8 TIPS & CARA TEPAT MERAWAT KOMPUTER GAMING

Merawat komputer gaming - Bagi anda penyuka game, personal komputer gaming mungkin merupakan pilihan primer anda ketika membeli sebuah perangkat komputer. Walaupun lebih mahal daripada komputer biasa namun hal itu sepadan menggunakan hobi yg digemari. Beberapa alasan kenapa personal komputer gaming lebih mahal dan membedakan menurut komputer biasa merupakan komputer gaming lantaran dipakai buat permainan game yg secara umum dikuasai mempunyai kapasitas akbar dan berat maka harus mempunyai spesifikasi lebih tinggi lantaran sangat mengutamakan kecepatan proses dan kemulusan gambar.  Kecepatan serta kemulusan (speed and smoothness) sebuah komputer gaming biasanya dipengaruhi oleh 6 komponen primer yaitu :
  • Spesifikasi serta Performa Motherboard
  • Spesifikasi serta Performa Prosesor
  • Spesifikasi dan Performa Grapic Card (VGA)
  • Spesifikasi dan Performa Memory RAM
  • Spesifikasi dan Performa Power Supply (PSU)
  • Spesifikasi serta Performa Harddisk(HHD)

Nah jadi sangat penting buat merawat personal komputer gaming ini karena biasanya tanpa perawatan yang sempurna personal komputer gaming gampang rusak. Beberapa faktor misalnya lonjakan listrik yang datang-tiba berdasarkan sambaran petir, voltase yg tiba-datang turun akibat pemadaman bergilir pula termasuk hal yang bisa mengakibatkan PC gaming Anda cepat rusak. Hardware yg rentan untuk rusak ketika listrik mati secara tiba-tiba ini merupakan hardisk, RAM, serta juga power supply. Maka dari itu, buat mengantisipasi hal tersebut, hal yang wajib Anda siapkan itu merupakan Stabilizer (Stavolt) buat mengstabilkan arus listrik Anda supaya tidak terjadi lonjakan voltase yang datang-tiba. Dan juga UPS, yg mampu berfungsi layaknya sebagai baterai buat menyimpan daya agar ketika terjadi pemadaman listrik, PC Anda nir pribadi mangkat -tiba.

