10 MASALAH RAGULATOR TV SHORT



CARA FLEXI - Keluhan menurut user merupakan saat TV di hidupkan, MCB speedo meter PLN pada tempat tinggal eksklusif anjlok!, meski sudah digunakan inverator serta tidak biasanya seperti ini " begitu istilah si pemilik TV tadi. Lantas aku berkata pada si pemilik TV tadi pak ini bermasalah dalam power suplay TV terjadi short atau lebih tepatnya konslet.
Saat Itu juga aku buka casing TV tersebut menggunakan sangat hati -hati. Elah dalah ternyata waktu saya buka mesin yang terdapat pada pada merupakan jenis mesin TV Wecom. Padahal mereknya Politron. Kata user memang telah pernah di ganti mesin. Pantas saja di dalamnya namapak si mbah wecom.
Ini langkah yang saya lakukan ketika menangani power suplay alias AC-Matic atau ragulator yg bermasalah tersebut,saya shere kepada anda.

1. Bisa jadi kabel AC 220 pada makan tikus,sehingga terjadi arus pendek pada bagian yg terkelupas. Tentu masalah ini sepele tapi harus sebagai perhatian kita sebelum melihat Kerusakan lebih jauh ke pada chasis.

2. Setelah kabel stekernya dirasa baik maka muski kita memahami bahwa yang menyebabkan sperti itu mampu di prediksi dalam blog AC-Matik. Untuk itu kita wajib mencopot demper AC-Matic yang berupa STR maupun transistor. Periksa apakah masih rupawan atau short. Short pada demper banyak terjadi pada TV menggunakan chasis yang telah pada ganti menggunakan Wecom dan sejenisnya.  Mesin Cina memang sangat riskan terkena short demper lantaran sistim kerjanya yang sangat panas.

3. Jika telah dicek transistor demper masih normal bisa jadi posistor pada sistim dgausing tabung short. Ini  pula acapkali pada cina Mesin wecom. Posistor bekerja seperti sebuah rilay, jadi ketika Posistor ini nir bekerja menggunakan baik maka akan terjadi short pada DC 400 Volt. Kerusakan akan terlihat komponen ini umumnya seperti terbakar. Kerusakan posistor akan terjadi apabila pada sebabkan sang listrik di rumah anda tak jarang jeglek Saat TV pada hidupkan, lebih tepatnya lagi listrik yang anda pakai nir stabil.

4. Capsitor yang terhubung dengan colektor demper short. Hal ini akan berdampak dalam demper short pula. Bisa pada yakini bahwa ini tak jarang terjadi dalam Capsitor berwarna biru yang menghubungkan colektor dengan lilitan trafo. Sehingga apabila capasitor biru tersebut short maka colektor akan sebagai mudah panas dan selang beberapa dtk akan meledak.

5. Transistor driver sanggup jua jadi penyebab berdasarkan perkara ini. Pada Saat TR ini nir sanggup bekerja maka otomatis TV meninggal total. Tapi jika TR ini short maka mampu jadi TR demper terkena imbasnya, maka terjadillah short.

6. Trafo switching short akan menyebabkan demper jebol dan pula komponen lainya yg lain ikut short. Jika ini memang terjadi maka harus membeli Kit multi regulator. Lantaran memang bila Kerusakan sefatal itu akan memakan banyak saat serta Tentu kita rugi ketika jika menyervis AC-Matic Kerusakan fatal. Jadi aku menyarankan pada anda supaya mengubah menggunakan multi ragulator (KIT AC-Matick).

7. Dioda yg terhubung pribadi dengan AC 220 Volt. Dioda ini ukuran   4148d sistim bridge sebagai penyearah tegangan AC menjadi DC. Hal ini paling sederhana akan tetapi mampu mungkin bisa jadi hanya ini penyebabnya.

8. Capasitor starter yang terhubung menggunakan dua arus AC sebelum menuju dioda . Jika pada Mesin cina Wecom Capasitor ini berwarna kuning. Terletak di dekat soket penghubung 220 Volt AC. 

9. Transistor horizontal yaang short menghantam AC-Matic. Hal ini meski lebih sebagai perhatian jika tidak ingin kehilangan demper baru. Sebelum di nyalakan anda wajib cek TR horizntal terlebih dahulu.


10. Kotoran jua mampu berakibat short sirkuit. Jadi sebelum anda mulai servis lebih baik pada bersihkan terlebih dahulu.


Kerusakan pada AC-Matic mungkin masih poly lagi.  Lebih menurut yang saya sebutkan pada atas apakah masih ada yang lainya jika iya mampu pada postkan di komentar nanti kita bahas beserta.
Itu sedikit pengalaman saya menemui Kerusakan yg terjadi pada AC-Matic.

Wabiltaufikwalhidayah,wasalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh. Salam jumpa di Kerusakan yg lainya.
"Good luck!!"

Comments