7 SOLUSI MEMPERBAIKI SIM CARD TIDAK TERBACA DI IPHONE

Apabila iPhone kamu berhenti terhubung ke jaringan telepon seluler, engkau tidak dapat melakukan serta mendapat panggilan atau menggunakan data seluler 3G ataupun 4G. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi, termasuk ketika iPhone nir mengenali kartu SIM, atau kartu SIM engkau tidak terbaca oleh iPhone.
Kamu akan tahu ini terjadi bila pada home screen iPhone timbul pesan yang menyampaikan No SIM Card Installed atau Tidak ada Kartu SIM yang Dipasang. Kamu jua akan melihat di sudut kiri atas layar, nama operator seluler dan tanda sinyal/titik sudah diganti dengan No SIM atau Searching.
Dalam poly kejadian, perkara ini disebabkan sang SIM card kamu yang sedikit copot. Memperbaiki masalah ini membutuhkan nir lebih menurut paper clip (indera buat membuka SIM card yang pada sertakan sang Apple). Bahkan apabila hal itu tidak memecahkan masalah, kebanyakan buat melakukan pemugaran cukup gampang. Inilah yang harus dilakukan bila iPhone kamu menyampaikan No SIM.

Menemukan SIM Card

Untuk memperbaiki masalah SIM card, engkau harus tahu pada mana lokasi menemukan kartu. Lokasinya tergantung dalam model iPhone kamu.
  • IPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS: Carilah tombol hold dan jack headphone pada bagian atas telepon. Kamu akan menemukan slot dengan lubang mini pada dalamnya. Ini adalah nampan yang menyimpan kartu SIM.
  • IPhone 4 dan yang lebih baru: Pada iPhone 4 dan yang lebih baru, baki SIM terdapat pada sisi kanan ponsel. IPhone 4 dan 4S menggunakan microSIM, ad interim contoh iPhone lima dan yang lebih baru menggunakan nanoSIM, kartu SIM yang sedikit lebih kecil dan lebih modern.

Memasang Kembali SIM Card

Untuk memasang kembali SIM card pada slotnya, ambil klip kertas, lepaskan, serta dorong perlahan salah satu ujungnya ke pada lubang di baki SIM card. Ini akan mengeluarkan baki berdasarkan slotnya. Dorong balik dan pastikan itu terpasang menggunakan benar.
Setelah beberapa dtk (tunggu sementara waktu), Kesalahan No SIM Card Installed akan hilang dan nama bar serta operator seluler yg kamu gunakan wajib timbul pulang di sudut kiri atas layar iPhone.
Jika nir, lepaskan SIM sepenuhnya. Pastikan SIM dan slotnya nir kotor. Apabila kotor, maka SIM card kamu harus dibersihkan, cukup menggunakan meniup ke lubang slotnya sampai benar-sahih higienis.

Langkah 1: Update iOS

Jika reset kartu SIM nir bekerja, selanjutnya kamu wajib mengecek apakah terdapat update ke iOS, sistem operasi yg berjalan pada iPhone. Kamu wajib menghubungkan ke jaringan WiFi dan memiliki jumlah baterai yang layak sebelum melakukannya. Install update yg tersedia serta lihat apakah itu memecahkan perkara.
Untuk update iOS:
  1. Ketuk Settings
  2. Ketuk General
  3. Ketuk Software Update
  4. Jika versi baru tersedia, ikuti petunjuk di layar untuk menginstalnya.

Langkah 2: Hidupkan Airplane Mode dan Matikan Lagi

Jika kamu masih melihat kesalahan SIM, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Airplane Mode dan lalu matikan lagi. Melakukan hal ini bisa me-restart koneksi iPhone ke jaringan seluler dan bisa mengatasi masalah ini. Untuk melakukan ini:
  1. Gesek ke atas dari bagian bawah layar (atau kanan atas, di iPhone X) buat menampilkan Control Center
  2. Ketuk ikon pesawat di ujung paling kiri sebagai akibatnya disorot
  3. Tunggu satu atau dua dtk lalu ketuk lagi, sehingga ikon nir disorot
  4. Gesek Control Center buat menyembunyikannya
  5. Tunggu beberapa dtk buat melihat apakah kesalahan telah diperbaiki.

Langkah 3: Restart iPhone

Jika sejauh ini nir terdapat langkah yg sudah memecahkan masalah, langkah selanjutnya umumnya bisa menuntaskan semua masalah iPhone: restart. Kamu akan terkejut berapa poly perkara yang dapat dipecahkan dengan restart. Untuk me-restart iPhone:
  1. Tekan tombol hold (di kanan atas contoh awal, di sisi kanan model yang lebih baru)
  2. Terus tekan hingga slider muncul di layar yg meminta iPhone dimatikan
  3. Lepaskan tombol penahan serta geser slider ke arah kiri ke kanan
  4. Tunggu sampai iPhone dimatikan
  5. Tekan lagi tombol hold sampai logo Apple muncul
  6. Lepaskan tombol hold serta tunggu iPhone restart.

Jika kamu menggunakan iPhone 7, 8, atau X, langkah-langkah diatas niscaya nir akan bekerja karena perubahan hardware serta software dalam model tersebut. Maka pada hal ini, lihat artikel ini buat detail lengkap tentang restart contoh tersebut.

Langkah 4: Periksa Update Pengaturan Carrier

Penyebab lain pada kembali SIM yang tidak dikenali adalah perusahaan operator seluler kami sudah membarui pengaturan buat cara telepon engkau terhubung ke jaringannya dan kamu perlu menginstalnya (buat memeriksa lebih lanjut mengenai pengaturan carrier, baca Cara Update Pengaturan Carrier iPhone Kamu). Proses ini juga mudah:
  1. Ketuk Settings
  2. Ketuk General
  3. Ketuk About
  4. Jika update tersedia, jendela akan muncul. Ketuk dan ikuti petunjuk pada layar.

Langkah lima: Uji SIM Card yang Tidak Berfungsi

Jika iPhone kamu tetap menyampaikan no SIM, Mungkin hardware SIM card engkau sanggup saja mengalami kerusakan. Salah satu cara untuk mengetesnya merupakan menggunakan menggunakan SIM card menurut ponsel lain dan melihat apa yang terjadi. Pastikan memakai standar ukuran, microSIM, atau nanoSIM yang benar-buat telepon kami. Apabila tidak terdapat peringatan No SIM Card Installed yang tertera hilang, maka SIM iPhone kamu rusak.

Langkah 6: Pastikan Akun Kamu Berlaku

Mungkin saja akun SIM card kamu nir valid. Agar telepon engkau bisa terhubung ke jaringan operator telepon, kamu memerlukan akun yang valid serta aktif di perusahaan telepon. Apabila akun kamu telah ditangguhkan, dibatalkan atau belum di pendaftaran , engkau mungkin akan melihat kesalahan SIM. Jika nir ada solusi lain yg bekerja sejauh ini, coba tanyakan pada pusat layanan operator seluler yang ada di daerah engkau .

Langkah 7: apabila Tidak Ada Solusi Yang Memecahkan Masalah

Jika semua langkah ini tidak menuntaskan masalah, kemungkinan akbar engkau mengalami perkara yang tidak bisa kami perbaik sendiri. Saatnya buat melakukan bepergian ke Apple Store terdekat atau Services Center Apple terdekat, atau ke perusahaan penyedia layanan operator telepon kamu.

Comments