5 ALASAN DAN SOLUSI MEMPERBAIKI IPHONE TIDAK MAU NGECHARGE

Setiap pengguna bisa saja mengalami peristiwa dimana iPhone tidak sanggup di-charge. Jika kita berbicara mengenai smartphone yang telah beroperasi lebih berdasarkan satu tahun, maka kehilangan kapasitas baterai secara alami mungkin sebagai penyebab kerusakan ini. Dalam hal ini, satu-satunya jalan keluar adalah mengubah baterai.
Tetapi, apabila iPhone baru tidak dapat di-charge, itu sanggup berarti ada glitch software atau kerusakan adaptor daya, kabel Lighting, atau hal lain yg menghalangi kemampuan iPhone untuk mengisi daya. Berikut alasan serta solusi buat memperbaikinya.

Alasan #0: Glitch Software (Firmware)

Percaya atau nir, akan tetapi pada kebanyakan masalah, alasan primer kenapa iPhone datang-tiba tidak mampu pada-charge ada pada perangkat lunak (firmware), bukan di hardware. Jika engkau belum tahu, di dalam iPhone ada controller (chip on the board), yg bertanggung jawab buat pengisian baterai. Controller ini bekerja pada bawah bimbingan perangkat lunak. Jadi, ketika kamu menghubungkan kabel ke iPhone, daya tidak dipasok eksklusif ke baterai, tapi pertama-tama ke kartu controller, yg dalam gilirannya tunduk dalam program yang dijahit ke ponsel.
Dari sini kita mengetahui sebuah berita bahwa komponen software iPhone mengenali saat asal arus terhubung ke ponsel dan menginstruksikan controller buat mulai mengisi daya. Apabila aplikasi dalam keadaan meninggal, tidak akan ada perintah yg diberikan dan iPhone engkau tidak akan mau nge-charge.
Untuk mengatasi masalah ini, hard reset perangkat umumnya membantu. Untuk melakukan ini, tahan tombol Home dan Power secara bersamaan minimal 30 dtk, ketika logo Apple ada lepaskan.
Informasi lebih rinci mengenai restart iPhone - dapat ditemukan di sini.

Alasan #1: Port Lighting iPhone Kotor

80% orang mempunyai norma menyimpan ponsel mereka pada saku celana atau baju... Saya nir memahami jika norma kamu, akan tetapi saya sendiri rutin membersihkan sampah menurut kantong celana jeans aku ... Dari mana asalnya? Apalagi sampah ini (debu, rambut, dll) serta berusaha masuk ke celah iPhone saya.
Coba bayangkan itu! Inilah alasan pertama mengapa iPhone tidak sanggup di-charge. Kamu bahkan tidak mampu membayangkan seberapa banyak kotoran serta debu menembus ke pada konektor pengisian Lightning! Semakin banyak penumpukan debu maka colokan Lightning nir akan masuk normal ke dalam lubang konektor, yg akhirnya menyebabkan masalah pada atas. Apakah kamu percaya pada saya?
Cobalah buat melakukannya! Ambil tusuk gigi kayu serta bersihkan tumpukan puing-puing menurut konektor Lightning dengan perlahan-lahan. Cobalah buat "memilih" menurut ke 2 sudut lubang pengisian. Berhati-hatilah agar tidak merusak hubungan. Kamu akan terkejut ketika melihat dan berhasil mendapatkannya. Setelah itu, bersihkan konektornya dan hubungkan pengisiannya. Apabila daya baterai ponsel kamu sahih-sahih kosong, mungkin diharapkan waktu sampai 15 menit sebelum memberi indikasi-indikasi kehidupan.

Alasan #dua: Port USB Rusak

Jika engkau mencoba nge-charge iPhone dari port USB, hal pertama yang wajib diperiksa adalah apakah itu berhasil. Pada laptop Windows saya ada beberapa lubang konektor USB, yang sama sekali nir berfungsi saat iPhone di sambungkan. Saya nir memahami apa kaitannya, tapi ponsel nir sanggup mengisi daya. Nampaknya power supply 5V ke port USB ini tidak dilayani sama sekali.
Beberapa warta buat pengembangan generik:
— Port USB baku memiliki tegangan keluaran 5V serta arus 0.5A
— Sebagai perbandingan, pengisian standar iPhone menaruh 5V serta 1A
— Nah, pengisian buat iPad memberikan 5V serta 2A
Cobalah buat melakukannya! Jika ini kasus kamu, coba port USB lain atau hubungkan iPhone ke pengisian 220V reguler. Jika proses charging ini jua nir membantu mengisi baterai iPhone, baca kemungkinan berikutnya.

Alasan #tiga: Adaptor/Kabel Rusak

Banyak orang yg lebih menentukan membeli charger KW karena harganya beberapa kali lebih murah menurut charger original Apple. NAMUN! Saya sangat tidak merekomendasikan hal ini! JANGAN membeli atau menggunakan carger non-original yang murah.
Jadi, jika iPhone engkau tidak mengisi daya karena menggunakan carger KW (bukan original), aku TIDAK akan poly basa basi lagi karena itu sudah jelas penyebabnya, engkau menggunakan charger KW.
Oke — baiklah... Bagaimana bila charger original Apple juga tidak mau nge-charge iPhone? Saatnya buat mempelajari kabel Lightning! Sekali lagi, menurut pengalaman pribadi, bahkan kabel original bawaan iPhone, seiring berjalannya saat, sanggup saja rusak. Jujur saja, kabel original relatif rapuh. Apabila penggunaannya kurang memadai, seperti seringkali melilitkan kabel, maka akan menyebabkan kerusakan nir hanya dalam pembungkus plastik eksternal, tapi pula arus lilitan tembaga dalamnya.
"This accessory may not be supported" atau "Aksesori ini nir didukung"
Mungkin, beberapa dari engkau pernah menemukan pesan "This accessory may not be supported" atau "Aksesori ini nir didukung". Mungkin ada beberapa alasan buat ini dan saya akan menjelaskannya dalam artikel lain. Saya hanya akan mengungkapkan satu hal — dimulai pada iOS 7, Apple sudah mengajarkan perangkat buat mengenali keaslian kabel USB. Sebuah chip khusus dipasang pada steker kabel Lightning, yang memungkinkan iPhone (atau iPad) mengenali kabel original. Jadi cobalah buat menggunakan charger original ...
Cobalah buat melakukannya! Gunakan charger dan kabel Lightning original yang bagus. Apabila masih tidak membantu, kemungkinan besar salah satu komponen iPhone sudah rusak. Baca tentang itu di bawah ini.

Alasan #4: Komponen iPhone Ada yg Rusak

Nah, alasan terakhir buat iPhone yg nir sanggup di charge disebabkan adanya kerusakan komponen internal. Ya, serta jangan terkejut — ini adalah penyebab yg paling umum! Baterai atau power/charge controller yang paling seringkali rusak. Kamu sanggup mencari memahami sesudah diagnosis pada service center Apple.
Jadi buat mengatasi ini, engkau harus jalan-jalan langsung ke service center Apple terdekat. Pastikan buat mempelajari fungsionalitas iPhone sehabis mengganti charge controller atau baterai. Jadi mintalah ke pihak services center Apple buat menghubungkan iPhone kamu ke sumber listrik dan pastikan ponsel menyala, dan indikator pengisian daya setidaknya mengisi dua %.
Nah, itulah lima alasan serta solusi untuk memperbaiki iPhone yang tidak mau nge-charge. Apabila engkau mempunyai solusi lain silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Comments