4 CARA MELEBARKAN LAYAR TV CHINA KURANG PENUH KIRI KANAN

Gambar kurang lebar kiri serta kanan umumnya dialami ketika ganti mesin tv china atau memang kerusakan terjadi pada sebuah mesin tv. Memasang mesin baru ataupun memperbaiki mesin lama perseteruan yg pasti nir jauh dari blog bagian horizontal out. Nah bagaimana cara melebarkan layar tv china kiri dan kanan? Kali ini kita akan membahas mengenai hal ini.
Disini aku akan shere pengalaman selama ini ketika menemui keruskan gambar kurang lebar pada tv china yang memang tak jarang saya alami ketika mengganti tv terutama ukuran 21 inc.  kebetulan kemarin saya mendapat orderan untuk mengganti mesin tv polytron u-slim mengalami gambar kurang lebar, sebagai akibatnya terbesit fikiran saya buat shere pengalaman ini.
Pada penggunaan mesin wcom modern, terdapat circuit EW. Rangkaian ini mempunyai fitur buat melebarkan layar tv melalui variable resistor H-size. Sehingga tidak perlu merubah komponen menggunakan cara yg aku shere. Yang saya tulis ini bila tidak ada menu atau fitur buat melebarkan layar yang memang homogen-homogen pada mesin china lama nir terdapat fitur adjuster h size.
Ada 4 cara yg dapat kita lakukan buat melebarkan layar, yaitu
1.    Mengganti capasitor H-size
2.    Menggunakan trafo yoke
3.    Dan membuat lilitan pada ferrite fbt
4.    Merubah lilitan defleksi yoke
1.    Mengganti capasitor
Capasitor horizontal yang dimaksud adalah capasitor bukan c resonant yg letaknya pada colektor horizontal. Capasitor yang meski diganti merupakan capasitor yang berada selesainya capasitor resonant yang ukurannya umumnya 680n/684, 470n/474, 150n/154.ataujika dalam skema tertulis c 442. Hati-hati jangan galat paham! Saya pernah mengalami kesalahan waktu membarui capasitor buat melebarkan layar. Kesalahan aku merupakan salah pengganti capasitor resonant, sebagai akibatnya terjadilah kerusakan yg sangat parah karena tegangan fbt sebagai naik, sehingga transistor horizontal pribadi jebol. Yang lebih parahnya lagi, leher tabung pribadi patah.  Pengalaman getir dulu ketika awal-awal belajar hehehe. Belajar dari pengalaman saya bahwa jangan asal-asalan mengubah capasitor resonant, bila masih mendekati nilai aslinya nir ada masalah tetapi bila nilainya sudah jauh berdasarkan nilai aslinya itulah yang berbahaya. Misalnya dalam resonant aslinya ukurannya 912, akan diganti 822j, oke lah terdapat toleransi. Namun apabila diganti ke 522, dah tr horizontal langsung koit.

Hukum melebarkan layar mengganti capasitor h-size,
‘Semakin rendah ukuran capasitor maka layar akan melebur, begitu kebalikannya meningkat nilai capasitor layar akan menyempit.”
Contoh:
Tv china wcom kurang layar kurang lebar kiri kanan menggunakan capasitor size ukuran 684j. Untuk melebarkan layar ganti capasitor menggunakan ukuran 474j. Sehingga layar akan bertambah lebar. Jika masih kurang lebar lagi maka ganti menggunakan nilai 394j.

2.    Menggunakan trafo yoke
selain mengganti capasitor h size, yaitu memakai trafo yoke. Trafo yoke berfungsi sebagai lilitan buat melebarkan layar tv. Ini acapkali kita lihat pada tv rakitan memakai crt monitor personal komputer .
Penggunaanya sangat mudah, ini adalah jalan ketika capasitor yang kita butuhkan nir terdapat. Salah satu alternativenya memakai trafo yoke. Meskipun sebenarnya trafo yoke buat memperbaiki impedance defleksi yoke, namun cara ini relatif lumayan ampuh buat melebarkan layar tv. 
Cara menggunakanya mudah, lihatlah gambar berikut ini

Keterangan gambar:
Perhatikan warna kabel diubahsuaikan dengan rona dalam gambar. Pin no 1 pada hubungkan ke kabel biru, sedangkan yg merah di hubungkan ke pin dua lalu diputus ke pin 3,4,lima. Tergantung impedansi dalam penyimpangan yoke.
3.    MEMBUAT LILITAN DI FARRIT FLYBACK
Cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan cenderung kondusif serta ekonomis biaya . Memanfaatkan farrit flyback buat melilit kabel yg berfungsi buat melebarkan layar.
Bahan yg digunakan hanya seutas kabel 50 centimeter … kemudian jumlah lilitan diubahsuaikan dengan ukuran layar. Yang perlu diperhatikan adalah arah lilitan. Arah lilitan searah dengan jarum jam berdasarkan kabel horizontal out arah lilitan kekanan. Jik terbalik layar akan menyempit. Semakin poly lilitan maka layar semakin melebar.
Contoh gambar:

Keterangan gambar
Dari soket horizontal out kabel merah menuju farrit flyback menurut kiri arah kanan. Kemudian menuju penyimpangan yoke. Lilitan biasanya antara 7-12 lilitan.  
4.    Merubah lilitan defleksi yoke
Cara ini jua acapkali dilakukan pada memperbaiki impedansi sebuah defleksi yoke, Meskipun sebenarnya aku sendiripun belum melakukan menggunakan cara merubah lilitan penyimpangan yoke.
Bagaimana melakukanya? Caranya kita ukur terlebih dahulu penyimpangan yoke pada bagian horizontal. Kemudian jika impedansi terukur dibawah 1,5ohm maka harus merubah lilitan yg aslinya paralel dirubah lilitan menjadi seri sampai mendapatkan nilai diatas 1,5 ohm. Apabila cara ini tidak mempan pakai trafo yoke seperti yg aku katakan diatas.
Jika 4 jalan cara melebarkan layar misalnya diatas tidak mempan juga kemungkinan ada kerusakan pada penyimpangan yoke. Mungkin terdapat galat satu lilitan putus. Agar tidak fatal jangan melakukan penggantian c resonant.
Semoga bermanfaat!!!

Comments