah Anaximander eksklusif diajarkan oleh Thales, sudahpasti ia ditentukan oleh filosofinya gurunya tersebut. Seperti Thales,Anaximander juga mencari sumber segala sesuatu. Namun beliau menolak pandanganThales bahwa arche ini merupakan air, namun lebih mengemukakan gagasannya tentangapa sumbernya ketimbang bagaimana sumbernya. Dan menurut Anaximandros sumberitu adalah apeiron atau nir terbatas.
Dalamkosmogoni-nya, beliau menganggap bahwa segala sesuatu asal berdasarkan apeiron("tak terbatas," tidak terbatas, "atau" nir pasti"), dan bukan menurut elemen tertentu, misalnya air (seperti yang telahdipegang Thales). Anaximander mendalilkan gerak abadi, beserta dengan apeiron,menjadi penyebab berasal global. Gerakan (mungkin rotary) ini menyebabkankebalikan, seperti panas serta dingin, untuk dipisahkan satu sama lain seiringterbentuknya global. Tetapi, global nir kekal dan akan musnah kembali keapeiron, menurut mana global baru akan lahir. Dengan demikian, semua hal yg adaharus "membayar sanksi dan retribusi satu sama lain atas ketidakadilanmereka, sinkron dengan disposisi ketika," karena beliau secara kiasanmengungkapkannya.           
Mengajar Pytaghoras

PemikiranThales tidak secara langsung bisa diketahui sang Pythagoras. Diduga Pythagorasmemahami pemikiran-pemikiran Thales lewat Anaximander. Menurut legenda, ayahPythagoras waktu Pythagoras masih berusia 18 tahun. Pamannya cari perak dansurat pengantar, dan kirimnya buat belajar di filsuf Pherecydes yg tinggaldi pulau Lesbos (dari kata lesbian).
Pherecydesmengenalkan ajaran tentang hidup abadi (immortality) serta reinkarnasi kepadaPythagoras. Isi lalu sebagai sahabat karib, namun Pythagoras tidak lamatinggal di Lesbos. Pada usia 20 tahun, Pythagoras ditinggalkan Lesbos danmelakukan bepergian ke Miletus serta menimba ilmu di sini yaitu pada bawahbimbingan Anaximander.

Adaversi lain yg menyebut dalam saat itu Pythagoras belajar langsung pada bawahbimbingan Thales, akan tetapi mengingat disparitas antara keduanya, hipotesis ini bisaterjadi. Thales meninggal tahun 550 S.M sedang. Pythagoras lahir dalam tahun 589S.M, dimana yg telah tua dan masih ada lagi. Banyak kemungkinan selamaMiletus, Pythagoras belajar menurut Anaximander. Tidak usang tinggal pada Miletus,Pythagoras dikurangi bepergian menuju Mesir.

Comments