5 KOMPONEN PENDUKUNG TABUNG CRT YANG WAJIB ANDA KETAHUI


CARA FLEXI - Berikut ini saya tuliskan buat Anda lima komponen yg mendukung bekerjanya sebuah CRT. Karena dalam dasarnya CRT tanpa terdapat komponen pendukungnya maka tidak bisa menampilkan gambar secara utuh, malah hanya ada satu titik putih pada tengah layar. Untuk itu ini dia merupakan komponen yang sangat krusial pada membuat gambar. 
1.devleksi Yoke (kumparan pembelok)
Yoke Defleksi terdiri menurut 2 kumparan yaitu kumparan penyimpangan vertikal dan kumparan defleksi horizontal. Sebagai inti magnitnya dipakai menurut bahan farrit yang sifat magnetisasinya bertenaga (bukan nagnit tetap ). Kedua penyimpangan tadi masing-masing mendapatkan umpan berupa gelombang gigi gergaji tersebut maka di sekeliling kumparan akan muncul medan magnit pemanen. Dengan medan magnet tersebut, maka berkas elektron yg pada pancarkan menuju ke anoda tabung gambar, berpender ke arah vertikal serta kearah horizontal,sehingga dengan demikian berkas elektron akan membentuk titik-titik fospor  secara menyeluruh  pada pemukaan pada tabung gambar. Itulah yg di sebut raster.

2. Magnit Purity ( magnet kemurnian rona )
Magnet purity ini berupa cincin/ring magnet tidak aktif (tetap) yg ditempatkan berdampingan dengan magnit konvergensi tidak aktif yg di pasang dalam leher tabung sehabis yoke penyimpangan. Fungsi berdasarkan magnit purity ini adalah buat mengatur ketepatan penembak elektron supaya tepat mengenai titik-titik fosfor masing-masing rona merah hijau ,biru. Magnit furity ini terdiri dari dua cincin magnit permanen yg bisa digeser sendiri-sendiri ataupun beserta sama pada ketika pada lakukan pengaturan kemurnian rona.


3. Magnit Konvergensi Statis 
Dengan dipasangnya magnit konvergensi ini maka pergeseran warna akibat dari penembakan berkas elektron yang tidak dapt bertemu dalam satu titik dapt diatasi dan hasilnya akan menjadi konpergen (menjadi satu ) titik. 

4,.yoke Konvergensi Dinamis 
Setelah penyetelan konvergensi statis ,ketiga berkas elektron mengenai satu titik pada bagian pusat layar fosfor. Namun dalam daerah tepi layar ketiga berkas elektron tidak bisa bertemu pada satu titik dalam lapisan fosfor lantaran dalam pinggir layar tabung melengkung  serta wajib di luruskan agar gambar sanggup pada lihat. Dengan demikian warna yang terjadi dalam gambar terlihat berdampingan di mana hal itu sangat tidak diinginkan. Kondisi yg baik mestinya ketiga rona dasar / utama  RGB wajib dapat behimpit supaya dapat menampilkan satu warna, pada satu bentuk garis contohnya garis putih (nir boleh ada rona di sampingnya)
Untuk mengatasi hal tersebut maka di perlukan arus gigi gergaji yang pada berikan pada kumparan konveregen bergerak maju yaitu lewat yoke konvergensi masing-masing. Sehingga ketiga berkas elektron dapat berkonvergensi dalam tiap titik dalam bidang vertikal dan horizontal.

5. Degaussing Coil
Karena pada tabung gambar rona menggunakan masker yg terbuat berdasarkan plat baja,maka sangat gampang di pengaruhi sang suatu sumber magnit baik berdasarkan bumi maupun menurut asal yg lain. Dengan termagnetisasi oleh sumber magnit, maka arah berkas elektron yang menuju kelayar fosfor terpengaruh sehingga menyebabkan tampilan rona dalam layar fosfor menjadi tidak murni (masih ada warna liar di disalalah satu sudut layar ). Untuk mencegah terjadinya warna liar tadi  maka seluruh jenis tabung Gambar Warna pada pasang kumparan dalam degaussing coil yang secara skematis dan prinsip kerjanya menjadi berikut :

Komponen yg dipakai terdiri dari kumparan serta PTC (positip temperatur  coefesien ) atau therrmistor menggunakan ciri positip. Pada saat sekala SW dihidupkan maka mengalir arus ac melalui PTC serta kumparan ,pada ketika sekala SW dihidupkan maka mengalir arus AC melalui PTC hambatanya rendah serta sehabis panas akan berubah naik /mengembang. Dengan demikian kumparan menerima genre arus yang mula-mula besar dan usang kelamaan mengecil bahkan sanggup pada anggap nir ada. Setelah kumparan pada aliri arus ac dalam kumparan tibul induksi diri yg efek perubahan hambatan dari PTC yg makin membesar maka bertenaga medan magnit disekeliling kumparan makin habis. Pengaruh  medan magnit di sekeliling tabung gambar dapat menatik dampak kemagnitan liar dalam masker tabung gambar sehingga di harapkan syarat tampil warna pada Tabung Gambar Warna  akan selalu murni.

Ke-5 komponen pendukung bekerjanya sebuah tabung gambar di atas sangat berperan penting pada pengoprasian tabung CRT. Jadi tanpa ke 5 komponen di atas tabung gambar nir bisa menampilkan gambar. Kerusakan dari salah satu saja, maka tabung tidak bisa bekerja semestinya.
Demikianlah fakta yg bisa saya shere ke kawan semuanya. Thanks!!

Comments