5 TIPS MERAWAT TELEVISI YANG BELUM DI KETAHUI BANYAK ORANG





CARA FLEXI - Siapa sih, yang tak kenal perangkat TV ?,  niscaya seluruh orang bahkan setiap hari melihat perangkat TV. Tapi apakah perangkat TV pada rumah anda seringkali rusak atau acapkali bermasalah?. Tidak pula, asalkan tau bagaimana merawatnya. Berikut aku ajarkan merawat dan menjaga perangkat televisi anda supaya tahan sepanjang usiaan sepanjang usia.

1. Instalasi Listrik

Pertama yang harus pada perhatikan merupakan instalasi listrik. Instalasi listrik yang saya maksud pada sini adalah streker, yang harus sahih penempatanya. Usahakan pilih terminal yang SNI,penghantarnya kuningan dan juga kabelnya juga wajib berkualitas. Pastikan streker wajib sahih nir goyang, karena jika goyang akan membentuk percikan api dan akan menjadikan arus jadi tidak stabil ke power suplay. Hal ini tentunya sangat jelek untuk kinerja BLOG REGULATOR/PSU. Apabila streker goyah pada biarkan jangka panjang siap-siap saja kluar masuk bengkel TV. Instalasi jala-jala listrik rumah jua harus di perhatikan, pastikan lulus SLO. Selain demi terhindar berdasarkan kebakaran SLO sangat berguna bagi kesetabilan arus listrik buat keslamatan perangkat Tv pula. Jika MCB anda acapkali anjlok gunakanlah inverator yg dayanya lebih besar berdasarkan TV. Ketika menyalakan TV MCB slalu anjlok serta itu di biarkan terus menerus maka ini jua akan mengakibatkan TV cepat mangkat total.

2. Rajinlah Membersihkan Perangkat TV

Ingatlah buat selalu membersihkan TV anda, ketika anda higienis-bersih tempat tinggal . Perangkat TV gampang sekali menarik debu. Jadi ketika televisi pada nyalakan maka dia menarik sesuatu yg bersifat mengandung elektromagnetis seperti kain, meski tempat yg anda gunakan menempatkan TV higienis, tetap saja dalam jangka saat tertentu pada pada casis televisi permanen ada sesuatu yg menempel jika luarnya tidak tak jarang pada bersihkan. Bersihkan memakai lap sedikit basah buat membersihkanya. Tapi ingat jangan membersihkan TV ketika streker masih terhubung menggunakan jala listrik PLN. Maka jabutlah dulu!. Tujuan menggunakan lap sedikit basah adalah agar kotoran menepel dalam lap serta tidak akan terbang lagi atau masuk ke pada mesin Tv.  Hati-hati jangan sampai lap terlalu basah, sebagai akibatnya menetes ke pada mesin. Apabila terlanjur menetes ke dalam mesin maka jangan nyalakan TV tunggulah sampai kering.

3. Penempatan Perangkat

Penempatan jua sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan tv. Yang perlu pada perhatikan ketika penempatan ialah;
- Pastikan alas buat meletakan tv tidak goyah.
- apabila tv tabung jauhkan berdasarkan magnet contohnya spieker. Jika terpaksa ada speaker pada dekat Tv, letakan lebih ke belakang.
- Jika rumah nir terdapat langit-langitnya dalam waktu hujan akan terjadi percikan air dari genteng maka berilah epilog atas memakai papan. Tujuanya buat menghindari percikan air tadi. Untuk menjaga perangkat dari kelembapan.
- Usahakan jangan meletakan TV di lantai secara langsung. Berilah sepasi minimal stengah meter.  Hal ini bertujuan menghindari magnet bumi dan pula kelembapan.

4. Jangan Mencabut Kabel RCA Input Terus

Hal ini umumnya lantaran perangkat tv memakai 1 mode AV. Jika hanya menggunakan sistim satu AV Satu di pakai buat DVD serta yg satu nya DVB jadi anda akan sering mencabut dan memasang kabel jak RCA. Ini akan berbahaya karena kemungkinan buat terjadi kesalahan saat pemasangan akan mengancam sistim av mati. Jadi buat menghindari ini pakai AV slector. Av slector berfungsi buat mengatur input yg di pakai hanya menggunakan saklar tanpa harus mencabut serta memasang kabel RCA.  Biasanya buat tiga way output one.

5. Matikan TV waktu Hujan Extrim

Saat hujan usahakan TV dicabut menurut jala-jala listrik. Ini buat menjaga TV aman dari sambaran petir. Jika memakai antena, jabutlah jak dari TV kemudian jack jauhkan menurut perangkat.  Juga bagi yg menggunakan parabola sebaiknya jabut konektor kabel parabola dari DVB receiver. Cek apakah aman dari air hujan. Jka perlu tutup menggunakan plastik menghindari kelembapan.

Sebenarnya keawetan sebuah perangkat TV tidak hanya bergantung pada merawatnya saja, akan tetapi jua kualitas produk itu sendiri. Tidak terdapat salahnya jika anda merawat perangkat TV karena selain menjaga keawetan jua menjaga keselamatan anda dan keluarga.
Demikian mengenai cara merawat TV supaya awet. Sebenarnya tips ini pula berlaku dalam semua perangkat elektronika lainya. Semoga bermanfaat ya?

Comments