5 PALUNG TERDALAM DI DUNIA

5 PALUNG TERDALAM DI DUNIA - Palung adalah jurang yg terletak pada dasar bahari. Palung yg paling dalam pada belahan bumi adalah palung Mariana, yg berlokasi di barat bahari Samudera Pasifik dan sebelah timur Pulau Mariana, 

Baca Juga ; Pengelolaan Laut Yang Belum Maksimal


tepatnya berada pada Kedalaman Challenger atau biasa dianggap Challenger Deep yg mempunyai kedalaman 10.911 meter. Challenger Deep adalah titik terdalam samudera yang pernah diketahui. 


Pada kedalaman Challenger ini tekanan yang didapatkan luar biasa akbar yaitu sekitar 1000 kali dibandingkan menggunakan tekanan permukaan atau sekitar 110.000 kilopascal. 



5 PALUNG TERDALAM DI DUNIA


Makluk hayati yg menghuninya pun berupa makluk kecil bersel satu yg kebanyakan belum dikenal sang global ilmu pengetahuan.




Berikut merupakan daftar 5 palung terdalam pada Dunia :


1. Palung Mariana


Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling pada yg diketahui, dan lokasi terdalamnya berada pada kerak Bumi. Dia terletak pada dasar barat bahari Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11° 21′ Utara latitude dan 142° 12′ Timur longitude, dekat pula menggunakan Jepang. 

Palung ini adalah batasan pada mana 2 lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Dasar menurut palung ini jauh di bawah permukaan bahari lebih jauh menurut ketinggian Gunung Everest pada atas bagian atas laut.


Baca Juga : Mengenal Ilmu Oceano Grafi


Palung ini mempunyai kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah bagian atas bahari. Pertama kali diteliti dalam 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang menaruh nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger. 


Menggunakan gema bunyi, Challenger II mengukur kedalam lima.960 fathom (10.900 m) dalam 11° 19′ U, 142° 15′ T. Penyuaraan ini diulang berkali-kali memakai “earphone” buat mendengar sinyal yang pulang waktu “stylus” melewati skala kedalaman “graduated”.

2. Palung Tonga


Palung Tonga terletak pada Selatan Samudra Pasifik, Selandia Baru dengan kedalaman 10.882 meter (35.702 kaki). Titik terdalamnya dikenal sebagai Deep Horizon. 

Palung ini terletak pada ujung utara zona subduksi Kermadec-Tonga. Zona subduksi ini yg paling aktif pada mana Lempeng Pasifik bersubduksi di bawah Lempeng Tonga dan Lempeng Indo-Australia. 


Palung Tonga memanjang pada utara-timur laut menurut Kepulauan Kermadec utara menurut Pulau Utara Selandia Baru. Palung ini adalah loka peristirahatan terakhir menurut generator radioisotop termoelektrik berdasarkan misi Apollo 13 yg dibatalkan.




3. Palung Filiphina


Palung Filipina (Mindanao Deep) terletak pada sebelah timur Filipina. Memiliki panjang lebih kurang 1.320 km serta lebar lebih kurang 30 km berdasarkan sentra pulau Luzon Filipina membentang sampai ke tenggara pulau Halmahera, Maluku utara di Indonesia. 


Baca Juga ; Kawasan Konservasi Laut


Titik terdalamnya Galathea, mempunyai kedalaman 10.540 meter. Palung Filipina adalah hasil berdasarkan tabrakan lempeng tektonik Philippine Sea Plate yg bersubduksi di bawah Sabuk Mobile Filipina dengan laju lebih kurang 16 cm per tahunnya.


4. Palung Kuril


Palung Palung Kuril mempunyai kedalaman maksimum 10.542 meter. Memanjang menurut tiga persimpangan antara Patahan Ulakhan dan ke utara Palung Aleutian hingga ke Palung ke selatan Jepang. Palung ini terbentuk sebagai dampak menurut zona subduksi, dalam akhir zaman Kapur, hingga membentuk Kepulauan Kuril.



5. Palung Kermadec


Palung Kermadec adalah salah satu menurut palung terdalam Bumi menggunakan capaian kedalaman 10.047 meter (32.963 kaki) di Samudera Pasifik. Dibentuk sang subduksi dari Lempeng Pasifik di bawah Lempeng Indo-Australia.
Sumber : kaskus

Baca Juga ; Peranan Indonesia Sebagai Negara Maritim


Semoga Bermanfaat...

Comments