7 PENYEBAB LAPTOP MATI TOTAL YANG SERING TERJADI

Laptop meninggal total - Apa sajakah yg menjadi penyebab laptop mangkat total tidak mau hidup tersebut ? Perlu buat kita ketahui bahwa sebenarnya laptop mati total terbagi sebagai beberapa kategori misalnya saja laptop meninggal total serta nir mampu di charge, laptop tewas total selesainya sleep ataupun layar laptop mangkat tapi mesin hayati. Namun meskipun demikian pada akhirnya akan membuat laptop yg kita miliki menjadi tidak mampu hidup pulang. Yang mana akan diharapkan tidak sedikit biaya service laptop tewas total tersebut.
Jika laptop yang rusak nir bisa hayati hanya terjadi karena kerusakan ringan tentu kita bisa memperbaiki laptop yang mati total tadi sendiri tanpa wajib membawanya ke loka service terlebih dahulu. Akan tetapi krusial bagi kita mengetahui beberapa hal yg menyebabkan layar laptop tewas saat dinyalakan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita tidak salah penanganan saat akan menghidupkan laptop yang tidak mau hidup tersebut. Namun bila kerusakan laptop telah diperlukan penggantian part alangkah lebih baiknya apabila kita percayakan saja ke pihak yg lebih ahli dibidangnya untuk mengatasi perkara laptop mati total lampu indikator nir menyala.

7 Penyebab Laptop Mati Total Yang Sering Terjadi


Oleh karena itu CARA FLEXI pada kesempatan kali ini akan mencoba memberikan kabar mengenai faktor - faktor yg membuat laptop tidak sanggup hayati tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari pribadi saja kita simak secara lengkap mengenai faktor 7 penyebab laptop yg nir merespon waktu dihidupkan dalam ulasan di bawah ini.

1. Baterai Laptop


Langkah pertama yg perlu buat kita pastikan terlebih dahulu saat layar laptop yg kita miliki mati total merupakan mengecek baterai laptop. Untuk memastikannya kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Pertama - tama coba hubungkan laptop menggunakan adaptor listrik buat memastikan penyebab laptop nir sanggup dihidupkan tadi bukan lantaran baterai laptop yang telah habis.
  • Pada baterai laptop yg habis total dayanya membutuhkan beberapa waktu buat mengisi balik supply daya dalam baterai, buat itu abaikan adaptor terpasang pada beberapa ketika terlebih dahulu.
  • Jika telah lama mengisi daya laptop permanen saja nir mau hayati maka coba buat menghidupkan laptop yg mati total tadi tanpa baterai laptop.
  • Apabila baterai laptop dilepas serta laptop mampu hayati pada syarat di cas maka dapat dipastikan bahwa kerusakan laptop dari dari baterai atau konektor baterai.

2.  Adaptor


Jika cara diatas belum sanggup mengatasi laptop yang tewas mendadak serta tidak sanggup dihidupkan tersebut maka langkah selanjutnya yang perlu buat kita lakukan adalah menggunakan memastikan adaptor yg kita gunakan. Untuk mengecek adaptor laptop yg rusak tadi, kita dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut :
Cek sumber listrik yg kita gunakan
  • Pertama - tama pastikan daya listrik mengalir melalui stop hubungan / stabilizer / UPS yang kita  gunakan. 
  • Apabila pada output stabilizer / UPS tidak ditemukan adanya tegangan yang terukur, maka kemungkinan kasus terdapat pada stabilizer / UPS yang kita miliki. 
  • Oleh karenanya menghubungkan charger langsung ke asal listrik akan dapat menjadi solusi dalam  mengatasi layar laptop yang tewas total tersebut.

Cek lampu indikator
  • Jika lampu indikator nir menyala, maka kerusakan bisa terjadi dalam adaptor yang kita pakai.
  • Maka dari itu kita perlu buat memastikan sambungan kabel adaptor lantaran acapkali pemakaian adaptor yg tidak hati - hati akan menyebabkan kabel power bermasalah (putus sambungan). 

