8 CARA MEMPERBAIKI BATERAI LAPTOP DI CHARGE TIDAK MENGISI

Laptop pada charge nir masuk - Bagaimana cara memperbaiki laptop di charge nir mengisi ? Baterai laptop nir sanggup terisi padahal telah terhubung dengan charger merupakan masalah yang sangat menciptakan repot bagi pengguna laptop. Dengan adanya masalah seperti laptop nir mampu ngecas, laptop pada charge / di cas nir masuk ataupun baterai laptop dicharge nir sanggup penuh tentu akan membuat sifat portable pada laptop menjadi nir berfungsi. Hal ini dikarenakan menggunakan adanya perkara pada pengisian daya baterai laptop, kita tentu harus sering - sering untuk mengecharge baterai laptop yang cepat habis tersebut.
Jika kita menjadi pengguna baru laptop tentu akan mempertanyakan akan berapa usang ngecas laptop baru apabila kasus baterai laptop pada cas akan tetapi nir sanggup full 100%. Dan terkadang kita menjumpai dimana laptop telah mengisi daya namun selang beberapa mnt lalu malah baterai laptop plugged in not charging (mendadak nir sanggup pada cas). Lantas bagaimana cara mengatasi baterai laptop pada charge 0 terus padahal telah usang mengisi daya ? Hal ini perlu segera di atasi mengingat baterai laptop yang pada cas usang penuh akan mengganggu kegiatan kita sehari - hari.
Oleh karenanya dalam rendezvous kita kali ini kami Pemaniez Komputer akan mencoba menaruh beberapa tips service baterai laptop yg bermasalah tersebut. Namun sebelum kita mulai untuk pemugaran dalam laptop yg error waktu pengisian daya tadi alangkah lebih baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu akan penyebab laptop nir bisa dicas. Hal ini bertujuan agar kita nir salah melakukan penanganan baterai laptop yg di charge tidak bertambah tadi. Untuk itu yuk langsung saja kita simak ulasan tentang 8 cara memperbaiki baterai laptop di charge / di cas nir mengisi daya di bawah ini.

8 Cara Memperbaiki Baterai Laptop Di Charge Tidak Mengisi


Meskipun merupakan langkah dasar, cara mengatasi laptop tidak berfungsi / error ketika sedang melakukan pengisian daya batre (dicas / dicharge) bisa kita gunakan pada seluruh brand laptop. Cara memperbaiki charger laptop nir berfungsi ini dapat kita aplikasikan dalam laptop asus, acer, toshiba, dan tipe laptop lainnya. Untuk itu ayo langsung saja kita simak ulasan selengkapnya tentang 8 solusi laptop battery 0 available plugged in charging sebagai berikut :

Solusi laptop dicas / dicharge nir bisa penuh


1. Restart laptop
Langkah termudah yg dapat kita lakukan buat mengatasi baterai laptop pada cas nir sanggup terisi adalah menggunakan melakukan restart laptop yang kita miliki tadi. Di bawah ini merupakan sebuah cara yg acapkali kali digunakan untuk membuat perangkat laptop yang nir mau mengisi catur daya ke unit baterai berfungsi balik , diantaranya adalah :
  • Matikan laptop dan tanggal unit baterai berdasarkan laptop menggunakan cara membuka kuncian pada bagian bawah laptop
  • Jangan lupa jua buat melepas adaptor AC laptop bila memang masih terhubung ke laptop
  • Kemudian abaikan syarat laptop tanpa batre serta adaptor tersambung selama sekitar 10 sampai 30 detik
  • Setelah itu nyalakan kembali menggunakan cara menekan tombol power laptop agak usang selama kurang lebih 30 detik

