8 CARA MERAWAT LAPTOP & PC AGAR LEBIH AWET

Komputer serta laptop adalah perangkat yg sangat membantu anda pada mengerjakan segala aktifitas anda misalnya buat bekerja, menuntaskan tugas tugas kampus, browsing atau sekedar mencari hiburan dengan bermain game. Dari banyak sekali manfaat yg sanggup anda dapatkan menurut komputer atau laptop sangat krusial buat menjaga ke 2 perangkat tersebut menggunakan baik agar umur penggunaan akan lebih lama atau awet. Ini berarti akan berhemat banyak porto perawatan. Kemampuan personal komputer atau laptop memang mempunyai batasan waktu, kemampuan perangkat ini akan menurun seiring menggunakan bertambahnya usia laptop atau personal komputer , dari para pakar teknologi umur laptop idealnya (performa terbaik) selama tiga tahun serta komputer selama 5 tahun.

Namun menggunakan perawatan yang baik tentu performa atau kemampuan laptop atau personal komputer akan lebih panjang. Dan sebenarnya beberapa cara sederhana mampu anda pakai buat memperpanjang usia laptop atau komputer anda. Beberapa tips merawat komputer ini disarankan sang pakar teknologi Sarah Hansen yg rutin menjadi author Life Hacker. Dan berikut adalah beberapa cara sederhana merawat personal komputer atau laptop anda agar performanya terjaga lebih panjang serta lebih awet:
Cara Merawat Laptop & PC Agar Lebih Awet
Tetap Tertutup dan terjaga kebersihannya
Salah satu faktor yg mengakibatkan hardware dalam personal komputer atau laptop gampang rusak merupakan debu juga kotoran. Debu yg menumpuk pada hardware komputer akan mengakibatkan laptop atau personal komputer cepat panas dan mengganggu kinerja hardware personal komputer tersebut. Salah satu cara terbaik buat menjaga personal komputer Anda berjalan pada jangka panjang adalah buat menjaganya tetap bersih.
Rutin membersihkan dengan membuka bagian tutup komputer atau laptop dan membersihkannya menggunakan kuas halus serta menyemprot degan angin kompresor kekuatan rendah akan menjaga setiap hardware dalam komputer juga laptop tetap bersih. Jangan lupakan jua buat membersihkan kipas komponen utama buat pendinginan prosesor serta hardware secara generik, kipas atau fan yg kotor akan mengakibatkan sirkulasi udara dalam personal komputer sebagai buruk serta menyebabkan motherboard & prosesor menjadi cepat panas.
Jauhkan cairan apapun didekat laptop atau komputer anda
Nah kalau ini merupakan pengalaman aku sendiri selama saya memiliki laptop telah tiga kali aku menumpahkan minuman (secara tidak sengaja) dan embasahi keyboard laptop. Akibatnya beberapa tombol keyboard mengalami error dan akhirnya saya harus membarui keyboard tersebut. Nah mungkin pengalaman saya ini mungkin pula terjadi kepada anda, jadi pastikan jangan dekatkan segala minuman (atau cairan apapun) didekat komputer atau laptop anda. Cairan yang tumpah dapat mengakibatkan konsleting serta membuat kerusakan.
Gunakan komputer atau laptop disuhu ruangan dingin
Panas tak jarang membuat kinerja komputer menjadi lemot serta berumur pendek. Panas juga menyebabkan poly kasus. CPU dan kartu grafis mampu mendapatkan begitu panas. Komputer menghasilkan panas waktu perangkat tadi berjalan. Ketika Anda menggabungkan dengan suhu ruang yang relatif panas atau tidak mempunyai aliran udara yg baik, personal komputer Anda bekerja lebih keras serta melambat.
Cobalah buat menempatkan personal komputer Anda pada ruang bersih yg permanen dingin dan jauh menurut terik matahari. Memberikan genre udara yang sempurna serta tidak menempatkan sesuatu di depan fans dalam PC Anda yg menghambat peredaran udara berjalan dengan baik. Sekali lagi menggunakan teratur membersihkan CPU Anda buat memastikan mereka berjalan lancar serta mampu memindahkan panas menurut komputer dengan baik. Anda pula dapat menambahkan kipas atau fan ekstra buat PC atau laptop Anda.
