5 TIPS EFEKTIF MENCEGAH TEKANAN DARAH TINGGI HIPERTENSI

Mencegah hipertensi - Tekanan darah tinggi atau yang acapkali disebut dengan hipertensi adalah suatu syarat medis kronis menggunakan tekanan darah pada arteri yang meningkat. Hal yang paling umum sebagai penyebab tekanan darah tinggi ini merupakan penyumbatan rongga arteri oleh gumpalan lemak sebagai akibatnya tekanan darah semakin tinggi. Coba anda bayangkan air yg keluar dalam pipa pralon yg idealnya memakai pipa berdiameter 4 inch akan tetapi anda merubahnya menggunakan 2 inch tentu saja tekanan air akan meningkat serta deras keluar. Hal itu sama misalnya kondisi pada penderita tekanan darah tinggi. Peningkatan ini menyebabkan jantung wajib bekerja lebih keras dari umumnya buat mengedarkan darah melalui pembuluh darah.
Secara medis tekanan darah diukur melalui 2 cara pengukuran yaitu sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi pada antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada waktu istirahat adalah pada kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg serta diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah syarat medis yg kronis akan menaikkan risiko banyak masalah kesehatan terkait termasuk penyakit jantung, stroke serta ginjal. Gaya hidup yg nir sehat tak jarang ditengarai penyebab generik penyakit ini. Berikut merupakan beberapa saran yang bisa anda lakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi:

Mencegah Tekanan darah Tinggi (Hipertensi)
Menjaga berat badan ideal
Seperti yg telah saya jelaskan diatas bahwa tekanan darah umumnya paling umum ditimbulkan rongga arteri maupun pembuluh darah yang tersumbat sang gumpalan lemak sebagai akibatnya jantung wajib ekstra keras memompa darah yang akan dialirkan ke semua tubuh. Dan penyumbatan sang lemak ini umumnya dialami orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas). Orang yg kelebihan berat badan wajib menurunkan berat badan buat menghindari risiko hipertensi. Menjaga berat badan normal (misalnya, indeks massa tubuh 20–25 kg/m2).
Pola makan sehat & seimbang
Diet Seimbang dan makanan sehat bisa membantu menjaga tekanan darah di bawah kontrol. Banyak butir-buahan serta sayuran yang kaya akan kalium dalam diet harus diambil. Dan salah satu wajib mengikuti diet yg akan membantu buat mengelola tekanan darah anda dalam posisi normal. Mengonsumsi makanan yang kaya butir dan sayuran (contohnya, sedikitnya lima porsi per hari). Mengurangi asupan diet yang mengandung natrium sampai <100 mmol/ hari (<6 g natrium klorida atau Kurangi konsumsi garam dalam diet makanan anda buat membantu menjaga tekanan darah normal. Semakin tinggi asupan natrium, meningkat risiko tekanan darah. Konsumsi garam dapat mengurangi menggunakan menghindari makanan junk food (siap saji). Selain itu, bisa dilakukan menggunakan nir menambahkan garam ekstra buat makanan yg anda konsumsi.
Berolahraga secara teratur
Berolahraga secara teratur sanggup mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Olahraga fisik memainkan peran penting pada mengontrol tekanan darah. Bahkan 30 mnt latihan tiga kali seminggu relatif baik buat menghindari hipertensi. Atau akan lebih baik lagi melakukan kegiatan fisik aerobik secara teratur, misalnya jalan cepat (≥30 mnt per hari, setiap hari dalam seminggu).
Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan kebiasaan tidak baik yg mampu menaikkan tekanan darah seperti merokok, minuman beralkohol, minuman berkarbonasi atau bersoda, begadang, stres sanggup menaikkan tekanan darah anda. Jika anda memang tidak bisa lepas dari minuman alkohol, Batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 3 gelas mini /hari pada laki-laki serta nir lebih berdasarkan 2 gelas mini /hari pada perempuan namun akan lebih baik agi apabila anda tidak mengonsumsinya. Terlalu poly alkohol bisa menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Jadi galat satu harus menghindari minum alkohol bila Anda ingin menjaga tekanan darah Anda di bawah kontrol.
Tekanan darah atau hipertensi bisa pula ditimbulkan oleh stres. Jadi jika anda ingin mencegah tekanan darah anda maka kontrol dan kelola taraf stres anda dengan baik serta menjalani kehidupan bebas stres untuk menghindari penyakit yang berbahaya ini. Beberapa latihan yg bisa buat mengurangi stres seperti yoga, motivasi, meditasi, teknik relaksasi yg mendalam atau konseling kesehatan mental harus diambil.
Rajin cek tekanan darah
Pastikan buat menyelidiki tekanan darah secara teratur ke dokter terkait hal itu mampu mendeteksi lebih awal tekanan darah anda. Tekanan darah pada kisaran 120-139 / 80-89 milimeter merkuri (mmHg) akan menempatkan Anda pada peningkatan risiko hipertensi. Maka, orang harus berhati-hati serta sahih benar harus merubah gaya hidup yang nir sehat mereka, jika tekanan darah mereka mencapai kisaran tadi.

Comments