2. Hindari mengisi daya ketika baterai laptop pada kondisi panas
Dalam mengatasi laptop yg di charge nir sanggup masuk, tidak membiasakan diri mengisi daya saat kondisi laptop sedang overheating adalah hal yang wajib kita lakukan. Hal ini bertujuan buat menghindari perkara pada sel baterai laptop yg kita miliki. Untuk itu alangkah lebih baiknya apabila kondisi laptop sedang panas, matikan terlebih dahulu serta cas kembali sesudah laptop telah dingin.
Untuk menghindari laptop nir sanggup full saat pada cas karena overheating tersebut maka kita perlu menjaga kebersihan pada kisi - kisi dalam kipas yg terletak disamping bodi laptop. Hal tersebut perlu buat kita lakukan karena debu yg menempel atau menumpul di kipas laptop akan berpotensi buat menimbulkan genre panas yang akan menyebabkan laptop menjadi cepat panas.
3. Bersihkan konektor baterai serta motherboard
Perlu buat kita ketahui bahwa salah satu penyebab laptop tidak bisa dicas / dicharge adalah lantaran konektor baterai yg kotor. Hal ini dikarenakan pin atau konektor baterai laptop yg kotor bisa menghambat proses pengisian atau konduksi arus listrik yang masuk berdasarkan unit catur daya ke unit baterai.
Oleh karenanya buat memperbaiki baterai laptop yang tidak dapat terhubung ke charger laptop tersebut kita perlu buat membersihkan debu dan kotoran menghitam pada pinnya. Untuk membersihkan kotoran atau debu pada pin baterai laptop tersebut, kita bisa memakai sebuah penghapus pencil.
4. Hidupkan laptop tanpa baterai
Untuk memastikan kerusakan laptop nir sanggup dicas tersebut berasal berdasarkan adaptor dan kabel charger laptop atau dari perangkat laptop itu sendiri, kita perlu menghidupkan laptop tanpa baterai.
Jika sehabis kita melepas baterai serta menghubungkan adaptor serta kabel adaptor tetapi laptop nir mau hidup maka kerusakan bisa berasal berdasarkan adaptor atau kabel charger laptop tersebut. Tetapi bila dapat hidup maka kerusakan dapat asal berdasarkan pengisian catur pada IC power laptop.
5. Cek fisik kabel adaptor
Berikut ini beberapa bentuk fisik kabel adaptor yang dapat menyebabkan laptop tidak bisa terisi ketika pada charge, antara lain adalah :
  • Kondisi fisik kabel adaptor berupa uliran atau tonjolan yg muncul dalam bagian kabel
  • Keruskaan kabel seperti bekas hangus yg mengindikasikan panas pada kabel
  • Kondisi fisik kabel yg jelek

6.  Periksa Adaptor
mungkin anda tertarik :

7.  Pastikan kondisi baterai laptop
Seperti yg telah kami jelaskan pada point ke 3, kita perlu memastikan kebersihan dalam pin baterai laptop terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa memastikan kondisi baterai dalam keadaan baik dengan menggunakan alat multimeter. Baterai laptop yg nir rusak seharusnya memiliki toleransi yg sangat kecil menggunakan liputan dalam bodi baterai.
Lakukan pengecekan tegangan baterai dalam ketika baterai hampir habis dan waktu baterai sesudah dicas penuh. Misalnya saja sehabis dilakukan pengecekan, tegangan berada dalam angka 6 V padahal pada kabar bodi batre laptop tertulis 9V maka bisa dipastikan baterai laptop mulai bermasalah.
8.  Instal Ulang Driver Baterai
Alasan terakhir kita perlu buat melakukan instal ulang driver baterai laptop karena driver yang bermasalah atau korup dapat mengakibatkan kerja hardware menjadi nir optimal termasuk pada baterai atau sistem power. Oleh karena itu ini dia akan kami berikan langkah - langkah buat melakukan instal ulang driver baterai laptop, sebagai berikut :
  • Pertama - tama kita buka terlebih dahulu Device Manager. Agar dapat menemukan Device Manager menggunakan mudah dalam personal komputer Windows, kita dapat melakukannya dengan menggunakan fungsi search (cari).
  • Setelah itu perhatikan pengaturan Baterainya. Jika daftarnya sudah terbuka, klik tab Batteries
  • Cari entri baterai dalam pengaturan di laptop yang kita miliki. Kemudian klik entri dengan tulisan Microsoft ACPI-Compliant Control Method battery
  • Uninstall driver yang ada dengan cara klik kanan dan tekan Uninstall
  • Periksa perubahannya. Jika sudah terselesaikan, klik tombol pada toolbar yang bertuliskan Scan for hardware changes atau kita dapat membuka tab "Action" dan menekan Scan for hardware changes
  • Instal ulang driver. Prosesnya akan mendeteksi baterai secara otomatis serta menginstal ulang driver 

baca pula :
  1. Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Masih Baru
  2. Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Hidup Tanpa Di Charge

Demikian rendezvous kita kali ini yg baru saja membahas masalah baterai laptop yg pada cas nir bisa penuh. Semoga rendezvous kita kali ini dapat menaruh manfaat buat kita seluruh, sekian serta terima kasih ..

Comments