4 GEJALA AMBEIEN WASIR YANG WAJIB KAMU WASPADAI

Ambeien atau yang biasa pula dianggap wasir terjadi karena tiga pembuluh darah kembali atau arteria dalam anus mengalami pembengkakan dan melebar. Kondisi ini mengakibatkan rasa nyeri yg cukup menyiksa.
Ada banyak sekali faktor yg mengakibatkan keluarnya ambeien. Seperti faktor keturunan dan faktor aktivitas yg cukup tinggi.
Berdasarkan data yg beredar, ambeien biasa terjadi dalam orang dewasa. Gejala yang dirasakan pula relatif beragam.
Agar tidak semakin parah, tentu saja penyakit ini wajib segera menerima penanganan dokter. Nah, berikut tanda-tanda ambeien yg harus diwaspadai agar tidak semakin parah.

1. Keluar darah waktu BAB
Gejala umum yg dirasakan penderita ambeien adalah keluar darah saat buang air besar atau BAB. Pada ambeien yang belum parah, kondisinya ini umumnya tak disertai rasa nyeri. Warna darah yg keluar terdapat merah terang.
2. Sering ingin BAB
Orang yang menderita ambeien biasa tak jarang merasa ingin BAB. Pada tahap yg parah, bahkan feses yg keluar terjadi di luar kontrol.
3. Gatal hingga pembengkakan serta nyeri pada anus
Gejala awal penderita ambeien biasa sering merasa gatal pada bagian anus. Celakanya kondisi ini terkadang mampu sampai mengakibatkan pembengkakan dalam area anus dan disertai menggunakan rasa nyeri yg cukup menyiksa.
4. Terdapat benjolan pada anus
Muncul benjolan dalam luar anus sebagai galat satu tanda-tanda ambien yang lain. Pada kondisi yg parah, benjolan tersebut akan begitu sensitif serta terasa nyeri. Hal itu biasa juga memberikan impak mengganjal.
Nah, jika Anda mendapati satu di antara keempat tanda-tanda tersebut, segeralah berkonsultasi pada dokter agar segera mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat!
Sumber: Halosehat

Comments