Software permanen terupdate
Selalu mengupdate sistem dan software adalah cara terbaik untuk pemeliharaan yang diperlukan buat sistem perangkat anda. Apabila Anda mempunyai komputer atau laptop update tidak hanya akan memperbarui personal komputer Anda, namun juga defrag sistem. Jika Anda mempunyai PC, Anda akan perlu melakukan defrag serta membersihkan disk secara manual (setidaknya sekali per bulan). Anda dapat mengaturnya buat menjalankan pada malam hari sehingga nir mengganggu pekerjaan Anda. Juga, jika Anda memiliki PC, pastikasn software antivirus Anda selalu diperbarui. Software yang nir pernah diupdate akan mempunyai performa yg buruk dengan begitu akan memberatkan ketika aplikasi tadi dijalankan.
Hindari benturan keras
Yang sering terjadi merupakan laptop, karena personal komputer akan sporadis selalu dipindahkan. Laptop merupakan perangkat komputer yang selalu dipindah-pindahkan dan sering benturan keras bisa mensugesti performa laptop. Selalu pastikan buat menghindari benturan atau hubungan menggunakan keras misalnya terjatuh, terinjak, ditumpuk menggunakan beban berat agar laptop anda lebih awet atau berusia panjang.
Pastikan Anda Memiliki RAM Cukup dan Hard Drive Space
RAM Anda (random access memory yg digunakan buat program-acara aktif) dan hard drive Anda (perangkat hardware yg digunakan buat hal-hal yang Anda simpan seperti video, dokumen, dan gambar) harus pada taraf yg tepat buat memenuhi kebutuhan Anda. Apabila Anda punya banyak aplikasi pada komputer, kemungkinan aplikasi pelaksanaan tadi akan memberi minimal memori dan ruang pada hard drive. Anda bisa meng-upgrade memori cukup gampang, dan personal komputer Anda akan berjalan lebih cepat dan lebih lama . Pastikan buat menyisakan ruang pada harddisk komputer anda (biasa tersimpan Local Disk C) buat menjalankan seluruh program aplikasi menggunakan ringan.
Solid State Drives Upgrade buat Meningkatkan Panjang Umur
Salah satu cara terbaik buat menaikkan komputer serta memperpanjang hidupnya merupakan untuk menggantikan hard drive dengan solid state drive. Solid state drive baru sebagai lebih terjangkau sekarang. Mereka memiliki bagian yang bergerak serta berjalan lebih dingin dibandingkan disk drive standar. Mereka pula akan mempercepat start-up Anda, serta Anda akan melihat respon yang lebih cepat serta ringan pada personal komputer Anda secara holistik.
Jangan Perlakukan Komputer Anda Seperti Light Switch
Jangan mematikan personal komputer atau laptop secara pribadi melalui switch atau tombol on off pada personal komputer atau laptop anda karena hal ini bila tak jarang dilakukan akan menyebabkan kerusakan hardisk. Untuk itulah kenapa listrik yang nir stabil yg mengakibatkan komputer meninggal mendadak terlalu acapkali, hardisk tak jarang mengalami kerusakan atau error.
Dan juga mematikan komputer atau laptop berkali kali dalam sehari pula buruk buat usia perangkat tadi. Akan lebih baik buat mode sleep atau istirahat jika anda wajib menggunakannya berkali kali dalam sehari daripada mematikannya. Sering unpowering serta mematikan beberapa kali per hari menekankan komponen seperti Anda membarui suhu pada pada sistem, menyebabkan error hardware. Cobalah buat membatasi cara ini, sistem anda akan bertahan lebih lama .
Sama seperti mobil, waktu Anda melakukan perawatan rutin dan memperlakukan personal komputer Anda dengan hati-hati, Anda kemungkinan akan mendapatkan sistem perangkat lebih panjang serta awet. Lebih mudah buat merawat daripada memperbaiki kan? Lebih poly ketika dan porto yang terbuang buat perbaikan pemugaran yang sebenarnya mampu anda tangkal menggunakan merawat perangkat tersebut menggunakan baik.

Comments