10 CARA MERAWAT BATERAI LAPTOP AGAR AWET/TAHAN LAMA

Cara merawat baterai laptop - baterai adalah komponen primer pada laptop yang bermanfaat sebagai sumber catu daya. Daya pada baterai memiliki keterbatasan, umumnya dengan daya baterai 100%, laptop menyala 4 hingga 6 jam secara normal. Tetapi, apabila melakukan aktivitas kinerja yg tinggi pada laptop sehingga memakan jumlah RAM yg akbar dan kecepatan CPU yg tinggi, maka baterai hanya bisa bertahan 2 sampai tiga jam saja.
Baterai laptop juga mempunyai masa pakai yang dalam umumnya kita tahu yakni dua sampai 4 tahun. Apabila penggunaan laptop secara normal, maka pergantian baterai mungkin dilakukan di tahun ke tiga atau ke-5. Kerusakan dalam baterai umumnya terjadi kebocoran yg mengakibatkan daya baterai nir bisa bertahan normal dan cepat habis. Tetapi anda jangan khawatir, saya akan berbagi tips cara merawat baterai laptop supaya awet serta nir cepat habis (bocor):

10 Cara Merawat Baterai Laptop menggunakan Benar

  1. Laptop baru umumnya baterai dalam syarat nir ada daya atau kosong. Charger dahulu baterai 4 hingga 8 jam sampai indikator lampu baterai memperlihatkan rona hijau. 
  2. Gunakan baterai laptop jika disekitar anda nir ada colokan listrik, tetapi apabila ada colokan listrik, maka tanggal baterai dan gunakan colokan listrik yg ada sebagai sumber catu daya laptop. Hal ini buat menghindari suhu panas pada laptop, karena dapat mempersingkat umur baterai. 
  3. Jangan sampai indikator pada laptop memperlihatkan daya baterai tersisa 0%. Hal ini dapat menghambat komponen-komponen hardware dalam laptop. Setting pengaturan pada baterai laptop buat memperlihatkan indikator apabila daya baterai laptop tersisa 10%. 
  4. Jangan membiarkan charger tetap mencolok pada waktu baterai telah terisi penuh 100%. Segera bubut colokan, lantaran hal itu pengaruh pada umur baterai. 
  5. Untuk menghemat daya baterai laptop, matikan wifi apabila anda tidak sedang browsing. 
  6. Setting layar jangan terlalu terperinci, karena hal itu membuat daya baterai cepat habis. 
  7. Jika sedang menggunakan multimedia misalnya menonton film atau mendengarkan musik, setting buat memakai headset. Lantaran penggunaan speaker dapat menyerap daya baterai lebih cepat. 
  8. Gunakan adaptor charger original buat menghindari kebocoran daya baterai. 
  9. Charger baterai laptop dalam keadaan laptop meninggal atau tidak menyala. 
  10. Jangan colokan adaptor charger laptop pada terminal yang bercabang poly. Hal ini buat menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir dalam laptop.


Tips merawat baterai laptop di atas berlaku untuk aneka macam macam macam laptop misalnya Asus (baca : laptop asus core i5 murah), lenovo, HP, toshiba dan lain-lain. Cara ini bersifat generik dan bisa anda terapkan dengan baik serta sahih dalam laptop yg anda miliki.
Demikianlah artikel tentang cara merawat baterai laptop supaya awet menggunakan sahih. Cara diatas jua saya lakukan untuk menjaga laptop yg saya miliki, sudah 3 tahun saya lakukan dan baterai laptop saya tetap awet. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, silahkan bagikan keterangan ini pada sahabat-sahabat anda bila tips ini krusial buat dibagikan. Salam it

Comments