3 JENIS TIPE RANGKAIAN INSTALASI LISTRIK RUMAH

Instalasi Listrik - Dalam tehknik listrik cara pemasangan jaringan kabel instalasi listrik masih ada beberapa tipe atau (jenis) rangkaian instalasi listrik yang kondusif untuk tempat tinggal . Kali ini aku akan membahas tentang jenis-jenis rangkaian instalasi listrik lantaran saya anggap ini perlu buat pada ketahui konsument ketika mereka ingin memasang instalasi listrik dalam rumah mereka, selain itu artikel ini jua akan berguna buat para elektrikal agar gampang mengungkapkan jenis rangkaian instalasi listrik yg kondusif untuk tempat tinggal konsument.
Pada saat bernegosiasi mengenai RAB (Rencana aturan porto) instalasi listrik kepada konsument sering kali kita pada banding-bandingkan menggunakan elektrikal lain. Wajar saja itu hal yg biasa, tetapi apabila kita bisa memberi penerangan mengenai jenis rangkaian instalasi listrik yang kita tawarkan kemungkinan pihak konsument tidak akan mengungkapkan "mahal" dalam harga porto pemasangan instalasi listrik yg kita minta. Ketika para elektrikal (instalatir) ingin memberikan kualitas instalasi listrik yg baik tentu di butuhkan porto yang baik jua. Baiklah pribadi saja kita ke "3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah", Tetapi sebelumnya lihat berita gambar diagram rangkaian instalasi listrik pada bawah ini supaya gampang pada mengerti.

Jenis-jenis Rangkaian Instalasi Listrik Yang Aman Untuk Rumah

Instalasi listrik single line (1 MCB)

Instalasi listrik single line poly masih ada pada tempat tinggal tempat tinggal lama serta nir memerlukan pemakaian listrik yang relatif besar , kisaran pemakaian listrik hanya 4 ampere hingga 6 ampere saja. Contoh instalasi listrik single line misalnya gambar pada bawah ini, pada mana semua beban pemakaian listrik hanya pada bebankan kepada satu line saja.

Instalasi listrik duo line (dua MCB)

Instalasi listrik misalnya ini akan sedikit lebih mahal dan juga lebih aman dan lebih tahan usang berdasarkan instalasi listrik single line. Lantaran instalasi listrik misalnya ini memerlukan komponen rangkaian instalasi listrik yang lebih juga, beban pemakaian listrik pada bagi sebagai 50% - 50% (fifty-fifty) dengan memakai 2 pengaman instalasi listrik yaitu MCB (Miniature Circuit Breaker). Contoh instalasi listrik 2 line merupakan misalnya gambar di bawah ini.

Instalasi Listrik Mutli Line (Multi MCB)

Instalasi listrik mutli line ini merupakan jenis rangkaian instalasi listrik yang sangat kondusif serta sangat propesional. Sebagai instalatir listrik biasa nya jenis instalasi listrik yang misalnya ini yg akan aku tawarkan kepada konsument. Karena jenis (type) rangkaian instalasi listrik multi line ini jauh lebih aman dari ke 2 rangkaian instalasi listrik di atas. Selain itu jenis instalasi listrik multi line ini akan memanjakan konsument (pemilik rumah) ketika suatu waktu terjadi konsleting listrik nir semua listrik pedam (tewas), melainkan hanya dalam bagian yang korslet saja, sebagai akibatnya terhindar dari kebakaran yang pada sebabkan sang korsleting listrik. MCB akan memblokir pasokan arus listrik yg menunjuk ke tempat terjadinya korsleting listrik serta membiarkan yg lain menyala dengan baik.
Baca juga:
Panduan Instalasi Listrik Rumah Dari A Sampai Z
Mengenal Input dan Output Unit MCB
Biasa nya aku membagi line menurut banyak nya ruangan serta AC (Air conditioner) yang di pakai. Setiap AC akan pada beri satu line tunggal. Dan setiap ruangan di beri satu line buat pemasangan stop hubungan serta lampu ruangan. Memang jenis rangkaian instalasi listrik misalnya ini akan memerlukan porto extra dan material yg cukup banyak, namun seluruh itu akan terbayarkan kerena rangkaian instalasi listrik ini sangat kondusif serta lebih tahan usang. Beban pemakaian listrik pada bagi ke poly line sehingga kabel instalasi nir cepat panas serta nir cepat rusak kerena beban setiap line sangat ringan. Contoh instalasi listrik multi line (multi mcb) adalah misalnya gambar di bawah ini.
Dalam menentukan type rangkaian instalasi listrik yang aman buat rumah, maka pada perlukan gambar yg dapat menyebutkan system rangkaian instalasi listrik tersebut. Di kota batam umumnya memakai instalasi listrik multi MCB, alhamdulillah kepedulian warga batam buat mengutamakan keselamatan sangat tinggi, mungkin kerena warga batam terbiasa menggunakan anggaran safty engineering waktu bekerja. Sebagai akibatnya nir sulit menerapkan safty pada keseharian di luar jam kerja.

Comments