Selain hal itu pendinginan untuk komputer game ini jua wajib lebih ekstra lantaran dipakai buat memori besar dan kapasitas yg lebih berat dibanding komputer biasa. Penambahan kipas, penggunaan pelaksanaan tertentu, water cooling adalah beberapa saran supaya komputer game permanen dingin. Beberapa tips berikut mungkin berguna buat membantu perawatan personal komputer gaming anda:
Cabut bateri ketika memakai laptop gaming
Banyak sekali laptop yang spesifikasinya mengarah ke gaming kini ini, sehingga kemampuannya pada memainkan game berkapaistas akbar semakin mumpuni. Ketika anda menggunakan laptop gaming dalam jangka usang cabtu baterai serta pakai adapter buat menghubungkan ke listrik. Hal ini mampu membantu baterai bertahan lebih lama sekaligus membantu hardaware lain terlindungi menurut mangkat mendadak lantaran kehabisan baterai.
Tempatkan personal komputer gaming menggunakan tepat
Ya komputer jenis apapun sangat rentan terhadap benturan misalnya terjatuh. Hardware yang sangat rentan rusak apabila terjatuh misalnya ini adalah hardisk serta jua optical drive. Pasalnya, ke 2 komponen ini bersifat mekanik di mana di dalamnya terdapat komponen yg beranjak. Untuk yg memakai media penyimpanan terbaru misalnya SSD tentunya nir akan mempunyai kasus. Akan namun, guncangan yg tidak normal atau cukup keras pada laptop atau PC misalnya terjatuh menurut tempat tinggi atau terbentur lantaran di lempar, tentunya akan beresiko kerusakan juga.
Jika hal tadi terjadi dalam PC atau laptop gaming Anda, maka tentunya Anda harus membongkarnya buat mengeceknya secara pribadi. Kalau memang perlu dilakukan penggantian, sebaiknya segera diganti. Jauhkan komputer dari loka lembap atau basah, hindari juga minuman atau cairan lain yang bisa berpotensi tumpah serta menciptakan personal komputer konsleting.
Pemilihan casing yg sesuai
Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya casing CPU khususnya buat komputer gaming. Padahal sebuah PC gaming pula sangat bergantung pada casing ini. Casing mempunyai desain yang bhineka, pada mana desain tersebut tentunya diadaptasi dengan kebutuhan dari penggunanya. Casing yg paling cocok untuk para gamer adalah casing yg memiliki saluran udara yg relatif baik. Setiap casing memang memiliki saluran udara ini, akan tetapi saluran udara dalam masing-masing casing tentunya berbeda-beda, ada yang besar dan banyak, dan ada jua yg sangat sedikit serta mini .
Casing menggunakan saluran udara yg tepat akan membuat aliran udara didalam casing sebagai lebih lancar serta itu berarti membantu pendinginan jua. Sirkulasi udara yg terhambat akan mengakibatkan mesin mudah panas serta berpeluang besra hardware gampang rusak. Untuk itu, supaya usia menurut komputer gaming yg Anda pakai mampu lebih awet dan tahan usang, maka sebaiknya Anda perhatikan penggunaan casing yang Anda gunakan.
Jaga kebersihan PC
Seperti kita ketahui debu yang menempel serta mengotori mesin gampang menciptakan hardware didalamnya panas lantaran peredaran udara terhambat. Debu dan kotoran sanggup masuk melalu ventilasi atau rongga pada casing. Untuk mendeteksi banyaknya debu yang masuk pada personal komputer gaming Anda maka cara terbaik merupakan menggunakan melihat kipas-kipas yg terpasang. Jika kipas yg tadi sudah dipenuhi dengan tempelan debu, maka itu berarti hardware-hardware yang terdapat pada pada PC Anda jua telah dipenuhi dengan debu yang tebal. Pastikan segera membersihkannya secara rutin. Selain bisa menyebabkan kerusakan terlalu poly debu yang melekat dalam hardware jua berpotensi mengganggu kinerja berdasarkan PC gaming anda.
Instalasi kabel yang baik
Setiap PC gaming umumnya dilengkapi dengan Power Supply yang bertenaga jua. Power Supply yang kuat umumnya mempunyai banyak sekali kabel-kabel. Untuk Anda yang menggunakan power supply modular mungkin tidak akan bermasalah menggunakan instalasi kabel ini. Lantaran, Anda bisa dengan memudah buat memasang serta melepaskan kabel-kabel yg nir dipakai. Akan namun, yg memakai power supply non-modular pasti akan melihat instalasi kabel yg semrawut di dalam PCnya. Kabel yang semrawut yg bisa saja mengakibatkan korslet (arus pendek). Untuk casing yg relatif akbar, umumnya menyediakan space di bagian belakang casing buat tepat menyimpan kabel yang lalu dihubungkan ke masing-masing perangkat. Sehingga kabel-kabel pun nir akan terlihat bila menurut samping.
Pastikan Listrik buat menjalankan personal komputer stabil
Seperti dijelaskan dalam poin teratas bahwa listrik yg nir stabil merupakan penyebab terbesar personal komputer mudah rusak nir hanya buat komputer gaming saja. Sambaran petir, voltase yg tidak stabil, tak jarang tewas mendadak dsb. Dan, hal tersebut tentunya akan berdampak pada perangkat elektro yang terhubung menggunakan listrik rumah Anda, yg galat satunya adalah PC gaming Anda.
Pasang antivirus tepat
Hal terakhir yang mampu menciptakan laptop atau PC gaming Anda cepat rusak adalah software. Software ini memang nir terlihat dan hanya berjalan di dalam PC atau laptop Anda. Akan namun, Anda jangan keliru, lantaran sebuah aplikasi tentunya jua mempunyai kemampuan buat menghambat hardware berdasarkan PC atau laptop gaming Anda, misalnya model virus. Virus ini termasuk aplikasi juga, karena dia mampu menjalankan beberapa fungsi yg bisa membantu pengguna personal komputer serta pula mampu Mengganggu. Fungsi berdasarkan virus personal komputer yg jua dianggap sebagai pengganggu ini adalah bisa menyembunyikan file, tanpa bisa diketahui oleh user lain dari personal komputer Anda.

Comments