9 FITUR TERSEMBUNYI VLC MEDIA PLAYER YANG BELUM ANDA KETAHUI


Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai fitur-fitur tersembunyi VLC media player yg belum anda ketahui sebelumnya. VLC bukan hanya media player, ini merupakan media player yg lengkap buat video serta musik digital, yang dilengkapi menggunakan fitur berguna dan canggih serta menyenangkan yg belum Anda temukan sebelumnya.
Jika Anda hanya menggunakan VLC untuk memutar ulang arsip media lokal, Anda hanya menggunakan sebagian mini kemampuan VLC. Masih poly lagi yang dapat Anda lakukan dengan VLC, terlepas dari apapun OS anda baik Windows, Mac, atau Linux.

9 Fitur Tersembunyi VLC Media Player Yang Belum Anda Ketahui


Mengkonversi File Media
VLC bisa mengkonversi arsip media antara format yang didukungnya. Anda bisa memakai ini buat membuat video lebih mini untuk perangkat seluler, mengubah media menurut format yg tidak didukung ke perangkat yang didukung, atau bahkan mengekstrak audio menurut video serta menyimpannya menjadi file terpisah.
Untuk Mengkonversi File Media, klik menu Media dan pilih Convert / Save. Muat file yang ingin Anda konversi, klik tombol Convert / Save, serta pilih jenis file yang ingin Anda ubah. Gunakan tombol Edit profil yang dipilih buat men-tweak pengaturan pengkodean video.


Streaming Media Melalui Jaringan atau Internet
VLC dapat dipakai untuk streaming media ke Internet atau jaringan lokal Anda. Untuk memulai, klik pilihan menu Media, pilih stream, berikan arsip media yang ingin Anda streaming dan klik tombol Stream. Anda bisa mengatur VLC sebagai server media sebagai akibatnya personal komputer lain di jaringan - atau bahkan pada seluruh global - bisa terhubung ke streaming Anda dan melihatnya. Satu hal yang niscaya, jika Anda ingin melakukan streaming melalui Internet, Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil kencang.


Screen recroding / merekam Desktop Anda
VLC dapat memuat desktop Anda menjadi perangkat input. Ini berarti Anda bisa menggunakan fitur Convert / Save buat menyimpan video desktop Anda, yang secara efektif mengubah VLC menjadi software screen recording buat merekam layar desktop anda. Anda jua bisa menggunakan ini dalam konser menggunakan fitur Streaming buat menyiarkan aliran pribadi desktop Anda di seluruh jaringan atau Internet tanpa perangkat lunak tambahan yang diperlukan. Untuk screen recording memakai vlc, anda mampu baca artikelnya pada screen recording memakai VLC.


Remote Control Playback Dari Browser
VLC memiliki server HTTP terintegrasi yg bisa Anda aktifkan. Dengan mengatur server http ini, Anda dapat mengakses klien VLC dari jarak jauh melalui browser web. Ini akan memungkinkan Anda mengendalikan PC media center dari jeda jauh menurut web browser, mengendalikan pemutaran serta mengantri file audio atau video. Anda bahkan mampu menggunakan ini bersama menggunakan smartphone buat mengganti ponsel Anda menjadi remote control buat VLC. Ada pelaksanaan seluler yg berfungsi menjadi pengontrol jeda jauh buat VLC, dan aplikasi ini memakai antarmuka web VLC supaya berfungsi.


Nonton Video YouTube
Ingin memutar video YouTube di luar browser web Anda? Cukup telusuri ke video di YouTube dan salin URL lengkapnya - ini akan terlihat misalnya berikut:

    //www.youtube.com/watch?V=########################
Klik menu Media di VLC, pilih Open Network Stream, serta tempel URL video YouTube ke pada kotak. VLC akan memuat video dari YouTube serta memainkannya pada ventilasi VLC di desktop Anda.
Saat video diputar, Anda mampu mengklik menu Tools serta menentukan Codec Information. Anda akan melihat alamat web lengkap video MP4 yg ditampilkan di kotak Lokasi, sebagai akibatnya Anda bisa menyalin serta menempelkannya ke pengelola unduhan buat mendownload video YouTube ke personal komputer Anda.


Berlangganan Podcast
VLC dapat digunakan untuk melakukan streaming podcast, jadi Anda nir memerlukan perangkat lunak tambahan apabila Anda ingin mendengarkan podcast di PC Anda. Cukup klik menu View pada VLC dan pilih Playlist. Arahkan kursor ke Podcast di sidebar, klik tombol +, dan tempel alamat umpan podcast ke pada kotak. Anda kemudian dapat melakukan streaming episode podcast menurut pada VLC.


Memutar Radio Internet
Anda dapat melihat direktori stasiun radio yg dapat dicari dari pada VLC - cukup buka daftar putar serta pilih Direktori Radio Icecast. Lakukan pencarian buat jenis musik yg ingin Anda dengarkan atau telusuri daftar stasiun radio streaming perdeo. Tentu saja, VLC jua mampu mengalirkan stasiun radio Internet lain yg tidak termasuk dalam direktori ini. Anda umumnya dapat menemukan tautan "listen" pada situs webnya yang memungkinkan Anda mendengarkan radio di desktop misalnya VLC.
Memberi Efek Video dan Audio
VLC dapat memberi efek audio, pengaruh video, dan tweak misalnya audio video serta video line up. Klik menu Tools serta pilih Effects and Filters. Dari sini, Anda bisa menerapkan equalizer audio atau imbas video, misalnya cropping, rotating, overlaying, atau colorizing video. Dari tab Sinkronisasi, Anda dapat men-tweak jalur audio dan video video berbaris. Ini memungkinkan Anda memperbaiki video yg rusak dimana audio serta video nir sinkron.
Seperti fitur VLC lainnya, dampak ini bisa dikombinasikan menggunakan fitur lainnya. Misalnya, Anda dapat menerapkan dampak secara tetap ke video dengan mengaktifkan imbas ini sebelum menggunakan fitur Convert / Save.
Membuat Wallpaper berdasarkan Video
VLC pula memungkinkan Anda mengatur video sebagai wallpaper desktop Anda, menggantikan latar belakang desktop Anda menggunakan sebuah video. Sebenarnya ini nir mudah serta sangat mengganggu, tapi ini adalah sesuatu yg nir dapat Anda lakukan pemutar media lain.
Untuk melakukan ini, buka ventilasi preferensi VLC, klik ikon Video, dan pilih DirectX (DirectDraw) hasil video di kotak Output. Restart VLC, muat video, serta Anda dapat mengklik pilihan menu Video serta pilih Set as Wallpaper untuk membarui video menjadi wallpaper desktop Anda. Setelah selesai, ganti saja pengaturan Output VLC balik ke Automatic serta restart.
VLC juga tersedia buat platform lain, yg memberi Anda kompatibilitas yg sangat baik dengan format media yang tidak sama pada hampir seluruh perangkat. Selain Windows, Mac, serta Linux, VLC dapat berjalan pada ponsel atau tablet Android atau perangkat iOS seperti iPhone, iPad, atau iPod touch. VLC juga tersedia buat antarmuka Modern Windows 8 dan Windows Phone.

Comments