Cek komponen adaptor
  • Apabila terdapat aliran listrik pada kabel maka periksa terlebih dahulu input serta hasil dari adaptor yang kita gunakan tersebut.
  • Jika tegangan dalam input masuk namun tegangan dalam hasil tidak ada, maka dapat dipastikan bahwa kerusakan terdapat dalam komponen adaptor
  • Namun jika kita tidak memiliki alat ukur tegangan listrik maka langkah termudah yang bisa kita lakukan adalah menggunakan menggunakan adaptor lain yang sinkron dayanya buat menghidupkan laptop yang kita miliki.
  • Akan namun apabila adaptor serta kabel dalam kondisi normal maka permasalahan sanggup disebabkan dalam kerusakan komponen power

3. Komponen power


Apabila laptop nir mau hidup sehabis pada cas padahal syarat adaptor baik - baik saja serta lampu indikator meninggal maka kita perlu mempelajari socket DC pada laptop. Socket yang rusak akan menyebabkan laptop tewas total meskipun pada charge usang karena baterai laptop yg tidak sanggup terisi buat itu kita perlu melakukan beberapa hal menjadi berikut :
  • Pertama - tama kita mampu mencoba menggunakan melepas dan memasangkan balik jack adaptor buat memastikan socket laptop yang menjadi longgar.
  • Apabila syarat socket nir bermasalah maka kemungkinan penyebab laptop mati total tadi asal dari komponen power.

artikel menarik lainnya :

4. IC Power laptop 


Pada dasarnya, IC Power laptop bekerja sama halnya menggunakan sakelar yakni melakukan ON serta OFF. Dan pada bawah ini adalah beberapa hal yg menjadi karakteristik - ciri serta penyebab ic power laptop rusak, antara lain :
  • Tegangan yg nir stabil.
  • Kipas pendingin terhambat putarannya atau Thernal Paste yg kemarau akibat dari IC Power yg terlalu panas sebagai akibatnya nir dapat mendinginkan laptop. Yang dalam akhirnya akibat menurut overheat tadi akan merusak komponen di Mainboard.
  • IC Power laptop yang rusak karena adanya konsleting dalam komponen dalam rangkaian
  • Kontaminasi debu yg ada dalam laptop yg kita miliki

5. RAM Laptop


Jika kita mengalami kejadian dimana lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin tampak berjalan namun layar laptop hitam tidak ada tampilan maka besar kemungkinan kerusakan laptop dari berdasarkan RAM laptop tersebut. Untuk mengatasi laptop meninggal tapi lampu indikator nyala lantaran kerusakan RAM laptop tadi, kita bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut :
  • Pertama - tama matikan laptop yg kita miliki tersebut.
  • Setelah itu lepaskan RAM yg terdapat dari laptop lalu bersihkan dengan memakai penghapus pensil.
  • Kemudian kita pasangkan balik serta coba hidupkan laptop yang meninggal tidak ada tampilan tadi.
  • Jika layar laptop masih saja blank hitam maka dapat dipastikan laptop yg error tersebut dari berdasarkan RAM yang telah rusak.

6. Processor


Prosesor laptop adalah komponen inti menurut sebuah laptop ataupun komputer. Jadi dapat dipastikan apabila prosesor laptop mengalami kerusakan maka laptop nir akan bisa dihidupkan. Untuk memastikan prosesor laptop masih dapat berfungsi dengan baik kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Langkah pertama yg perlu buat kita lakukan merupakan menggunakan membersihkan semua debu dari fan processor dan heatsink, dan saluran pembuangan angin dalam laptop.
  • Setelah itu kita buka processor, apabila pasta processor (iso thermal) telah tidak layak maka bersihkan pasta yg menempel serta ganti dengan pasta yang baru. 
  • Kemudian pasang kembali menggunakan benar serta hati - hati saat memasang, pastikan jarum pin processor cocok dengan tempatnya, jangan hingga pin menjadi bengkok apalagi pangkas. 
  • Jika belum terdapat perubahan, langkah yang perlu buat kita lakukan adalah menggunakan mengubah yg processor lain buat memastikannya.

7.  Mainboard


Jika berdasarkan seluruh langkah diatas sudah kita lakukan tetapi tetap saja belum memberikan hasil yang maksimal maka penyebab laptop rusak mangkat total nir sanggup hidup tersebut dari dari kerusakan mainboard. Oleh karenanya langkah terakhir yang perlu buat kita lakukan merupakan melepas seluruh komponen yg berhubungan dengan mainboard laptop.
Namun jika selesainya kita melepas semua komponen tersebut laptop yg kita miliki tetap saja tidak sanggup hayati maka langkah termudah yg bisa kita lakukan adalah menggunakan mengganri mainboard tersebut.
lihat pula :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan beberapa hal yang sebagai penyebab laptop nir mau hayati tadi. Tetapi jika kita kurang konfiden buat melakukan semua hal pada atas maka alangkah lebih baiknya jika kita membawanya ke tempat service laptop terdekat, sekian dan terima kasih ..

Comments