16 TIPS MENGHEMAT PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK DIRUMAH KITA

Menghemat daya listrik - Tagihan listrik membengkak tentu akan menyebabkan kasus baru buat kita yaitu pengeluaran kebutuhan tiap bulan akan meningkat. Belum lagi tarif dasar listrik akan terus semakin tinggi seiring terus dikuranginya subsidi listrik. Jadi pastikan buat menggunakan listrik yg ada dilingkungan tempat tinggal kita menggunakan bijak. Penghematan serta penggunaan listrik yg benar akan menciptakan kelistrikan dirumah kita aman serta tentu saja kita bisa berhemat pengeluaran tagihan listrik yg sanggup kita gunakan buat kebutuhan lain. Dan yg terpenting adalah apabila seluruh tersadar akan pentingnya penghematan listrik pada famili kita maka subsidi daya listrik PLN bisa pada pakai buat menyalurkan listrik bagi mereka mereka yang nir sanggup.
Img source: Bbc.com
Listrik memang memudahkan kita dalam banyak hal, tetapi pemakian listrik yang tidak sempurna mampu membahayakan misalnya konsleting yang sanggup memicu kebakaran, tersengat arus listrik dsb. Berhemat nir harus menghentikan pemakian indera alat listrik yang membantu memudahkan aktivitas kita, tetapi terpenting merupakan bagaimana memakai indera indera yg menggunakan listrik serta bagaimana cara berhemat penggunaan listrik. Mungkin kita telah merasa menghemat pemakaian listrik tetapi kenapa tagihan listrik masih membengkak? Nah apabila begitu baca tips tips ini dia tentang bagaimana cara berhemat listrik yg sahih.
Tips Menghemat Listrik dirumah kita
  1. Nyalakan listrik seperlunya saja, ketika alat indera listrik tadi tidak digunakan selebihnya dimatikan saja
  2. Hindari menyimpan makanan panas ke pada kulkas, makanan panas akan memicu mesin pendingin kulkas bekerja ekstra serta hasilnya daya yang dipakai semakin akbar.
  3. Atur dan sesuaikan suhu AC berdasar luas ruangan, akan lebih baik gunakan "pendingin alami" alias angin dari jendela
  4. Rumah dengan tipe hemat daya listrik adalah sirkulasi udara yg baik (berhemat daya listrik dalam AC), Penerangan alami (meminimalisir lampu dihidupkan siang hari) dsb.
  5. Selalu teratur cek kelistrikan beberapa tahun sekali. Kabel bocor, alat indera yg nir berstandar, konsleting tidak akan memperbesar daya listrik namun pula berbahaya.
  6. Pergunakan segala alat-alat seperlunya saja (jadwalkan beberapa hari sekali jangan tiap hari) misalnya mesin cuci, setrika dll sesuai dengan kapasitas
  7. Buatlah tandon air bila Anda menggunakan mesin pompa, mesin pompa listrik mempunyai daya listrik akbar apabila tiap kali anda kehabisan air dan selalu menghidupkan pompa air ini tentu pemakaian listrik akan membengkak.
  8. Belilah setrika yang memiliki pengatur panas otomatis
  9. Nyalakan televisi saat Anda ingin menonton, jangan dibiasakan tv menyala waktu Anda tertidur
  10. Ketika ingin mengolah nasi dengan rice cooker, pakai air yg sudah dipanaskan terlebih dahulu, cara ini dapat mempersingkat saat memasak sehingga pemakaian listrik dapat dihemat
  11. Gunakan lampu penjelasan menggunakan bijak, nyalakan pada malam hari. Ketika siang hari manfaatkan sinar matahari untuk menyinari pada dalam ruangan tempat tinggal Anda
  12. Gunakan alat alat listrik SNI serta hemat listrik seperti lampu hemat energy, buat personal komputer Anda pakai monitor LCD atau LED lantaran lebih irit listrik daripada memakai monitor tabung.
  13. Cabut kabel menurut stop kontak berdasarkan alat lat listrik yang tidak dipakai tidak hanya mematikan on / off nya saja seperti TV, komputer, mesin cuci dsb. Listrik masih tetap mengalir ke peralatan elektronik Anda sebaiknya Anda jua mencabut kabel dari sentra asal listrik.
  14. Hindari pemasangan steker secara bertumpuk buat menghindari korsleting yg dapat menyebabkan kebakaran dan pemakaian daya listrik yang semakin besar sebab kabel yang anda gunakna buat stop kontak bertumpuk akan panas serta nir sinkron daya yg dimuntahkan buat menghidupkan alat indera listrik yg anda gunakan.
  15. Jika Anda masih saja kesulitan pada mengontrol pengunaan listrik di rumah, kini Anda bisa mempertimbangkan untuk beralih memakai listrik prabayar. Sama seperti membeli pulsa telepon, tagihan listrik akan disesuaikan menggunakan paket yang Anda beli serta akan habis dengan sendirinya bila kuota telah tercapai.
  16. Selalu segera hubungi petugas profesional atau petugas PLN bersertifikat waktu ditemukan masalah dalam listrik di tempat tinggal anda.

Comments