4 LANGKAH MUDAH MENANGANI TV HILANG SUARA

CARA FLEXI- Berikut ini saya akan mengajak Anda buat menangani TV bisu. Mungkin cara yang aku ajarkan pada sini cukup sederhana dan mudah-mudahan dapat mengatasi permasalahan yg Anda hadapi.
Servis TV tidak terdapat suara itu mudah saja asalakan anda tau bagai mana mengatasinya menggunakan langkah yang sahih. Berikut 4 langkah demi langkah yg wajib anda tempuh.

1. Pastikan Input TV 

Sebelum anda mulai membuka casing TV usahakan periksa bagian input. Berupa kabel RCA. Pastikan program tidak sedang mode mute. Adjusmen volume pada 100%/ full. Sekarang sentuhlah jack RCA. Jika terdengar bunyi /ada respon menurut speiker berarti yg bermasalah asal input, misal receiver para bola yang bermasalah atau dvd anda yang rusak. Tetapi jika suara terdengar ada gangguan hum atau kemresek. Coba cek rca menggunakan cara mengganti menggunakan kabel yg lainya.

2. Cek Tegangan Jalur Audio
Bila cara di atas belum mengatasi perkara Anda sekarang coba bukak casing TV dalam keadaan mati. Setelah itu nyalakan dan sentuh input kaki IC power Amplifier. Jika tidak ada respon menurut speaker sama sekali waktu input pada sentuh menggunakan jari,  maka cek dulu speaker dengan cara menggunakan Ohm Meter ×1. Kemudian Cek tegangan power suplay yg jalur blog power Amplifier. Biasanya tegangan berkisar antara 12- 15 Volt DC. Apabila tegangan berdasarkan power nir terdapat maka coba copot beban menurut IC power amplifier. Jika sesudah mencopot beban tegangan tumbuh Tegangan dari sebelumnya nir terdapat sama sekali ,maka di pastikan power audio short. Sekarang bila tegangan kurang berdasarkan 12 Volt maka sanggup jadi elco filter menurut output regulator kemarau.

3. Power Audio Masih Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Terdapat dua kemungkinan. Pertama IC control tewas dan yang kedua komponen pendukung ada yang mati. Cara menanganinya, periksa amati dengan seksama keadaan solderan secara lebih jelasnya apabila perlu solder ulang dalam kaki mulai berdasarkan IC contol hingga menggunakan IC audio. Cek elco pembatas input pada kaki audio. Cara mempelajari apakah IC control masih baik atau rusak maka pada urutkan, pertama sentuh dalam bagian input IC control, buat mengetahui kaki input bagian audio cari Data Sitenya terlebih dahulu atau lebih simplenya urutkan berdasarkan soket input. Jika sudah ketemu coba sentuh bila terdapat respon menurut sentuhan ke audio berarti IC contol normal.  Tapi jika tidak terdapat berarti tewas. Sebenarnya bagi yg menggunakan antena parabola tidak perlu membarui IC control yg bermasalah. Cukup pada jumper dari soket Input audio ke kaki IC power amplifier. Untuk pengaturan volume sanggup pada lakukan berdasarkan receiver. Bagi yang masih menggunakan antena maka apabila IC  controlnya yg meninggal maka wajib pada ganti.

4. Cek Speaker
Gejalanya nir terdapat respon sama sekali dari speaker waktu di berikan Input sang karena itu cek memakai Ohm Meter. Apabila masih nyambung berarti speaker masih indah. Speaker mati sering terjadi dalam TV yang memakai satu loudspeaker saja sehingga  kerja speaker terlalu berat. Sedangkan yang 2 speaker jarang sekali loudspeaker tewas. Jika yg menggunakan 2 speaker tidak terdapat suara berarti konflik terdapat pada blog audio amplifier.

Kesimpulan dari langkah memperbaiki TV yg hilang bunyi merupakan
Ketika anda membuka TV amati, sentuh IC power, cek speaker maka anda akan menemukan area mana yang wajib di oprek.
Demikian dan terimakasih semoga bermanfaat. !


Comments